Taiwan Diundang Secara Khusus Tandatangani Buku Belasungkawa Ratu Elizabeth II

Oleh Resha Febriyana Putri pada 18 Sep 2022, 17:34 WIB
Diperbarui 18 Sep 2022, 17:38 WIB
Ilustrasi bendera Taiwan (unsplash)
Perbesar
Ilustrasi bendera Taiwan (unsplash)

Liputan6.com, London - Duta Besar de facto Taiwan di London menerima undangan khusus untuk menandatangani buku belasungkawa Ratu Elizabeth II, kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Taiwan, dan menambahkan bahwa dia diberi perlakuan yang sama dengan pejabat lainnya.

Inggris, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan yang diklaim China meskipun mereka memiliki hubungan tidak resmi yang erat.

Taiwan yang dipimpin secara demokratis pada umumnya tidak diikutsertakan dalam sebagian besar acara dan badan internasional karena keberatan Beijing.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (18/9/2022), Kemlu Taiwan mengatakan perwakilannya di London, Kelly Wu-Chiao Hsieh, "diundang secara khusus" oleh pemerintah Inggris untuk menandatangani buku belasungkawa di Lancaster House, yang dijalankan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris.

Undangan itu datang "berdasarkan pentingnya hubungan Taiwan-Inggris dan persahabatan berharga antara kedua bangsa", tambahnya.

Kementerian mencatat Hsieh "menikmati perlakuan yang sama seperti kepala negara, perwakilan dan anggota keluarga kerajaan negara lain yang telah pergi ke Inggris untuk melayat".

China mengirim wakil presiden Wang Qishan ke pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada hari Senin di London, tetapi beberapa anggota parlemen telah menyuarakan keprihatinan tentang mengundang perwakilan dari China setelah beberapa anggota parlemen Inggris dijatuhi sanksi oleh Beijing karena mengkritik dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

China menyangkal adanya pelanggaran semacam itu.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pimpinan yang Diundang

8 Cucu Ratu Elizabeth II Kelilingi Peti Mati Sang Nenek
Perbesar
Ke-8 cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangern William dan Pangeran Harry berjaga-jaga di sekitar peti mati sang nenek di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakaman Ratu pada Senin, 19 September 2022. (AARON CHOWN / POOL / AFP)

Pemerintah Taiwan dengan cepat mengirimkan belasungkawa setelah kematian Ratu Inggris, dan Mentri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu pada hari Kamis mengunjungi kedutaan de facto Inggris di Taipei untuk menandatangani buku belasungkawa publik.

Kantor perwakilan Taiwan di Inggris minggu lalu memposting gambar di halaman Facebook-nya tentang Ratu Elizabeth II yang menerima anggrek Taiwan yang dinamai menurut namanya di Chelsea Flower Show pada tahun 2011.

Taiwan belum mengatakan apakah akan diizinkan untuk mengirim perwakilan ke pemakaman kenegaraan, yang akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin dunia, termasuk presiden AS, Joe Biden.

Inggris mengundang perwakilan dari Korea Utara untuk menghadiri pemakaman, tetapi Afghanistan, Suriah dan Venezuela tidak akan diberikan undangan, kata sumber Kantor Luar Negeri pada hari Rabu.

Rusia, Myanmar, dan Belarus juga belum diminta untuk hadir.


Siapa Saja yang Diundang dalam Acara Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Deretan Karangan Bunga untuk Ratu Elizabeth II
Perbesar
Seorang wanita membaca pesan yang ditempatkan di antara karangan bunga untuk Ratu Elizabeth II di Green Park, dekat Istana Buckingham di London, Senin (12/9/2022). Sebelum menjabat Ratu Inggris, Elizabeth menerima pendidikan di rumah melalui guru pribadinya yang bernama Henry Marten. (AP Photo/Markus Schreiber)

Dari beberapa yang tak diundang oleh Kerajaan Inggris, pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin 19 September 2022 mendatang akan menjadi salah satu pertemuan bangsawan dan politikus terbesar yang diselenggarakan di Inggris selama beberapa dekade.

Undangan keluar selama akhir pekan, dengan sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing diharapkan hadir.

Dilansir BBC, Rabu (14/9/2022), mayoritas pemimpin telah diminta untuk tiba dengan penerbangan komersial dan diberitahu bahwa mereka akan diangkut secara massal dari sebuah lokasi di London barat.

Upacara akan diadakan di Westminster Abbey, yang memiliki kapasitas untuk sekitar 2.200 orang.

Berikut adalah sejumlah undangan untuk pemakaman Ratu Elizabeth II:

1. Keluarga Kerajaan Eropa

Anggota keluarga kerajaan dari seluruh Eropa, banyak di antaranya adalah kerabat Ratu.

Raja Belgia Philippe dan Ratu Mathilde telah mengkonfirmasi mereka akan berada di sana, seperti halnya Raja Willem-Alexander dan istrinya, Ratu Maxima, bersama ibunya, mantan ratu Belanda Putri Beatrix.

Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol juga telah menerima undangan, begitu pula keluarga kerajaan Norwegia, Swedia, dan Demark.

Selengkapnya di sini...


Pemakaman Ratu Elizabeth II Bakal Disiarkan 125 Bioskop di Inggris, Nonton Gratis

Pangeran Harry Berseragam Militer di Malam Penjagaan Ratu Elizabeth II
Perbesar
Pangeran William, pangeran Wales, Pangeran Harry, Putri Beatrice, Lady Louise, Zara Tindall, Peter Phillips, Viscount James Severn dan Putri Eugenie, berdiri di samping peti jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu (17/9/2022). Saat memasuki kastil, kepala mereka tegak sampai menuju di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II, ke-8 cucu mulai menundukkan kepalanya. (Aaron Chown/Pool Photo via AP)

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin 19 September 2022 akan ditampilkan oleh sekitar 125 bioskop di seluruh Inggris, sementara taman, alun-alun dan katedral juga akan memasang layar untuk acara seremonial besar, kata pemerintah setempat pada Sabtu 17 September.

Layanan pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi terkait di London juga akan ditayangkan langsung di televisi oleh BBC, ITV dan Sky, kata departemen kebudayaan Inggris dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Global News, Minggu (18/9/2022).

Presiden, perdana menteri, dan keluarga kerajaan dari seluruh dunia diperkirakan bakal menghadiri pemakaman pemimpin monarki terlama di Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September dalam usia 96 tahun.

Pemerintah Inggris juga telah mendeklarasikan hari libur umum saat pemakaman Ratu Elizabeth II, sehingga dapat memicu audiens yang lebih tinggi daripada yang terlihat untuk acara-acara besar lainnya dalam sejarah Inggris baru-baru ini termasuk pemakaman Putri Diana pada tahun 1997, Olimpiade London 2012 dan pernikahan kerajaan.

Untuk menyaksikan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dalam pemutaran bioskop tak dikenakan biaya alias gratis. dengan banyak lokasi pemutaran sudah memuhi kapasitas, UK Cinema Association (Asosiasi Sinema Inggris) mengatakan pada Kamis 14 September.

Ratusan ribu orang telah mengantre berjam-jam minggu ini untuk memberi penghormatan terakhir kepada peti mati Ratu Elizabeth II, yang disemayamkan di Westminster Hall hingga Senin pagi 19 September.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya