Wapres Ma'ruf Amin ke Jepang, PM Kishida Tegaskan Dukung Presidensi G20 RI hingga Perkokoh Hubungan

Oleh Tanti Yulianingsih pada 29 Sep 2022, 15:52 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 15:52 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) kepada PM Jepang Fumio Kishida
Perbesar
Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) kepada PM Jepang Fumio Kishida (Foto: BPMI Setwapres)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Indonesia K.H. Ma'ruf Amin bertemu langsung dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Pertemuan berlangsung pada Senin, 26 September 2022, mulai pukul 17.00 (EST) selama kurang lebih 20 menit.

"Perdana Menteri Kishida Fumio menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Republik Indonesia Y.M. K.H. Ma'ruf Amin yang sedang mengunjungi Jepang dalam rangka menghadiri Upacara Pemakaman Nasional Shinzo Abe," demikian menurut informasi dari keterangan tertulis kedutaan besar Jepang di Jakarta yang dikutip Kamis (29/9/2022).

Pada pertemuan tersebut, PM Kishida menyatakan terima kasih atas kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pada upacara pemakaman nasional. Menanggapi hal tersebut, Wapres menyampaikan dukacita dari lubuk hati atas wafatnya mantan PM Shinzo Abe.

"... Mantan Perdana Menteri Abe berkontribusi dalam meningkatkan hubungan bilateral ke kemitraan strategis," ucap Ma'ruf.

Kemudian, Perdana Menteri Kishida menyampaikan bahwa Jepang akan mendukung presidensi Indonesia demi kesuksesan KTT Bali G20 tahun ini. Dan mengingat tahun depanmerupakan tahun di mana Jepang akan menjadi presidensi G7 dan Indonesia akan menjadipresidensi ASEAN, maka PM Kishida menyampaikan keinginannya untuk tidak hanya memperkokoh hubungan bilateral, melainkan juga terus bekerja sama lebih lagi dalam menghadapi berbagai tantangan kawasan dan masyarakat internasional.

Menanggapi hal ini,Wakil Presiden Ma'ruf menyampaikan keinginan untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan menindaklanjuti kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko ke Jepang pada bulan Juli.

Keduanya sepakat untuk lebih memperkokoh hubungan kerja sama menuju peringatan65 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia maupun peringatan 50 tahun kerja sama danpersahabatan Jepang-ASEAN tahun depan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tempuh Perjalanan 7 Jam

Potret Prosesi Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe
Perbesar
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (kiri) menyambut Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin saat Greeting Occasion setelah pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Akasaka, Tokyo, Jepang, 27 September 2022. Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi dan penghormatan atas kepemimpinan PM Abe, khususnya dalam meningkatkan hubungan RI-Jepang menjadi Kemitraan Strategis. (Kazuhiro Nogi/Pool photo via AP)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang pada Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 18.00 waktu setempat setelah menempuh penerbangan selama 7 jam 20 menit.

Di bandara Haneda, Wapres Ma'ruf beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi serta Atase Pertahanan RI di Tokyo Kol (AF) Andi Nur Abadi. Demikian dilansir dari Antara.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin berangkat ke Tokyo untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Sebelum menghadiri pemakaman, pada Senin 26 September 2022 Ma'ruf diagendakan melakukan courtesy call dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Akasaka. Pada pertemuan ini kedua pemimpin akan membahas sejumlah isu strategis kedua negara.

 


Hadiri Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

Wapres Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo.
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022).(Foto: BPMI Setwapres)

Pada hari ketiga, yaitu pada Selasa 27 September 2022, sekitar pukul 14.00 waktu setempat, Wapres didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin akan menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan.

Mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia pada 8 Juli 2022 setelah mengalami insiden penembakan oleh seorang pria ketika sedang berpidato dalam sebuah acara kampanye di Nara, Jepang.

Usai menghadiri prosesi pemakaman, sekitar pukul 18.00 waktu setempat, Wapres beserta Ibu Wury dijadwalkan menghadiri kegiatan Greeting Occasion dengan Perdana Menteri Jepang di Istana Akasaka.

Pada hari keempat, Rabu 28 September 2022 sekitar pukul 08.00 waktu setempat, Wapres dan rombongan akan bertolak kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Wapres pada kunjungan ini di antaranya Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Vernando Wanggai, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya.


Tiba dari Tokyo, Ma’ruf Amin Akan Lanjut Kunker ke Jatim

Ma'ruf Amin
Perbesar
Setelah menempuh penerbangan tujuh jam sepuluh menit, Pesawat Kepresidenan yang membawa Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta rombongan, siang ini pukul 13.10 WIB, tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusumah Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Setelah menempuh penerbangan tujuh jam sepuluh menit, Pesawat Kepresidenan yang membawa Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta rombongan, siang ini pukul 13.10 WIB, tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusumah Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Rencananya, esok harinya, Ma’ruf Amin dijadwalkan ke Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan kunjungan kerja ke Sidoarjo dan Gersik.

Ma’ruf Amin dijadwalkan ke Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan kunjungan kerja ke Sidoarjo dan Gersik.

Turut menyambut kedatangan Ma’ruf antara lain, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kspolda Metro Jaya Irjen. Pol. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

 

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya