Sukses

PM Inggris Liz Truss Akan Bertemu Pemimpin Dunia Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II

Liz Truss akan bertemu sejumlah pemimpin dunia menjelang pemakaman Ratu pada Senin, termasuk Presiden Joe Biden.

Liputan6.com, London - Perdana Menteri Inggris Liz Truss akan bertemu sejumlah pemimpin dunia menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin, termasuk Presiden Joe Biden.

Perdana menteri akan mengadakan pembicaraan informal dengan pemimpin AS - dan para pemimpin Kanada, Polandia dan Irlandia - pada hari Minggu.

Dia akan bertemu rekan-rekannya dari Australia dan Selandia Baru pada hari Sabtu, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (17/9/2022).

Pemakaman hari Senin akan menjadi salah satu acara diplomatik terbesar dalam beberapa tahun terakhir, dengan sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing diperkirakan akan hadir.

Ini akan memberi Ms Truss kesempatan untuk bertemu rekan-rekan asing kurang dari dua minggu setelah menjabat.

Downing Street menambahkan bahwa pertemuan lebih lanjut yang akan berlangsung selama akhir pekan dapat diperbaiki pada hari Jumat nanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Perdana sebagai PM Inggris

Meskipun dia bertemu Biden ketika dia menjadi menteri luar negeri, pertemuan akhir pekan ini dengannya akan menjadi yang pertama bagi Truss sebagai perdana menteri Inggris.

No 10 mengatakan pertemuan itu akan berlangsung di Downing Street pada hari Minggu, bersama dengan pertemuan dengan Taoiseach Irlandia (Perdana Menteri) Micheál Martin, PM Kanada Justin Trudeau, dan Presiden Polandia Andrzej Duda.

Sebelum ini, Truss juga akan bertemu PM Australia Anthony Albanese dan PM Selandia Baru Jacinda Ardern pada hari Sabtu di Chevening, retret resmi negara menteri luar negeri di Kent.

Truss juga akan menghadiri Majelis Umum PBB di New York minggu depan, di mana pertemuan lebih lanjut dengan para pemimpin global diharapkan.

Downing Street mengatakan pembicaraan akhir pekan ini tidak akan menjadi pertemuan bilateral formal karena periode berkabung resmi selama 10 hari, yang berarti tidak akan ada akses media.

Media tidak akan menerima ringkasan diskusi seperti yang biasanya terjadi setelah pertemuan PM dengan para pemimpin asing, No 10 menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Tamu Pemakaman Ratu Elizabeth

Upacara pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey pada Senin diperkirakan akan dihadiri oleh ratusan pejabat asing, termasuk politisi dan bangsawan.

Suriah, Venezuela, Afghanistan, Myanmar, Rusia, dan Belarus belum diundang - sementara Iran, Korea Utara, dan Nikaragua telah diminta untuk hanya mengirim seorang diplomat senior.

Seorang pejabat tinggi dari China diperkirakan akan hadir, tetapi juru bicara kementerian luar negeri China mengatakan sebelumnya tidak ada keputusan yang dibuat.

Itu terjadi setelah delegasi pejabat China dilarang menghadiri negara bagian Ratu di Westminster Hall.

Menurut sumber parlemen, Ketua Commons Sir Lindsay Hoyle dipahami telah menolak permintaan akses atas sanksi China terhadap lima anggota parlemen dan dua rekannya.

Kantor Ketua House of Commons mengatakan kepada BBC bahwa mereka tidak mengomentari masalah keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.