Sukses

Bagaimana Polusi Udara dapat Memicu Kanker Paru-Paru? Ini Ungkap Studi Terbaru

Para ilmuwan menemukan petunjuk bagaimana polusi udara dapat memicu kanker paru-paru, bahkan pada orang yang tidak pernah merokok. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Paris - Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa polusi udara dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru pada orang yang tidak pernah merokok, tetapi penelitian baru menjelaskan satu mekanisme yang mungkin membantu memperjelas bagaimana caranya.

Temuan ini, mengutip CNN, Rabu (14/9/2022), yang dipresentasikan di Simposium Kepresidenan European Society for Medical Oncology di Paris, menyatakan bahwa polusi udara dapat memicu kanker paru-paru pada orang yang tidak memiliki riwayat merokok karena beberapa partikel polutan udara dapat mendorong perubahan sel di saluran udara.

Secara khusus, lebih banyak paparan partikel di udara atau partikel polusi - dengan diameter 2,5 mikrometer atau lebih kecil - dapat mendorong perubahan cepat pada sel-sel saluran napas yang memiliki mutasi pada gen yang disebut EGFR, dimana terlihat pada sekitar setengah dari penderita kanker paru-paru yang tidak pernah merokok, dan gen lainnya yang terkait dengan kanker paru-paru yang disebut KRAS, menurut penelitian tersebut, yang dilakukan oleh para ilmuwan di Francis Crick Institute di London dan lembaga lain di seluruh dunia.

"Kami menemukan bahwa mutasi pendorong dalam gen EGFR dan KRAS, yang umumnya ditemukan pada kanker paru-paru, sebenarnya ada di jaringan paru-paru normal dan kemungkinan merupakan konsekuensi dari penuaan," Charles Swanton, seorang ilmuwan di Francis Crick Institute dan kepala klinisi di Cancer Research UK.

"Dalam penelitian kami, mutasi-mutasi ini saja hanya berpotensi lemah memicu kanker dalam model laboratorium. Namun, ketika sel-sel paru-paru dengan mutasi ini terpapar polutan udara, kami melihat lebih banyak kanker dan ini terjadi lebih cepat daripada ketika sel-sel paru-paru dengan mutasi ini tidak terpapar polutan, menunjukkan bahwa polusi udara mendorong inisiasi kanker paru-paru pada sel-sel yang memiliki mutasi gen pendorong, " lanjutnya.

"Langkah selanjutnya adalah menemukan mengapa beberapa sel paru-paru dengan mutasi menjadi kanker ketika terpapar polutan sementara yang lain tidak."

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS, materi partikulat atau polusi partikel di udara adalah campuran partikel padat dan tetesan cairan.

Beberapa dipancarkan dalam bentuk kotoran, debu, jelaga atau asap, yang bisa berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara atau gas alam, mobil, pertanian, jalan yang belum diaspal dan lokasi konstruksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Para Peneliti

Para peneliti menganalisis data pada 463.679 orang untuk menemukan hubungan antara paparan polusi udara dan risiko kanker.

Partikel halus, dengan diameter 2,5 mikrometer (PM 2,5) atau lebih kecil, adalah polutan udara terkecil namun termasuk yang paling berbahaya. Ketika terhirup, polutan ini dapat melakukan perjalanan jauh ke dalam jaringan paru-paru, di mana mereka dapat memasuki aliran darah dan berkontribusi pada asma, penyakit kardiovaskular, dan penyakit pernapasan lainnya.

Sebagai bagian dari analisis mereka, para peneliti menemukan bahwa peningkatan kadar polutan udara pada PM 2,5 dikaitkan dengan peningkatan keseluruhan risiko kanker paru-paru non-sel kecil terkait EGFR di Inggris, Korea Selatan dan Taiwan.

Hingga 33% sampel jaringan paru-paru normal dalam penelitian ini menyimpan mutasi pendorong dalam EGFR dan KRAS, bahkan tanpa adanya kanker.

"Hal pertama adalah, kami melihat data epidemiologi seputar tingkat polusi udara dan risiko kanker paru-paru pada perokok yang tidak pernah merokok, menemukan korelasi yang baik di Inggris, Korea Selatan dan Taiwan," ungkap Swanton dalam sebuah video yang dirilis oleh European Society for Medical Oncology.

"Kedua, kami menggunakan model hewan untuk menunjukkan bahwa mengekspos tikus ke polusi - tikus-tikus ini rentan terhadap mutasi pada EGFR atau KRAS - kami melihat peningkatan dramatis dalam jumlah dan ukuran dan tingkat kanker pada tikus-tikus ini setelah terpapar polusi," jelasnya.

Para peneliti memeriksa 247 sampel jaringan paru-paru normal, dengan mencermati jaringan dari manusia dan tikus setelah terpapar polutan udara, kemudian menyelidiki konsekuensi dari paparan itu pada model tikus.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa paparan polusi udara pada tikus dan manusia menghasilkan sumbu inflamasi yang mengubah sel," ujar Swanton dalam video tersebut.

"Dan hanya jika sel induk itu memiliki mutasi EGFR maka tumor dimulai, Apa yang kami temukan melalui biopsi jaringan paru-paru normal adalah bahwa mutasi EGFR dan KRAS terjadi pada jaringan paru-paru normal di lebih dari 50% biopsi paru-paru normal, dan ini terjadi seiring dengan penuaan." tuturnya.

3 dari 4 halaman

Membatasi Paparan Polusi

Mutasi pada gen EGFR dan KRAS ini "mungkin menjadi alasan mengapa populasi bukan perokok akhirnya terkena kanker paru-paru. Itu sudah menjadi pertanyaan yang kami miliki selama beberapa tahun: Mengapa individu, yang dinyatakan sehat, tanpa hubungan dengan perokok pasif atau perokok primer masih mengembangkan kanker paru-paru?" Albert Rizzo, kepala petugas medis untuk American Lung Association, mengatakan kepada CNN.

"Jadi kita tahu bahwa polusi udara terdaftar sebagai karsinogen beberapa tahun yang lalu oleh Organisasi Kesehatan Dunia, dan saya pikir penelitian ini hanya menambah bukti bahwa itu menjadi mekanisme tertentu untuk partikel PM 2.5 yang mengarah pada perkembangan kanker paru-paru pada populasi ini," ucap Rizzo, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Kita harus benar-benar memastikan bahwa kita membatasi paparan PM sebanyak mungkin, kita tidak memiliki banyak kendali atas genetika kita saat ini, tetapi kita dapat mengendalikan polusi udara." tambahnya. 

Partikel di udara secara langsung berdampak pada kesehatan manusia, penelitian telah menemukan bahwa paparan polusi udara PM 2.5 dapat dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih rendah dan peningkatan risiko serangan jantung, di antara masalah kesehatan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Banyak Kematian Dini Diakibatkan Polusi Udara

Satu studi, yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences pada tahun 2019, memperkirakan bahwa materi partikulat udara bertanggung jawab atas 107.000 kematian dini di Amerika Serikat pada tahun 2011, yang merugikan masyarakat sebesar $886 miliar atau sekitar Rp 13 kuadriliun.

"Partikel yang sama di udara yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, yang memperburuk perubahan iklim, secara langsung berdampak pada kesehatan manusia melalui mekanisme penyebab kanker yang penting dan sebelumnya terabaikan dalam sel paru-paru," kata Swanton dalam rilis berita.

"Risiko kanker paru-paru akibat polusi udara lebih rendah daripada merokok, tetapi kita tidak memiliki kendali atas apa yang kita semua hirup," ungkapnya.

"Secara global, lebih banyak orang terpapar tingkat polusi udara yang tidak aman daripada bahan kimia beracun dalam asap rokok, dan data baru ini menghubungkan pentingnya mengatasi kesehatan iklim untuk meningkatkan kesehatan manusia." tambahnya

Penelitian baru ini menunjukkan bahwa, alih-alih menyebabkan mutasi dalam sel yang menyebabkan kanker, polutan PM 2.5 di udara dapat mengaktifkan mutasi yang ada, menurut Richard Smith, ketua Aliansi Kesehatan Inggris tentang Perubahan Iklim, menulis dalam sebuah artikel opini di jurnal medis BMJ.

"Mekanisme ini mungkin penting dalam kanker lain dengan karsinogen selain polusi udara," tulis Smith.

"Polusi udara yang tidak terlihat saat ini harus berkontribusi pada kegagalan kita untuk memberikan perhatian yang layak, tetapi akar dari pengabaian obat-obatan terhadap polusi udara harus terletak pada faktor yang saling terkait dari perasaan bahwa tidak ada yang dapat dilakukan dokter tentang polusi udara dan kegagalan pendidikan dokter," jelasnya.

"Ada saran yang dapat ditawarkan dokter kepada individu - mengenali pentingnya udara yang tercemar, mengurangi polusi internal di rumah, mengakses informasi tentang polusi udara lokal, mengubah rute perjalanan, menghindari hari-hari yang sangat beracun, dan bahkan mungkin berkontribusi untuk mengurangi masalah dengan mengemudi lebih sedikit atau tidak sama sekali - tetapi respons yang diperlukan adalah tindakan politik di tingkat lokal, nasional, dan global." tambah Smith.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.