Serba-Serbi 3 Oktober Hari Apa, Boyfriend Day hingga HUT PETA

Oleh Anissa Rizky Alfiyyah pada 03 Okt 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 16:03 WIB
Viral Boyfriend Day yang Diperingati Setiap 3 Oktober, Apa Makna dan Sejarahnya?
Perbesar
Mengenal boyfriend day yang diperingati setiap 3 Oktober. (unsplash/cody black).

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hari di dunia pasti memiliki ceritanya sendiri, seperti sejarah yang unik, mengenaskan, menyedihkan, hingga perayaan-perayaan yang membahagiakan yang dirayakan oleh setiap orang yang ada di Bumi. 3 Oktober salah satunya. 

Perayaan tahunan di 3 Oktober salah satunya adalah Boyfriend Day, Global Smoothie Day, serta World Temperance Day. 

Selain itu, bertepatan dengan Senin pertama pada Oktober 2022 jatuh pada tanggal 3, hari ini juga kita merayakan World Habitat Day, Virus Appreciation Day, dan World Day of Architecture yang dirayakan setiap Senin pertama Oktober. 

Selain perayaan-perayaan penting di seluruh dunia, 3 Oktober juga menjadi sejarah besar di Indonesia karena tepat pada hari itu Pembela Tanah Air (PETA) dibentuk.

PETA sebagai salah satu yang berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Selain di Indonesia, 3 Oktober dalam sejarah juga tercatat sebagai momen reunifikasi Jerman yang hingga kini setiap 3 oktober menjadi hari libur nasional di Jerman.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah beberapa perayaan penting di 3 Oktober 2022 di dunia hingga Indonesia:

World Temperance Day

Ilustrasi Minuman Beralkohol Credit: pexels.com/Thirdman

Gerakan ini dimulai antara 1890-1900 ketika Buddhist Temperance Movement dimulai.

Gerakan ini mendorong orang-orang di dunia untuk berhenti minum alkohol, yang telah menjadi bagian dari masyarakat di dunia. Namun, literatur Yunani sejak dulu telah memperingatkan terkait bahaya mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Selama abad ke-19, ada gerakan temperance yang percaya bahwa alkohol dapat menyebabkan banyak penyakit di masyarakat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Boyfriend Day

Mimpi Berpacaran dengan Teman Sendiri
Perbesar
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Ben

Boyfriend Day menjadi perayaan besar orang di seluruh dunia diawali dari Girlfriend Day yang dirayakan setiap 1 Agustus. Awal mulanya perayaan Boyfriend Day dilakukan pada 4 Oktober 2014.

Perayaan Girlfriend Day awalnya populer oleh warga Amerika Serikat. Tetapi, internet membuat perayaan tersebut makin populer di seluruh dunia. 

Perayaan ini makin populer dan dirayakan oleh seluruh orang di dunia sejak 3 Oktober 2020. Banyak orang membagikan cerita mereka dengan pasangannya dan walaupun tidak ada perayaan khusus, tetapi 3 Oktober biasanya dipakai setiap pasangan untuk mengapresiasi pasangan lainnya dengan memberikan hadiah, barang, atau hal lainnya.

Virus Appreciation Day

Menjelang pergantian tahun, WHO peringatkan masyarakat akan kemungkinan munculnya banyak varian baru COVID-19 yang lebih mematikan. (unsplash.com/Viktor Forgacs)

Perayaan ini diadakan setiap 3 Oktober di setiap tahunnya, karena ternyata virus telah memainkan peran penting dalam evolusi.

Virus juga bermanfaat dalam banyak hal bagi banyak spesies yang berbeda, seperti semanggi yang mewariskan virus kepada keturunannya yang membantunya menghemat sumber daya yang berharga saat berada di tanah yang kaya nitrogen, atau tanaman yang memiliki virus yang membuat mereka lebih tahan dingin.


World Habitat Day

Ilustrasi Keindahan Alam Indonesia
Perbesar
Keindahan Danau Toba. (Bola.com/Pixabay)

World Habitat Day merupakan hari yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1985 setiap Senin pertama Oktober untuk merefleksikan keadaan habitat kita, dan hak dasar semua orang di dunia untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak. Peringatan ini juga bermaksud untuk mengingatkan dunia bahwa kita semua memiliki tanggung jawab dalam masa depan kota tempat kita tinggal.

Tema World Habitat Day tahun ini adalah "Mind the Gap. Leave No One and Place Behind,” yang berfokus pada ketidaksetaraan dan tantangan yang semakin meningkat di kota dan tempat tinggal manusia. Hari Habitat Dunia tahun ini khususnya, diperingati untuk mengadvokasi hak dasar untuk mendapatkan tempat tinggal.

Setiap orang di planet ini berhak mendapatkan rumah layak huni. Karena kondisi kehidupan yang layak adalah batu loncatan menuju kesuksesan dan peluang.

World Architecture Day

<p>Pengunjung mengentre di piramida Louvre yang dirancang arsitek China Ieoh Ming Pei, pintu masuk ke Museum Louvre pada hari pertama pembukaan di Paris (6/7/2020). Setelah berbulan-bulan ditutup akibat lockdown Covid-19, Museum Louvre kembali dibuka pada 6 Juli 2020. (AFP/Francois Guillot)</p>

Hari Arsitektur Dunia dirayakan setiap Senin pertama Oktober setiap tahunnya dan pada 2022 ini jatuh di 3 Oktober.

Hari Arsitektur Dunia diadakan demi mengapresiasi karya-karya arsitektur besar daru dunia kuno dan modern serta para perancangnya. 

Sejarah arsitektur adalah sejarah umat manusia - keduanya saling terkait. Dengan perubahan yang berurutan dalam arsitektur, muncullah perkembangan dalam budaya, tradisi, perdagangan, teknologi, dan intelektualitas kita.

Pada 1985, Persatuan Arsitek Internasional menciptakan Hari Arsitek Dunia untuk "mengingatkan dunia akan tanggung jawabnya terhadap masa depan habitat manusia." 

Peringatan Hari Arsitek Sedunia 2022 memiliki tema "Architecture for well-being."


Global Smoothie Day

Yogurt
Perbesar
Berry Yogurt Smoothie Bowl ala Chef Odie Djamil. (Dok Greenfields)

3 Oktober juga dirayakan sebagai Global Smoothie Day. Seperti kita ketahui, kini smoothie merupakan cara paling praktis bagi beberapa orang untuk memenuhi nutrisinya dengan cukup mencampurkan beberapa bahan buah dan sayur ke dalam blender. Selain itu, hari ini juga dipakai untuk mendorong orang-orang yang ada di seluruh dunia untuk mulai mencoba minum smoothie

Rhea Mehta, Ph.D, seorang Molecular Toxicologist dan juga pakar kesehatan dan kebugaran terkemuka di Kanada mencetuskan 3 Oktober sebagai Global Smoothie Day. Setelah bertahun-tahun menderita masalah pencernaan, Rhea mampu mengatasi masalah kesehatannya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup.

Salah satu perubahannya yaitu dengan rutin mengonsumsi smoothie yang dicampur dengan makanan utuh. 

Hari Ulang Tahun PETA di Indonesia 

Ilustrasi Bendera Merah Putih Credit: unsplash.com/Nick

Pembela Tanah Air (PETA) yang kita selalu temukan di buku sejarah saat kita sekolah dulu dibentuk tepat pada 3 Oktober 1943.

PETA dibentuk dari tentara sukarela berdasarkan maklumat Osamu Seirei No.44 yang diumumkan oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada. PETA juga dianggap sebagai salah satu cikal bakal Tentara Nasional Indonesia.

Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya