Sukses

Istana Buckingham Rilis Foto Ratu Elizabeth II Tersenyum Jelang Pemakamannya

Baru saja Istana Buckingham merilis foto Ratu Elizabeth II dengan pose tersenyum yang diambil pada Bulan Mei.

Liputan6.com, London - Malam menjelang pemakaman kenegaraannya, Istana Buckingham merilis foto Ratu Elizabeth II yang sebelumnya belum pernah terlihat, menunjukkan dia tersenyum di Kastil Windsor.

Dilansir dari laman The Guardian, Senin (19/9/2022), foto itu rupanya diambil empat bulan sebelum Ratu Elizabeth II meninggal. Pada bulan Mei 2022, di rumah tempat dia menghabiskan sebagian besar waktunya selama tahun-tahun terakhirnya.

Ratu Elizabeth II berpose menggunakan bros klip aquamarine dan berlian yang serasi yang dia pilih untuk dikenakan pada kesempatan itu. Pemberian orangtuanya, Raja George VI dan Ratu Elizabeth.

Bros itu diberikan kepada Ratu Elizabeth, pada ulang tahunnya yang ke-18 dan merupakan salah satu yang paling disayangi dalam koleksi perhiasannya.

Dia memilih untuk memakainya pada awal tahun ini pada perayaan platinum jubilee bulan Februari, untuk foto-foto resmi yang diambil dari memorabilia golden dan diamond jubilee.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhiasan yang Indah

Kedua perhiasan bergaya art deco ini dibuat oleh Boucheron dari berlian baguette, oval dan bulat serta aquamarine. Dia juga mengenakannya saat berpidato di hadapan bangsa pada peringatan 75 tahun VE Day, dan untuk pidato televisi Diamond Jubilee pada tahun 2012.

Sang Ratu, yang mengenakan gaun biru dusky dove dengan rambut yang digulung rapi, juga mengenakan kalung mutiara tiga untai dan anting-anting mutiara favoritnya.

 

3 dari 4 halaman

Pangeran William Teringat Putri Diana di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Bicara soal pemakaman, Pangeran William mengenang Putri Diana di proses pemakaman Ratu Elizabeth II. Pemakaman Putri Diana juga dilaksanakan pada bulan September.

Dilaporkan BBC, Jumat (16/9/2022), Pangeran William mengatakan hal tersebut kepada warga yang datang untuk memberi penghormatan pada neneknya di Westminster. Yang membuatnya teringat pada Putri Diana adalah ketika ia berjalan di belakang peti mati neneknya. Momen itu dianggap sebagai hal yang menantang bagi Pangeran William.

Pangeran William, Pangeran Harry, bersama Raja Charles III memang berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth II saat peti dibawa dari Buckingham Palace menuju Westminster.

Saat ini, warga rela mengantre hingga 7,9 kilometer untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II yang peti matinya disemayamkan di Westminster.

Sementara, Putri Anne (Princess Royal) kembali lagi ke Skotlandia untuk menyapa masyarakat. Ia tampak tersenyum saat menyapa warga yang datang. Putri Anne yang didampingi suaminya menerima bunga dari seorang gadis kecil.

Sang Princess Royal adalah anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II. Ia setia mendampingin peti mati sang ibu dalam perjalanan dari Skotlandia menuju Buckingham Palace. 

Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, berada di Manchester untuk menyapa para warga.

Majelis Umum PBB telah memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II. Parlemen Kanada juga menggelar sesi serupa.

4 dari 4 halaman

Pangeran William dan Harry Pimpin Penjagaan Peti Mati Ratu Elizabeth II

Sementara itu, delapan cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangeran Wales dan Duke of Sussex, telah berjaga-jaga di sekitar peti matinya saat dia berbaring di negara bagian di Westminster Hall.

Atas permintaan Raja Charles, Pangeran Harry mengenakan seragam militer, untuk pertama kalinya sejak 2020.

Pangeran Harry telah mengenakan pakaian sipil di acara-acara publik sejak Ratu meninggal, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/9/2022).

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah cucu-cucu seorang raja mengambil bagian dalam upacara tersebut.

Putra Raja, William dan Harry bergabung dengan Peter Phillips dan Zara Tindall, anak-anak Putri Anne, serta putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Eugenie, dan Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn, yang merupakan anak-anak Pangeran Edward.

Pada usia 44, Peter Philips adalah yang tertua dari cucu Ratu, sedangkan yang termuda, James, Viscount Severn, berusia 14 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.