The Beast, Mobil Teraman di Dunia Antar Joe Biden ke Pemakaman Ratu Elizabeth II

Oleh Resha Febriyana Putri pada 19 Sep 2022, 17:27 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 18:14 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)
Perbesar
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)

Liputan6.com, London - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden  membawa The Beast lapis baja ke pemakaman Ratu Elizabeth II sementara para pemimpin dunia lainnya diminta untuk naik bus bersama, seperti protokol standar yang ditetapkan pemerintah Inggris.

Persiapan logistik sedang dilakukan untuk pertemuan terbesar pejabat asing di tanah Inggris sejak pemakaman mantan Perdana Menteri Winston Churchill pada tahun 1965, dan perencana pemakaman khawatir bahwa mengumpulkan lebih dari 100 raja, ratu dan kepala negara akan menyumbat jalan-jalan di sekitar Westminster Abbey, di mana layanan akan berlangsung pada Senin, 19 September.

Banyak pemimpin dunia akan diminta untuk naik bus bersama dari lokasi yang dirahasiakan di London barat, namun akan ada pengecualian untuk yang paling utama - termasuk Biden, demikian menurut The UK Times.

Supercar berlapis baja seberat 8 ton seharga £1,2 juta (Rp 17 miliar) milik Joe Biden - dijuluki The Beast - adalah kendaraan paling aman di dunia.

Dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, mobil ini dapat menahan serangan bom yang menghancurkan dan bahkan tembakan senjata api.

Pintu berlapis baja setebal 8 inci - sama seperti Boeing 737 - dan disegel untuk menahan serangan biologis dan kimia.

Jendelanya terbuat dari lima lapis kaca polikarbonat.

Kamera pengintai malam hari terdapat di dalam grill, sementara ban diperkuat dengan kevlar dan dapat berjalan di atas velg bajanya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fitur Keamanan yang Kuat

Mobil The Beast yang digunakan Joe Biden ke pemakaman Ratu Elizabeth II
Perbesar
Mobil The Beast yang digunakan Joe Biden ke pemakaman Ratu Elizabeth II (AP).

Kendaraan besar ini, yang juga dikenal sebagai Cadillac One, bahkan lebih panjang dari dua SUV besar dan dicat hitam untuk menyamarkan rangkaian fitur keamanan berteknologi tinggi yang rumit.

Kendaraan luar biasa ini berada dalam kategori yang sama sekali berbeda dari Range Rover Sentinel atau Jaguar XJ yang digunakan oleh Perdana Menteri Inggris.

Limusin Biden adalah model yang dipesan lebih dahulu yang dikirim pada tahun 2018 dan dibangun di atas sasis General Motors TopKick yang biasanya digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk kecil.

Armornya dikatakan terdiri dari aluminium, keramik, dan baja.

Kaca depan depan dapat menahan peluru yang menembus lapis baja atau .44 magnum dan bodyworknya kelas militer dan setebal 5 inci.

Undercarriage yang diperkuat dapat menahan bom di tepi jalan dan tangki bahan bakarnya tahan ledakan.

Ada tujuh kursi: dua di depan untuk agen Secret Service dan empat di belakang.

Hanya jendela sisi pengemudi yang bisa dibuka dan di bagasi terdapat kotak darah Presiden untuk transfusi darurat.

 


Fitur Lainnya

Joe Biden Akhiri Isolasi COVID-19
Perbesar
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara di Taman Mawar Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, 27 Juli 2022. Dokter kepresidenan Kevin O'Connor mengatakan meski sudah tak menjalani isolasi, Biden akan mengenakan masker selama 10 hari ketika berada di sekitar orang lain. (AP Photo/Susan Walsh)

Di antara fitur-fitur lainnya terdapat senapan di dalam mobil untuk berjaga-jaga jika terjadi serangan dan sistem oksigen di bagasi jika terjadi serangan kimia.

Sejumlah senjata disembunyikan di sisi depan kendaraan yang dapat digunakan untuk menembaki penyerang.

The Beast memiliki kamera penglihatan malam di atas mobil dan tampaknya menggunakan diesel karena adanya pintu pengisi bahan bakar persegi panjang yang sangat besar.

Di antara fitur-fitur lain yang dilaporkan - Dinas Rahasia menolak untuk mengomentari secara spesifik - terdapat teknologi James Bond-esque seperti layar asap dan slick minyak untuk menyingkirkan siapa pun yang mengejar.

The Beast adalah bagian dari 12 armada yang menghabiskan biaya sekitar £14 juta (Rp 209 miliar) dan sisanya digunakan untuk pejabat asing.

Kendaraan ini, bersama dengan iring-iringan mobil Biden lainnya, yang dibawa ke Inggris dengan pesawat angkut C-17 Globemaster.

Dalam iring-iringan kendaraan itu juga terdapat antena komunikasi Presiden sendiri yang merupakan menara telepon seluler yang diikatkan ke bagian atas mobil dalam perjalanannya.

Dalam satu kendaraan, seorang bantuan militer membawa 'Nuclear Football', yaitu tas kerja yang menyimpan instruksi jika terjadi serangan militer.

Kendaraan lainnya adalah ambulans kepresidenan jika terjadi keadaan darurat.

 


Pernah Mogok

Mobil Mogok
Perbesar
Ilustrasi Mobil Mogok Credit: Freepik.com

The Beast pernah mogok pada tahun 2013 ketika seorang pengemudi salah memasukkan bahan bakar ke dalam kendaraan tersebut saat melakukan perjalanan ke Israel.

Kesalahan itu membuat penyelenggara berebut untuk menemukan kendaraan yang bisa membawa mantan Presiden Barack Obama berkeliling Tel Aviv.

Dia tidak berada di dalam pesawat pada saat itu.

Dan pada tahun 2011, selama perjalanan ke Irlandia, kendaraan itu terjebak di polisi tidur di luar Kedutaan Besar AS di Dublin.

Tim Miller, mantan agen Secret Service yang sekarang menjalankan bisnis konsultasi keamanan, mengatakan: "Ini benar-benar dirancang untuk mengatasi besarnya ancaman yang ada di luar sana.

"Ingat dia adalah panglima tertinggi dari kekuatan militer paling kuat di dunia."

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya