Sukses

Baru Sebulan Dibui, Eks PM Malaysia Najib Razak Kini Dipindahkan ke Rumah Sakit Rehabilitasi

Mantan PM Malaysia Najib Razak kini dipindahkan ke rumah sakit rehabilitasi.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak, yang bulan lalu mulai menjalani hukuman penjara karena tuduhan korupsi, saat ini dirawat di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras (HRC) di Kuala Lumpur, kata Departemen Penjara.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (21/9/2022), departemen itu mengatakan Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur pada 12 September memerintahkan agar Najib Razak dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis setelah diberitahu tentang masalah kesehatan yang dia hadapi.

Dikatakan bahwa sejalan dengan Pasal 37 Undang-Undang Penjara dan ketentuan di bawah undang-undang ini, serta Aturan Minimum Standar PBB untuk Perlakuan terhadap Tahanan (Aturan Nelson Mandela), Najib dikirim ke Rumah Sakit Kuala Lumpur (HKL) untuk perawatan medis.

"Pada 19 September, HKL merujuk Najib ke HRC untuk perawatan dan pemantauan lebih lanjut hingga saat ini," kata Departemen Lapas dalam sebuah pernyataan, Rabu (21 September). 

Dikatakan bahwa Najib akan dikirim kembali ke Penjara Kajang setelah dokter spesialis di HRC atau HKL memberikan izin. 

Departemen itu menambahkan bahwa mereka bertanggung jawab atas kesehatan tahanan, termasuk memberikan perawatan dan pengobatan yang direkomendasikan oleh pejabat kesehatan pemerintah. 

Menurut Kementerian Kesehatan Malaysia, HRC adalah rumah sakit pertama di Asia Tenggara yang menyediakan layanan pengobatan rehabilitasi komprehensif. Rumah sakit ini dilengkapi dengan gymnasium rehabilitasi dan kolam hidroterapi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banding Najib Ditolak

Pada 23 Agustus, Pengadilan Federal menolak banding Najib untuk membatalkan hukuman penjara 12 tahun dan denda RM210 juta (Rp 691 miliar) atas tujuh dakwaan dalam kasus yang melibatkan dana dari SRC International, bekas unit 1Malaysia Development Bhd (1MDB).

Tuduhan terhadap Najib, yang menjabat sebagai perdana menteri dari 2009 hingga 2018, melibatkan transfer RM42 juta dari SRC International ke rekening bank pribadinya pada 2014 dan 2015.

Dia dinyatakan bersalah atas tiga dakwaan pelanggaran kepercayaan, tiga dakwaan pencucian uang, dan satu dakwaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Pengadilan Tinggi pada Juli 2020.

Keyakinan dan hukuman itu dikuatkan oleh Pengadilan Banding pada 8 Desember 2021. Najib kemudian mengajukan petisi banding ke Pengadilan Federal pada 25 April tahun ini.

3 dari 4 halaman

Jalani Hukuman Penjara

Najib mulai menjalani hukumannya di Penjara Kajang di Selangor segera pada 23 Agustus setelah keputusan Pengadilan Federal.

Pada 12 September, persidangan 1MDB yang sedang berlangsung Najib dihentikan ketika Pengadilan Tinggi diberitahu bahwa kondisi kesehatan mantan perdana menteri itu "sangat buruk" dan membutuhkan perhatian medis.

Tim penuntut mengatakan kepada hakim Pengadilan Tinggi bahwa Najib perlu dikirim ke rumah sakit untuk perawatan medis karena obat tekanan darah tinggi yang dia minum telah memberinya efek buruk.

Mantan perdana menteri sebelumnya dirawat karena sakit maag, kata putrinya di Instagram.

4 dari 4 halaman

Sidang 1MDB

Sidang 1MDB yang sedang berlangsung adalah kasus korupsi kedua Najib. Dia dituduh melakukan 25 tuduhan pencucian uang dan penyalahgunaan kekuasaan terkait dengan dana 1MDB senilai RM2,3 miliar.

Sidang pun dijadwalkan dilanjutkan Senin depan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.