Sukses

Hilang 17 Hari di Gunung Pasca Gempa, Seorang Pria Berhasil Ditemukan

Seorang pria di China akhirnya berhasil ditemukan setelah hilang selama 17 hari pasca gempa.

Liputan6.com, Beijing - Seorang pria hilang di pegunungan selama 17 hari setelah gempa bumi di barat daya China telah diselamatkan.

Dikutip BBC, Jumat (23/9/2022), gempa berkekuatan 6,6 melanda provinsi Sichuan pada 5 September, menewaskan 93 orang dan melukai lebih dari 400 orang.

Gan Yu tetap tinggal untuk membantu orang lain di pembangkit listrik tenaga air tempat dia bertugas, tetapi kemudian berjuang untuk melarikan diri melalui medan yang berat karena dia kehilangan kacamatanya, lapor media setempat.

Dia ditemukan hidup tetapi mengalami luka oleh seorang penduduk desa setempat pada hari Rabu.

Gan dan rekannya Luo Yong tinggal di pembangkit listrik tenaga air Wandong pada tanggal 5 September untuk memberikan pertolongan pertama kepada rekan-rekannya yang terluka dan untuk membantu mencegah banjir dengan melepaskan air dari bendungan.

Mereka kemudian berusaha pergi, berjalan sekitar 20 km (12 mil) di pegunungan di sekitar pabrik. 

Tapi Gan, yang menderita rabun jauh dan kehilangan kacamatanya akibat gempa, berjuang untuk menavigasi medan, lapor Radio Nasional China (CNR) milik negara.

Tim penyelamat sedang mencari di daerah itu untuk mencari korban selamat, dan kedua pria itu gagal mencoba memberi sinyal bantuan.

"Kami melepas pakaian kami, menggantungnya di cabang pohon dan melambaikannya," kata Luo kepada CNR.

Akhirnya Luo pergi mencari bantuan, meninggalkan Gan dengan tempat tidur sementara dari lumut dan daun bambu dan beberapa buah liar dan rebung untuk dimakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terdeteksi Tim Penyelamat

Luo ditemukan pada 8 September setelah menggunakan api untuk menarik perhatian tim penyelamat. Tetapi pada saat tempat perlindungan mantan temannya ditemukan tiga hari kemudian, Gan sudah tidak ada lagi di sana.

Tim penyelamat hanya menemukan pakaian yang dibuang, dan percaya dia mungkin meninggal karena hipotermia. 

Minggu ini seorang petani yang tinggal di dekat pabrik bergabung dalam pencarian, menggunakan pengetahuan lokalnya. Setelah beberapa jam dia mendengar tangisan Gan dan menemukannya di bawah pohon.

3 dari 4 halaman

Berhasil Temukan Korban

Tim penyelamat kemudian mencapai tempat kejadian dan menerbangkan Gan ke rumah sakit, di mana dia dirawat karena patah tulang.

Kerusakan Parah Akibat Gempa

Gempa berkekuatan magnitudo 6,8 yang terjadi tepat setelah Senin (5/9) siang di Provinsi Sichuan itu menyebabkan kerusakan parah pada rumah-rumah di Daerah Otonomi Tibet Ganze dan mengguncang gedung-gedung di ibu kota Provinsi Chengdu, di mana 21 juta warganya tengah menjalani lockdown ketat.

4 dari 4 halaman

Gempa Terjadi Ketika Lockdown

Setelah gempa terjadi, polisi dan petugas layanan kesehatan tetap tidak mengizinkan warga yang cemas keluar dari gedung apartemen. Hal itu semakin memicu amarah warga terhadap kebijakan nol-COVID pemerintah China yang ketat, yang mewajibkan lockdown, karantina dan langkah pembatasan lainnya, bahkan setelah sebagian besar negara lain berangsur-angsur normal.

Rekaman video yang beredar di internet menunjukkan warga di kota Wuhan, yang diyakini menjadi kota asal-muasal terjadinya pandemi pada akhir 2019, meneriakkan kalimat “akhiri lockdown, tolak tes (COVID-19)” kepada polisi.

Langkah-langkah pembatasan itu telah memicu unjuk rasa secara online maupun offline, sesuatu yang langka di negara yang masyarakatnya dikendalikan secara ketat, di mana Partai Komunis yang sangat berkuasa dapat dengan mudah menjatuhkan hukuman penjara selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun kepada seseorang atas dakwaan seremeh “memprovokasi pertengkaran dan memprovokasi masalah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.