Sukses

Korea Selatan Alami Krisis Kimchi, Harganya Kini Meroket

Korea Selatan sedang mengalami krisis kimchi.

Liputan6.com, Seoul - Pembuat kimchi Korea Selatan berada dalam masalah yang serius. Mereka kekurangan kubis yang disebabkan perubahan iklim membuat harganya meroket. Hal ini pun memperburuk kerusakan yang ditimbulkan dengan adanya penawaran yang lebih murah dari pesaing di China.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (30/9/2022), krisis di seputar makanan pendamping acar pedas yang dimakan setiap hari oleh banyak orang Korea dan pusat identitas Korea adalah bahwa pemerintah baru-baru ini menetapkan rencana untuk membangun dua fasilitas penyimpanan kubis besar-besaran.

Dengan luas masing-masing 9.900 meter persegi, fasilitas yang akan dibangun di pedesaan Goesan dan Haenam, jika digabungkan, akan setara dengan luas tiga lapangan sepak bola. Mereka akan dapat menyimpan 10.000 ton kubis dan mengasinkan 50 ton kubis setiap hari.

Konstruksi, yang diperkirakan akan menelan biaya pembayar pajak 58 miliar won (US$40 juta), akan selesai pada 2025.

Untuk pembuat kimchi lokal yang berjuang untuk membeli kubis yang cukup dengan harga tinggi saat ini, intervensi pemerintah untuk menyimpan produk dan memasok industri dengan harga terjangkau tidak dapat segera dilakukan.

Pergeseran iklim dalam beberapa tahun terakhir yang telah membawa suhu yang lebih tinggi dan hujan lebat telah merusak tanaman kubis, membatasi pasokan. Tahun ini, harga kubis naik dua kali lipat dalam waktu kurang dari tiga bulan, bagian dari lonjakan inflasi yang luas ke level tertinggi 24 tahun yang dicapai pada bulan Juli.

"Kami biasa membeli kubis pada bulan Juni lalu menyimpannya untuk digunakan nanti saat harga kubis naik, tapi tahun ini kami sudah kehabisan stok," kata Ahn Ik-jin, kepala eksekutif pembuat kimchi Cheongone Organic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Krisis Kimchi

Industri kimchi Korea Selatan telah berada dalam posisi yang tidak baik selama beberapa waktu.

Impor China, sering kali dihargai sekitar sepertiga dari kimchi buatan lokal, telah melonjak selama dua dekade terakhir untuk mencapai 40 persen dari pasar domestik untuk kimchi yang dibuat secara komersial.

Tambahkan panen kubis yang lemah selama beberapa tahun terakhir dan sebagian besar industri baru saja runtuh. (Meskipun kimchi dapat dibuat dari bahan lain, sekitar tiga perempat kimchi yang dibuat secara komersial berbahan dasar kubis.)

3 dari 4 halaman

Ribuan Pembuat Kimchi Tutup

Tahun lalu, hampir setengah dari 1.000 pembuat kimchi Korea Selatan tutup secara permanen atau sementara atau beralih ke produk lain, menurut sebuah studi oleh Korea Rating & Data.

Pembuat kimchi Korea berharap rencana pemerintah setidaknya akan mencegah produsen dalam negeri kehilangan pijakan lebih lanjut.

Untuk bagiannya, pemerintah berharap kompleks penyimpanan juga akan "sangat berkontribusi untuk memperkuat posisi kimchi buatan dalam negeri secara global", kata Lim Jeung-guen, wakil direktur divisi promosi industri makanan kementerian pertanian, menambahkan bahwa lebih banyak kompleks dapat dibangun jika dua yang pertama berjalan dengan baik.

4 dari 4 halaman

Ekspor Kimchi

Ekspor kimchi negara itu melonjak 10,7 persen ke rekor US$160 juta tahun lalu, mendorong gelombang minat pada budaya Korea yang didorong oleh boy band BTS dan drama dystopian Netflix "Squid Game".

Namun, di dalam negeri, kekhawatiran berkembang bahwa kelangkaan kubis juga akan merusak tradisi Kimjang - pembuatan dan pembagian kimchi di antara keluarga, teman, dan masyarakat, yang sering dilakukan pada tetapi tidak terbatas pada bulan November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.