Daftar 12 Stadion Sepak Bola Terindah di Dunia 2022, Ada yang Eksteriornya Bisa Berubah Warna

Oleh Renta Nirmala Hastutik pada 07 Okt 2022, 19:10 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 19:10 WIB
Stadion Emirates Ilustrasi
Perbesar
Stadion Emirates.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling banyak disaksikan di dunia, karena menawarkan hiburan berkualitas kepada miliaran penggemar di seluruh dunia.

Sekarang ini kualitas permainan sepak bola bukan dilihat dari pemainnya saja, namun juga dari stadion tempat mereka berlaga.

Stadion adalah lapangan olahraga yang terdiri dari lapangan permainan dan tingkatan kursi untuk penonton.

Dengan demikian, tanpa stadion tidak akan ada pertandingan sepak bola, tidak akan ada penggemar yang akan berkumpul di sekitar tim mereka untuk menyemangati mereka menuju Kemenangan.

Oleh karena itu, stadion sangat penting untuk permainan sepak bola, itulah sebabnya terdapat ribuan stadion yang dibangun di berbagai kota di semua negara di dunia.

Meskipun banyak stadion yang ada di dunia, beberapa stadion menjadi suatu ikon karena strukturnya yang unik, dan memiliki fiturnya yang menyenangkan secara estetika.

Berikut adalah daftar nama stadion-stadion terindah di dunia, mengutip bscholarly.com, Jumat (7/10/2022):

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Stadion Tottenham Hotspur

Kembang api meledak di atas Stadion Tottenham Hotspur
Perbesar
Kembang api meledak di atas stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Crystal Palace. Rabu (03/4). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Stadion Tottenham Hotspur adalah salah satu stadion terindah di dunia saat ini. Pembangunan stadion ini menghabiskan biaya €1 miliar atau sekitar 15 trilliun rupiah.

Stadion ini memiliki kapasitas 62.850 kursi yang menjadikannya stadion sepak bola terbesar di London. Stadion ini juga memiliki tata letak dua lapangan pertama yang dapat ditarik, dengan lapangan rumput biasa dan rumput sintetis.

Kemegahan stadion ini juga dilihat dari dua layar Led 325 meter persegi yang luar biasa, sistem penerangan lapangan yang terstruktur, Sky lounge, Wall of sound.

Banyak spot dan ruangan indah yang tersedia bagi penonton untuk memanjakan diri mereka sendiri dengan makanan atau minuman.


2. Stadion Al Bayt

Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar
Perbesar
Gambar yang dirilis pada 20 November 2019 memperlihatkan Stadion Al Bayt yang menjadi venue Piala Dunia 2022 sedang dalam pembangunan di utara kota Al Khor. Piala Dunia 2022 Qatar rencananya akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember. (Qatar’s Supreme Committee for Delivery and Legacy/AFP)

Piala Dunia FIFA 2022 semakin dekat, Al Bayt merupakan salah satu stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Sadion Al Bayt terletak di Al Khor, Qatar.

Stadion ini memiliki kapasitas 60.000 kursi yang dibangun pada tahun 2020 dengan biaya €770 Juta atau sekitar 11 trilliun rupiah.

Stadion ini dirancang sesuai dengan orang-orang Bayt Al Shaler yang hidup di gurun Qatar, itulah sebabnya atap Stadion dirancang dengan warna dan tekstur pasir gurun.


3. Stadion San Siro

Potret Sepinya Stadion San Siro di Milan
Perbesar
Suasana pertandingan Inter Milan dan Ludogorets yang tanpa penonton di Stadion San Siro, Milan, Italia (27/2/2020). Akibat virus COVID-19 yang sedang mewabawah, pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa UEFA antara Inter Milan melawan Ludogorets dimainkan tanpa.(Emilio Andreoli, UEFA via AP)

Stadio Giuseppe Meazea yang dikenal sebagai San Siro, adalah stadion kandang dari dua klub besar Italia yaitu Inter Milan dan AC Milan.

Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 1925 dengan kapasitas 35,000 orang, tetapi setelah serangkaian renovasi stadion ini sekarang memiliki kapasitas 80.000 penggemar.

San Siro juga dianggap sebagai istana sepak bola karena memiliki arena, atmosfer, struktur, dan rumput yang menarik.


4. Stadion Soccer City

Upacara Pembukaan PD 2010 (© AFP 2010)
Perbesar
Performa para penari dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2010 dan miniatur Stadion Soccer City di Johannesburg. AFP Photo/Omar Torres

Soccer City yang sebelumnya dikenal sebagai First National Bank Stadium (FNB Stadium) terletak di Johannesburg, Afrika Selatan dan merupakan rumah bagi klub sepak bola Kaiser Chiefs, dan tim Nasional Afrika Selatan.

Stadion ini menawarkan arena berbentuk Calabash berkapasitas 90.000 orang. Desain Calabash dipilih karena Calabash adalah benda unik Afrika dan simbol benua Afrika.

Soccer City nampak sangat indah untuk ditonton dari luar karena arsitekturnya yang indah dan tersusun dengan baik. Stadion ini juga memiliki museum sepak bola, Restoran, dan 15.000 tempat parkir mobil.


5. Stadion Birds Nest

Foto: Kemeriahan Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
Perbesar
Pemandangan umum kembang api dalam bentuk Cincin Olimpiade menerangi langit di atas Stadion Nasional, yang dikenal sebagai Stadion Bird's Nest, selama upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing, pada 4 Februari 2022. (AFP/Sebastian Bozon)

Stadion Birds Nest terletak di Kota Beijing, China.

Stadion ini dibangun pada tahun 2003 menjelang pertandingan Olimpiade yang diadakan pada musim panas 2008.

Stadion ini merupakan Stadion Nasional Beijing dan populer sebagai tuan rumah konser, atletik, dan acara olahraga lainnya.

Birds Nest memiliki tampilan yang sangat indah dan kolosal, dengan adanya fitur desain energi, bangunan tahan gempa dan ruang publik.

Stadion ini memiliki kapasitas 90.000 tempat duduk dan struktur baja terbesar di dunia dengan 42.000 ton baja yang menutupi seluruh kubahnya dan di sekitar desain stadion.


6. Stadion Wembley

Foto Piala Eropa: Mengintip Stadion Wembley, Venue Terbesar Gelaran Akbar Euro 2020 (Euro 2021), Sebagai Tuan Rumah di Babak Final
Perbesar
Stadion ini tak hanya digunakan untuk olahraga sepak bola semata, tetapi juga digunakan untuk venue pertandingan rugby, American Football, dan tinju. Selain itu juga digunakan sebagai venue konser-konser besar seperti Adele, Elton John, Take That, Spice Girl, hingga BTS. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Wembley adalah stadion sepak bola ikonik, dan Stadion Nasional tim Nasional Inggris.

Stadion Wembley dirancang oleh dua Arsitektur terkenal yaitu Foster and Partners, dan Populous yang juga merancang Tottenham Hotspur Stadium.

Dengan demikian, tidak heran Stadion Wembley juga sama menariknya dengan Stadion Tottenham Hotspur.

Stadion Wembley memiliki atap yang dapat dibuka, sebuah Arch setinggi 135 Meter yang menonjol tinggi dan membuatnya terlihat di seluruh London.

Lengkungan dengan bentang 315 meter ini adalah struktur atap tunggal terpanjang di dunia, di antara fitur-fitur lain yang membuat Wembley menjadi stadion yang mewah, mahal, dan indah.


7. Stadion Santiago Bernabeu

Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu tengah direnovasi
Perbesar
Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu tengah direnovasi. Biaya perbaikan stadion ini diperkirakan mencapai Rp8 Triliun. Santiago Bernabeu berada di pusat kota dan dikelilingi gedung apartemen dan pertokoan (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Sama seperti Wembley, Santiago Bernabeu adalah stadion sepak bola ikonik.

Stadion ini merupakan kandang Real Madrid yang sudah selesai dibangun pada tahun 1947.

Pada tahun 1955, stadion ini berganti nama menjadi nama saat ini untuk menghormati Presiden Real Madrid saat itu.

Stadion ini memiliki kapasitas 80.000 tempat duduk, struktur dan desain yang indah yang menjadikannya salah satu stadion terindah di Dunia.


8. Olympiastadion (Stadion Olimpiade) Berlin

Peringati 30 Tahun Keruntuhan, Hertha Buat Replika Tembok Berlin
Perbesar
Para pemain melakukan pemanasan di dekat Replika Tembok Berlin bertuliskan "Bersatu menentang tembok.Bersatu untuk Berlin" berdiri jelang pertandingan Hertha Berlin melawan RB Leipzig di Stadion Olimpiade, Berlin (9/11/2019). (AFP/Odd Andersen)

Stadion Olimpiade Berlin yang awalnya dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1936, saat ini menjadi kandang klub sepak bola Hertha Berlin di Bundesliga.

Stadion ini menawarkan arsitektur dan struktur yang estetis dan menyenangkan yang dapat membuat Anda menatap Stadion tanpa henti.

Dengan demikian, ini adalah salah satu stadion sepak bola terindah di dunia.


9. Stadion Maracana

Stadion Maracana Brasil Jadi Rumah Sakit Darurat Corona
Perbesar
Pandangan udara dari rumah sakit darurat yang didirikan untuk pasien terinfeksi virus corona di kompleks stadion Maracana, Rio de Janeiro, Kamis (2/4/2020). Sebagian kompleks stadion paling terkenal di Brasil itu diubah menjadi rumah sakit lapangan selama pandemi Covid-19. (MAURO PIMENTEL/AFP)

Stadion Maarcana adalah salah satu stadion terbaik di dunia. Stadion ini telah menjadi tuan rumah final Piala Dunia 1950 dan 2014, final sepak bola Olimpiade 2006, dan acara liga sepak bola terbaik lainnya.

Stadion ini terletak di Kota Rio de Janeiro, Brasil yang indah.

Stadion Maracana sangat indah dan juga masuk dalam daftar salah satu stadion terbesar di dunia, baik dari segi kapasitas tempat duduk dan ruang.


10. Stadion Luzhniki

FOTO: Warna-warni Indahnya Keberagaman dalam Piala Dunia 2018
Perbesar
Suporter Denmark bergaya saat menonton negaranya melawan Prancis di Stadion Luzhniki, Moskow, Selasa (26/6/2018). (AFP/Yuri Cortez)

Rusia membanggakan sejumlah stadion yang bagus, tetapi Stadion Luzhiniki menonjol sebagai stadion paling indah di Rusia.

Stadion ini memiliki kapasitas 80.000 dan menjadi tuan rumah piala dunia FIFA 2018.

Stadion Luzhiniki sekarang dikenal menjadi Stadion Nasional Rusia. Stadion ini memiliki lebih dari 20 monumen bertema olahraga di sekitar stadion dengan struktur, desain, komponen internal, dan kapasitasnya yang besar.


11. Stadion Allianz Arena

FOTO: Mengenal Football Arena Munich alias Allianz Arena, Stadion Termegah Kedua di Jerman, salah satu Venue Euro 2020 (Euro 2021)
Perbesar
Football Arena Munich mampu menampung 75.024 penonton untuk pertandingan domestik dan dibatasi menjadi 70.000 penonton untuk pertandingan internasional dan Eropa. (AFP/Andreas Gebert/Pool)

Allianz Arena adalah salah satu stadion termegah di dunia.

Stadion ini menampung klub hebat Bayern Munich.

Stadion ini juga merupakan salah satu stadion terindah di dunia, dengan struktur yang luar biasa dan arsitektur, dan eksterior yang bisa berubah warna.

Allianz Arena adalah stadion pertama di dunia dengan eksterior yang bisa berubah warna. Ini juga yang membuatnya lebih indah terutama dengan gaya dan bentuk stadion yang besar.


12. Stadion Internasional Khalifa

Foto: Mengintip Megahnya Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar
Perbesar
Stadion Internasional Khalifa terletak di ibu kota Qatar, Doha. Stadion ini dibangun pada 1976 dan direnovasi pada 2005 serta 2014-2017. Renovasi terakhir dilakukan untuk menyambut Piala Dunia 2022. (AFP/Karim Jaafar)

Stadion Internasional Khalifa adalah salah satu stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022.

Stadion ini memiliki bentuk dan struktur unik yang menarik untuk ditonton. Stadion ini juga memiliki kanopi yang membentang di bawah lengkungan ganda dan mendukung sistem pendinginan stadion.

Desain stadion ini membuatnya menarik bagi wisatawan dan penggemar sepak bola. Dengan demikian, menjadikannya salah satu stadion terindah di dunia.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya