Sukses

Ratu Elizabeth II Pulang ke Istana Buckingham, Putri Anne Setia Dampingi Sang Ibu

Putri Anne adalah anak perempuan satu-satunya Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II pulang untuk terakhir kalinya ke Istana Buckingham, London. Peti yang membawa Ratu Elizabeth II tiba pada Selasa malam (13/9) waktu setempat. 

Sebelumnya, peti mati Ratu Elizabeth II sempat dibawa ke katedral St. Giles di Edinburgh, Skotlandia. Para pangeran dan putri Inggris juga mengadakan vigil di katedral tersebut.

Berdasarkan tayangan Royal Family Channel di YouTube, peti mati Ratu Elizabeth II kemudian dibawa ke Bandara Edinburgh untuk diterbangkan ke Royal Airforce Northolt, London. 

Putri Anne (Princess Royal) menjadi satu-satunya anak Ratu Elizabeth II yang mendampingi ibunya di pesawat hingga tiba di Buckingham Palace. Sang putri didampingi suaminya, Sir Timothy Laurence. 

<p>Peti mati Ratu Elizabeth II di Skotlandia, momen sebelum diterbangkan ke London. Dok: YouTube/The Royal Family Channel</p><p>Putri Anne (Princess Royal) ikut naik ke pesawat yang mengantar Ratu Elizabeth II pulang ke Istana Buckingham, London. Dok: YouTube/The Royal Family Channel</p><p>Peti mati Ratu Elizabeth II di Skotlandia, momen sebelum diterbangkan ke London. Dok: YouTube/The Royal Family Channel</p>

Princess Royal terus mendampingi peti mati ibunya dalam iring-iringan mobil dari RAF Northolt menuju Buckingham Palace.

Ketika peti mati ibunya berada di katedral St. Giles, Edinburgh. Putri Anne juga ikut berjaga saat vigil bersama Raja Charles III, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Biasanya, tradisi vigil hanya dilaksanakan para pangeran.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiba di Istana Buckingham

Kedatangan iring-iringan peti mati Ratu Elizabeth II di Buckingham disambut oleh rakyat Inggris yang berkumpul pada Selasa malam (13/9/2022) waktu setempat. 

Rakyat yang menantikan momen tersebut bisa melihat jelas peti mati Ratu Elizabeth II lewat jendela mobil jenazahnya. Ada lima mobil hitam lainnya yang mengikuti mobil peti mati Ratu Elizabeth II ke dalam Istana Buckingham. 

"Segalanya sangat bermartabat," ujar seorang wanita paruh baya yang ikut menyaksikan prosesi tersebut kepada Royal Family Channel. Banyak warga berusaha mengabadikan momen langka ini dengan ponsel mereka.

Istana Buckingham adalah tempat tinggal Ratu Elizabeth II sejak ia menjadi ratu pada 1952. Ini menjadi kedatangan terakhir sang Ratu di istana tersebut. 

Sebelumnya, ribuan rakyat Skotlandia ikut mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II di jalanan Edinburgh. Peti mati Ratu Elizabeth II sedang berada di katedral St. Giles hingga Selasa siang 13 September 2022.

Ratu Elizabeth II adalah penguasa monarki dengan masa jabatan terlama di Britania Raya. Masa jabatannya melewati Ratu Victoria dan Ratu Elizabeth I.

3 dari 4 halaman

Dubes Inggris: Ratu Elizabeth II Sentuh Banyak Orang di Penjuru Dunia Termasuk Indonesia

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyampaikan apresiasi terhadap warga Indonesia, atas perhatian dan simpati setelah Ratu Elizabeth II meninggal. Ia juga menyempatkan diri melihat-lihat karangan bunga yang dikirimkan.

"Sebagaimana kami berduka, ada sebuah rasa nyaman yang nyata saat menerima banyak pesan-pesan dari para sahabat dan mitra dari penjuru Indonesia," ujar Dubes Inggris Owen Jenkins kepada media di luar kantor Kedubes Inggris, Senin (12/9).  

Lebih lanjut, Dubes Owen juga mengapresiasi ucapan dukacita yang berasal dari Presiden Joko Widodo. Ia pun menyorot bahwa Menteri Luar Negeri Inggris Retno Marsudi telah mengunjunginya pada pekan lalu. 

"Tidak hanya pemerintah Indonesia yang tersentuh oleh Yang Mulia, bunga-bunga di belakang saya dan sepanjang tembok kedutaan besar menunjukkan betapa dalam 70 tahun berkuasa, ia menyentuh orang-orang biasa di penjuru dunia dan penjuru kepulauan Indonesia," ujar Dubes Inggris Owen Jenkins.

Sebelumnya dilaporkan, ada karangan bunga dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Terlihat pula karangan bunga dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sebuah karangan bunga yang bertuliskan dari rakyat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Duka Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada usia 96 tahun. Jokowi mengatakan Elizabeth merupakan sosok ratu yang sangat dikagumi dan dicintai. 

"I am deeply saddened by the passing of Queen Elizabeth II, a widely admired and beloved queen," kata Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi, Jumat (9/9).

Jokowi turut mengunggah foto Ratu Elizabeth II. Ia pun menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Keluarga Kerajaan Inggris , pemerintah, dan rakyat Inggris.

"My deepest sympathy and heartfelt condolences to the Royal Family, the government, and the people of the UK," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia dikelilingi keluarga tercinta.

Mengutip BBC, Kamis 8 September 2022, bendera di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18.30.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.