Sukses

Zelensky Ngotot Tak Mau Kalah Rebut Wilayah Ukraina dari Pasukan Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (18/9) mengatakan upaya militer negaranya untuk merebut kembali wilayah dari pasukan Rusia tidak akan berhenti.

Liputan6.com, Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (18/9) mengatakan upaya militer negaranya untuk merebut kembali wilayah dari pasukan Rusia tidak akan berhenti.

Pernyataan Zelensky yang dikemukakan dalam pidato malam harinya itu menyusul kemajuan yang dicapai pasukan Ukraina dari daerah Kharkiv, Ukraina Timur Laut, dalam serangan balasan bulan ini, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (20/9/2022). 

“Mungkin yang sekarang ini tampak bagi sebagian Anda setelah serangkaian kemenangan adalah kita mengalami semacam ketenangan,” kata Zelensky. “Tetapi ini bukan ketenangan. Ini persiapan untuk rangkaian berikutnya … karena Ukraina harus bebas – semuanya.”

Presiden AS Joe Biden mengatakan dalam wawancaranya dengan badan penyiaran CBS News pada Minggu malam bahwa Ukraina, dengan bantuan AS dan sekutu-sekutu lainnya, serta “keberanian dan tekad luar biasa rakyat Ukraina” tidak kalah perang.

Biden mengatakan bahwa memenangi peperangan artinya membuat Rusia “keluar Ukraina sepenuhnya” dan mengakui kedaulatan Ukraina.

Ketika ditanya mengenai komitmen bantuan militer dan kemanusiaan AS untuk Ukraina, Biden mengatakan AS akan terus mendukung Ukraina “selama diperlukan.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Tabrakan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan mengalami kecelakaan mobil pada Rabu 14 September 2022, kata juru bicaranya.

Menurut pernyataan dari sekretaris pers presiden pada hari Rabu, sebuah mobil bertabrakan dengan kendaraan Presiden Ukraina dan kendaraan pengawalnya di ibu kota Kiev.

"Presiden diperiksa oleh dokter, tidak ada cedera serius yang ditemukan," kata juru bicara presiden Ukraina itu, Sergii Nykkyforov dalam sebuah pernyataan singkat, seperti dikutip dari laman BBC News, Kamis (15/9/2022).

Dalam pernyataan itu disebutkan, pengemudi mobil yang bertabrakan dengan iring-iringan mobil mendapatkan pertolongan darurat pertama di tempat kejadian dari pertugas medis lalu dibawa menggunakan ambulans.

Nykyforov mengatakan peristiwa kecelakaan lalu lintas itu sedang diselidiki oleh petugas penegak hukum. Kendati demikian tak memberikan rincian lebih lanjut.

Dikutip dari CNN News, sebelumnya pada Rabu, Zelensky mengunjungi Izium yang baru dibebaskan di wilayah timur laut Kharkiv, lima hari setelah pasukan negara itu merebut kembali kota tersebut.

Foto-foto di halaman Facebook dari satuan tentara menunjukkan foto-foto Zelensky saat upacara di alun-alun utama untuk mengibarkan bendera Ukraina di atas gedung administrasi kota. Selain Zelensky, Hanna Maliar, Wakil Menteri Pertahanan, juga hadir dalam upacara itu.

"Sebelumnya, ketika kami melihat ke atas, kami selalu mencari langit biru. Hari ini, ketika kami melihat ke atas, kami hanya mencari satu hal - bendera Ukraina," kata Volodymyr Zelensky dalam sebuah postingan di saluran Telegram kepresidenan.

"Bendera biru-kuning kami sudah berkibar di Izium yang telah dibebaskan dari pendudukan. Dan itu akan terjadi di setiap kota dan desa Ukraina. Kami hanya bergerak ke satu arah - maju dan menuju kemenangan.”

3 dari 4 halaman

Mengibarkan Bendera Sebelum Tabrakan

Dikutip dari laman AP News, insiden tabrakan itu terjadi ketika Zelensky kembali dari garis depan di Kota Izium yang baru direbut kembali oleh Ukraina. Zelensky menyanyikan lagu kebangsaan dan melihat bendera Ukraina dikibarkan di depan balai kota Izium yang terbakar habis karena invasi Rusia.

Setelah hampir enam bulan di bawah pendudukan Rusia, Izium sebagain besar hancur, dengan gedung-gedung apartemen yang hangus terbakar dan berlubang-lubang akibat serangan artileri.

Banyak lubang menganga dan tumpukan puing-puing yang berdiri di mana bangunan-bangunan runtuh di sana.

"Pemandangannya sangat mengejutkan, tetapi tidak mengejutkan bagi saya," kata Zelensky kepada para jurnalis, "karena kami mulai melihat gambar-gambar yang sama dari Bucha, dari wilayah-wilayah yang diduduki pertama kali ... bangunan-bangunan yang sama hancurnya, orang-orang yang terbunuh."

Sebelum Zelensky mengibarkan bendera di Izium, pasukan Rusia telah meninggalkan kota itu minggu lalu, ketika tentara Kyiv mencatat kemajuan yang menakjubkan karena dapat merebut kembali sebagian besar wilayah wilayah di sekitar Karkivm di timur laut Ukraina.

4 dari 4 halaman

Mobil Tabrak Gerbang Kedubes Rusia

Insiden lain di tengah-tengan konflik antara Rusia-Ukraina terjadi di Rumania yang menewaskan seorang pengemudi usai menabrakkan mobilnya ke gerbang kedutaan Rusia di Bucharest pada Rabu 6 April 2022 pagi (waktu setempat), kata polisi di ibu kota Rumania dalam sebuah pernyataan.

Mengutip NDTV, Rabu (6/4/2022), sebuah video yang direkam sebelum petugas pemadam kebakaran tiba menunjukkan bagian depan mobil terbakar karena tetap terjepit di pintu gerbang

Tidak jelas apakah kecelakaan itu kecelakaan atau disengaja.

Selama beberapa minggu terakhir, beberapa kedutaan Rusia di tempat lain di Eropa telah menjadi sasaran para pengunjuk rasa yang marah akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden tersebut, dan tidak merilis identitas pengemudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.