Sukses

Warga Kritik Biaya Pemakaman PM Jepang Shinzo Abe Lebih Mahal dari Ratu Elizabeth II

Warga Jepang mempertanyakan biaya pemakaman PM Jepang Shinzo Abe yang lebih mahal dari Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Tokyo - "Bagaimana mungkin pemakaman Abe lebih mahal daripada pemakaman Ratu?" bunyi salah satu judul berita di Jepang.

Meskipun jumlah sebenarnya dari uang yang dihabiskan untuk pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II belum diungkapkan, artikel yang dilaporkan Daily Mirror menyatakan biaya sebesar £ 8 juta atau 1,3 miliar yen.

Dibandingkan dengan itu, perkiraan biaya pemakaman mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe yang sebesar 1,66 miliar yen masih lebih mahal dari pemakaman mendiang pemimpin monarki Inggris tersebut, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (24/9/2022).

Banyak yang sudah memprediksi label harga sebenarnya menjadi jauh lebih tinggi, mengutip contoh-contoh seperti Olimpiade Tokyo yang akhirnya menelan biaya $ 13 miliar--sekitar dua kali lipat dari perkiraan aslinya.

Yang lain bertanya apakah perbedaan biaya antara kedua pemakaman kenegaraan itu tergantung pada perusahaan yang bertindak sebagai perantara ketika Jepang menyelenggarakan acara besar.

Ketika penyelenggara acara Murayama yang berbasis di Tokyo terungkap sebagai satu-satunya penawar--dan karena itu pemenang kontrak 176m yen--untuk pemakaman kenegaraan. Hal itu memicu banyak pertanyaan karena itu adalah perusahaan yang digunakan Abe untuk menyelenggarakan pesta bunga sakura tahunan di mana ia menghadapi tuduhan kronisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Kritisi Biaya Tinggi untuk Pemakaman Abe

Lebih dari 75% orang yang disurvei oleh jajak pendapat kantor berita Kyodo baru-baru ini mengatakan pemerintah menghabiskan terlalu banyak uang untuk pemakaman.

Sekitar setengah dari uang itu diperkirakan akan digunakan untuk keamanan yang ketat, sementara sepertiga lainnya akan digunakan untuk menampung pengunjung asing.

Menjelang pemakaman kenegaraan hari Selasa, para tamu luar negeri tiba di Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida saat ini. Acara yang berlangsung selama tiga hari itu dijuluki "diplomasi pemakaman".

Ada 700 tamu dari 217 negara, termasuk Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Perdana Menteri India dan Australia Narendra Modi dan Anthony Albanese.

 

3 dari 3 halaman

Pemakaman Abe Tak Dihadiri Tamu Penting Seperti Ratu Elizabeth

Tetapi banyak orang di Jepang telah menyoroti bagaimana pemakaman kenegaraan Ratu di London menarik sebagian besar pemimpin global saat ini, sementara mereka yang menghadiri Abe sebagian besar adalah mantan pemimpin.

Liputan TV tentang pemakaman Ratu juga menunjukkan kepada pemirsa Jepang kasih sayang Inggris kepada mantan rajanya dan menyoroti betapa berbedanya suasana hati di Jepang.

Sebagai perdana menteri terlama Jepang yang hidupnya dipersingkat pada usia 67 tahun dalam insiden yang sangat kejam--dan jarang terjadi--Tuan Abe hanyalah perdana menteri kedua yang mendapatkan pemakaman kenegaraan.

Yang terakhir terjadi 55 tahun yang lalu untuk Shigeru Yoshida yang menjabat sebagai pemimpin negara itu tak lama setelah berakhirnya WW2, dan secara luas menjadi figur yang menetapkan berkembangnya Jepang pasca-perang.

Marah tentang label harga untuk pemakaman Mr Abe, beberapa outlet media lokal mengutip biaya pemakaman Yoshida sebesar 18 juta yen pada tahun 1967 - setara dengan 70 juta yen saat ini.

Ketika Jepang memerangi inflasi untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, para kritikus mengatakan bahwa uang itu akan lebih baik dihabiskan untuk membantu keluarga berpenghasilan rendah yang paling menderita.

Ketidakpuasan atas pemakaman kenegaraan untuk Abe membuat peringkat persetujuan menurun untuk pemerintahan saat ini, sekarang berada pada titik terendah sejak Mr Kishida berkuasa.

Kebijakan Abe sebagai perdana menteri memecah belah Jepang dan desakan di sekitar tempatnya dalam kehidupan publik Jepang tidak menunjukkan tanda-tanda akan pergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.
    Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.

    Shinzo Abe

  • Ratu Elizabeth II adalah Ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat.
    Ratu Elizabeth II adalah Ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat.

    ratu elizabeth II