Sukses

Vidio Optimistis Bisa Bersaing dengan Netflix hingga Disney Plus

Sutanto Hartono, Managing Director Emtek mengatakan, Vidio berkomitmen menyajikan konten lebih berkualitas.

Liputan6.com, Singapura - Vidio merupakan salah satu lini bisnis di bawah Emtek Group yang telah menjadi platform layanan media OTT (over the top) berbayar yang sukses di bidangnya. Terkenal dengan konten olahraga yang menjadi daya tarik utamanya, Vidio kini juga menggaet penonton dan subscriber dengan konten lokal yang berkualitas.

Hal itu diungkap Managing Director Emtek Sutanto Hartono yang juga CEO PT Surya Citra Media Tbk (SCM) saat menjadi pembicara dalam acara APOS 2022 di Singapura, Rabu (28/9/2022).. 

"Bagi kami yang terpenting karena ada strategi berlangganan, jadi kami harus memastikan bahwa kualitas drama kami lebih baik daripada yang mereka lihat di TV secara gratis," ujarnya. 

Ia juga membandingkan program drama TV yang terdiri dari ratusan, bahkan hingga ribuan episode membuat alur ceritanya kian berantakan.

Berawal dari hal tersebut, dengan mengadopsi siaran dari Amerika Serikat, konten drama di Vidio kini dibuat semakin efisien menjadi 6, 8 atau hanya 10 episode. Dengan itu, kualitas yang disiarkan pun akan menghasilkan alur cerita lebih baik daripada yang disiarkan di TV. 

Untuk konten premium seperti itu, Vidio bekerja sama dengan sejumlah Production House yang otomatis membantu secara pendanaan juga konten berkualitas yang dihasilkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vidio Optimistis Bersaing dengan OTT Global

Persaingan di industri media digital sangatlah ketat, terlebih ketika pesaing dengan nama besar OTT global seperti Amazon, Disney Plus, dan Netflix juga masuk ke pasar Indonesia. Sutanto pun telah menduga hal ini akan terjadi, dan telah memiliki strategi untuk mengantisipasinya. 

"Kami selalu mengantisipasi di masa lalu bahwa pasar global pada akhirnya akan datang ke Indonesia karena ini adalah pasar yang besar, tetapi kami percaya beberapa hal, salah satunya adalah kami tidak berpikir bahwa pemenang mengambil semuanya, semua orang akan membutuhkan lebih dari satu OTT yang akan memiliki banyak konten," ujarnya lagi.

"Jadi kami percaya bahwa kami berada dalam posisi yang baik karena kami memiliki proposisi konten yang cukup kuat," tambahnya. 

Menurutnya, Vidio memiliki konten yang strategis, yakni kombinasi antara olahraga, drama lokal dan konten lainnya. 

3 dari 4 halaman

Konten Lokal Jadi Poin Utama

Sutanto menyatakan, konten lokal saat ini menjadi daya tarik lainnya bagi pengguna Vidio. 

Menurut data, tingkat konsumsi konten lokal Indonesia di Asia Tenggara merupakan yang tertinggi, yakni sekitar 25%.

Hal itu pun menguntungkan Vidio dan bisa menjadi kekuatan utama bagi Vidio. 

"Sebenarnya ini juga dipercepat akibat pandemi, karena kita mengejar kelompok orang yang kita sebut movie goers," tambahnya. 

4 dari 4 halaman

Tayangkan Premier League

Sutanto mengatakan pihaknya ingin memperbarui diri dengan benar, karena memiliki bisnis yang autentik saat ini tidak cukup hanya dengan pertumbuhan pelanggan, atau jumlah durasi dan juga profitabilitas.

"Jadi jalan menuju profitabilitas harus dimulai dengan memiliki ARPU (average revenue per user) yang lebih sehat. Dan seperti yang Anda tunjukkan dengan benar, Indonesia adalah pasar yang besar, tetapi tantangan terbesarnya adalah ARPU yang rendah," katanya.

Maka dari itu, ia mengatakan bahwa Liga Premier menjadi lingkungan yang menghasilkan tempat berlangganan yang tinggi. 

"Jadi itulah mengapa kami percaya bahwa kami membutuhkannya ke dalam ekosistem kami. Dan terbukti begitu kami meluncurkan EPL, maka kami juga mengubah strategi kami," Sutanto menjelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.