Menhan AS Sebut Tak Ada Tanda-Tanda Invasi China ke Taiwan

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 03 Okt 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 09:33 WIB
Taiwan Gelar Latihan Militer Tembak Langsung Anti Invasi China
Perbesar
Tentara militer Taiwan menembakkan howitzer 155 inci selama latihan anti-pendaratan langsung di daerah Pingtung, Taiwan selatan (9/8/2022). Latihan militer tersebut akan mencakup pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 meriam howitzer. (AFP/Sam Yeh)

Liputan6.com, Taipei - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Minggu (2 Oktober) bahwa dia melihat tidak ada invasi dekat Taiwan oleh China tetapi mengatakan China sedang berusaha untuk membangun "new normal" dengan kegiatan militernya di sekitar pulau itu.

Dilansir Channel News Asia, Senin (3/10/2022), kunjungan ke Taiwan pada awal Agustus lalu oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi membuat marah China, yang kemudian meluncurkan latihan militer di dekat pulau itu. Itu terus berlanjut, meskipun dalam skala yang jauh berkurang.

"Saya tidak melihat invasi yang akan segera terjadi," kata Austin dalam sebuah wawancara yang disiarkan di CNN.

"Apa yang kami lihat adalah China bergerak untuk menetapkan apa yang kami sebut normal baru. Peningkatan aktivitas - kami melihat sejumlah penyeberangan garis tengah Selat Taiwan dengan pesawat mereka. Jumlah itu meningkat dari waktu ke waktu. Kami telah melihat lebih banyak aktivitas dengan kapal permukaan dan perairan mereka di dalam dan sekitar Taiwan."

Amerika Serikat dan sekutunya telah menanggapi latihan dengan terus berlayar melalui wilayah tersebut. 

Sebuah kapal perang Angkatan Laut AS dan fregat Kanada melakukan transit rutin melalui Selat Taiwan pada 20 September.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Keterlibatan AS

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mendarat di Taiwan pada 2 Agustus 2022. (Foto: AFP/Sam Yeh)
Perbesar
Ketua DPR AS Nancy Pelosi mendarat di Taiwan pada 2 Agustus 2022. (Foto: AFP/Sam Yeh)

Amerika Serikat akan terus bekerja dengan sekutu dan mitranya "untuk memastikan bahwa kami mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka", kata Austin dalam sebuah wawancara di GPS Fareed Zakaria CNN yang direkam pada hari Jumat.

Selat Taiwan yang sempit sering menjadi sumber ketegangan militer sejak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949 setelah kalah perang saudara dengan komunis, yang mendirikan Republik Rakyat China.

Amerika Serikat sedang bekerja untuk membuka kembali saluran komunikasi militer dengan China, sesuatu yang sangat penting bagi kedua negara, kata Austin.


Konflik AS-China

FOTO: Taiwan Berlakukan Pembatasan Perangi Pandemi COVID-19
Perbesar
Warga memakai masker untuk melindungi dari penyebaran COVID-19 saat melewati Gedung Taipei 101 di Taipei, Taiwan, Sabtu (15/5/2021). Taiwan yang membuat iri dalam menahan COVID-19 memberlakukan pembatasan baru di ibu kota saat memerangi wabah terburuk sejak pandemi. (AP Photo/Chiang Ying-ying)

China pada Agustus menghentikan kerja sama dengan Amerika Serikat di sejumlah bidang, termasuk dialog antara komandan militer tingkat senior, sebagai pembalasan atas kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Austin mengatakan dia telah berkomunikasi melalui telepon dan secara langsung dengan rekannya dari China, Menteri Pertahanan Wei Fenghe, yang setuju bahwa komunikasi terbuka itu penting.

"Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk terus memberi sinyal bahwa kami ingin saluran-saluran itu terbuka dan saya berharap China akan mulai lebih condong ke depan dan bekerja sama dengan kami," katanya.


Pertemuan Menlu AS-China

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam pertemuan di Nusa Dua di Bali pada 9 Juli 2022. (Foto: AFP/Stefani Reynolds)
Perbesar
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam pertemuan di Nusa Dua di Bali pada 9 Juli 2022. (Foto: AFP/Stefani Reynolds)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu di sela-sela KTT PBB di New York.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengadakan pembicaraan pada hari Jumat 23 September 2022 di sela-sela Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang saat ini sedang berlangsung di New York, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (24/9/2022).

Selengkapnya di sini...

Infografis Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China
Perbesar
Infografis Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya