Sukses

Wanita Iran Diduga Meninggal Setelah Dipukuli Polisi karena Melanggar Hukum Jilbab

Mahsa Amini, seorang wanita berusia 22 tahun meninggal dunia karena melanggar aturan hijab di tengah tindakan keras Iran terhadap pakaian wanita.

Liputan6.com, Iran - Seorang wanita berusia 22 tahun telah meninggal di sebuah rumah sakit Iran beberapa hari setelah ditahan oleh polisi moralitas rezim karena diduga tidak mematuhi peraturan jilbab di negara itu.

Mahsa Amini sedang melakukan perjalanan bersama keluarganya dari provinsi Kurdistan barat Iran ke ibu kota Teheran untuk mengunjungi kerabatnya ketika dia dilaporkan ditangkap karena tidak memenuhi aturan ketat negara itu tentang pakaian wanita.

Melansir dari TheGuardian, Jum'at (16/9/2022) saksi mata melaporkan bahwa Amini dipukuli di dalam mobil van polisi, sebuah tuduhan yang dibantah polisi.

Berita itu muncul beberapa minggu setelah presiden garis keras Iran, Ebrahim Raisi, memerintahkan tindakan keras terhadap hak-hak perempuan dan menyerukan penegakan yang lebih ketat terhadap aturan wajib berpakaian di negara itu, yang telah mengharuskan semua wanita mengenakan penutup kepala hijab sejak revolusi Islam 1979.

Keluarga Amini diberitahu bahwa dia telah dibawa ke rumah sakit beberapa jam setelah penangkapannya. Dia dipindahkan ke unit perawatan intensif di rumah sakit Kasra.

Menurut Hrana, sebuah organisasi hak asasi manusia Iran mengatakan keluarga Amini diberitahu selama penangkapannya bahwa dia akan dibebaskan setelah "sesi pendidikan ulang".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengalami Koma

Polisi kemudian mengatakan bahwa Amini menderita serangan jantung. Namun, keluarga Amini membantah hal ini dan mengatakan bahwa dia sehat dan tidak mengalami masalah kesehatan apa pun.

Amini dalam keadaan koma setelah tiba di rumah sakit, kata keluarganya, menambahkan bahwa mereka diberitahu oleh staf rumah sakit bahwa dia mengalami gagar otak.

Foto-foto Amini terbaring di ranjang rumah sakit dalam keadaan koma dengan perban di sekitar kepalanya dan tabung pernapasan telah beredar di media sosial.

3 dari 4 halaman

Mendapat Kecaman dari Masyarakat

Perawatan di rumah sakit dan kematiannya mengundang kecaman dari para selebriti dan politisi Iran. Mahmoud Sadeghi, seorang politisi reformis dan mantan anggota parlemen, meminta pemimpin tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, untuk berbicara atas kasus Amini.

"Apa yang dikatakan pemimpin tertinggi, yang dengan benar mengecam polisi AS atas kematian George Floyd, tentang perlakuan polisi Iran terhadap Mahsa Amini?" Sadeghi men-tweet pada hari Jumat.

Kementerian dalam negeri dan jaksa Teheran meluncurkan penyelidikan atas kasus tersebut setelah mendapat perintah dari Raisi, media pemerintah melaporkan.

4 dari 4 halaman

Petisi Keadilan

Pada tanggal 15 Agustus, Masyarakat Iran menandatangani sebuah dekrit yang menindak tegas pakaian wanita dan menetapkan hukuman yang lebih berat bagi mereka yang melanggar aturan ketat tersebut, baik di depan umum maupun secara online.

Para wanita telah ditangkap di seluruh negeri setelah "hari jilbab dan kesucian" nasional dideklarasikan pada 12 Juli. Salah satu wanita itu adalah Sepideh Rashno, seorang penulis dan seniman yang dilaporkan dipukuli dan disiksa dalam tahanan sebelum membuat permintaan maaf secara paksa di televisi.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah melaporkan bahwa pasukan keamanan tambahan telah dikerahkan di luar rumah sakit Kasra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.