Sukses

Hari Libur Pemakaman Ratu Elizabeth II Bikin Inggris di Ambang Masalah Ekonomi Serius

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth ternyata membuat ekonomi Inggris memburuk.

Liputan6.com, London- Data menunjukkan pada Juli 2022, perekonomian Inggris terancam resesi rebound. Inggris akan menerima dampak ekonomi lebih lanjut khususnya dari pemakaman Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022.

Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan, produk domestik bruto Inggris meningkat 0,2 persen setelah menurun 0,6 persen pada Juni, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (13/9/2022).

Penurunan besar pada Juni itu sebagiannya dikaitkan dengan adanya hari libur umum tambahan untuk Jubilee Platinum Ratu yang menandai 70 tahun takhtanya sebelum ia meninggal. Hari libur umum lainnya dijadwalkan pada Senin 19 September, untuk pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

"Pantulan lemah 0,2 persen pada Juli didorong oleh PDB yang lemah pada Juni sebagian karena hilangnya hari kerja dari akhir pekan panjang Jubilee," ungkap Yael Selfin, Kepala Ekonom di KPMG Inggris.

"Lebih memprihatinkan lagi, PDB bulan Juli tetap di bawah level yang terlihat pada bulan Mei, yang menunjukkan terjadinya kontraksi secara keseluruhan selama dua bulan pertama musim panas."

Inggris biasanya hanya memiliki satu hari libur umum di awal musim panas tetapi jumlahnya digandakan untuk Jubilee. Waktu libur kerja bagi jutaan warga Inggris pada Senin 19 September membuat perekonomian akan memiliki dua hari libur umum lebih banyak dari biasanya pada 2022.

Bank of England (BoE) memperkirakan ekonomi Inggris akan memasuki resesi sebelum akhir tahun karena inflasi yang tinggi selama beberapa dekade yang dipicu oleh lonjakan tagihan energi dan makanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemakaman Kenegaraan Membuat Ekonomi Inggris Memburuk

"Ke depan, hari libur tambahan untuk pemakaman ratu pada 19 September berpotensi lebih merugikan bagi perekonomian daripada hari libur tambahan untuk Jubilee pada bulan Juni," Samuel Tombs, kepala ekonom Inggris di Pantheon Macroeconomics, mengatakan setelah data hari Senin keluar.

"Konon, banyak bisnis akan dapat mengejar ketertinggalan pekerjaan, seperti yang dilakukan sebagian besar dari mereka pada bulan Juni."

Pantheon memprediksi pemakaman akan menyentuh PDB September sebesar 0,2 persen.

"Itu menunjukkan bahwa resesi teknis -yang secara luas didefinisikan sebagai dua kuartal penurunan PDB- tergantung pada keseimbangan."

BoE memperkirakan inflasi Inggris -yang sudah berada pada level di atas 10 persen selama 40 tahun- akan terus melonjak pada 2022.

Dalam upaya untuk mengendalikan harga yang tak terkendali, bank sentral telah menaikkan suku bunga utamanya beberapa kali sejak akhir tahun lalu.

Pengetatan lebih lanjut atas biaya pinjaman telah ditentukan pada pertemuan BoE minggu ini tetapi pertemuan kebijakan moneter terbarunya terpaksa ditunda hingga usai pemakaman.

Para pelayat hari Senin 19 September mendapatkan kesempatan pertama untuk memberikan penghormatan di depan peti mati Ratu Elizabeth II, saat peti mati itu terletak di katedral Edinburgh di mana penerus Raja Charles III akan melakukan penjagaan.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Terakhir Ratu Elizabeth II, Persemayaman hingga Pemakaman

Ratu Inggris Elizabeth II akan memulai perjalanan terakhirnya di hari Minggu dan diperkirakan akan ada ribuan rakyatnya yang akan berbaris di sepanjang rute perjalanan peti matinya dari Skotlandia, tempat di mana ia meninggal.

Keberangkatan peti ratu dari Kastil Balmoral ke Edinburgh menandai dimulainya masa berkabung nasional yang puncaknya pada pemakaman kenegaraan di London pada 19 September.

Perjalanan jasad Ratu Elizabeth II dimulai sehari setelah putranya Charles III secara resmi diproklamirkan sebagai raja, dan setelah cucu-cucunya yang sempat berseteru, William dan Harry, serta istri mereka, Kate dan Meghan, bertemu kembali secara singkat.

Sebuah mobil jenazah yang membawa peti mati raja terlama di Inggris ini akan melakukan perjalanan selama enam jam melalui kota-kota di Skotlandia sebelum tiba di Edinburgh, di mana peti jenazah akan beristirahat selama dua hari agar rakyat dapat memberikan penghormatan terakhirnya, seperti dikutip dari laman The Times of Israel, Minggu (11/9/2022)

Raja sendiri kemudian akan melakukan perjalanan ke Edinburgh pada hari Senin untuk layanan doa, sebelum tubuh ratu, yang meninggal di Balmoral pada hari Kamis di usia 96 tahun, diterbangkan ke ibukota pada hari Selasa.

Sebelum dimakamkan, jasad Ratu Elizabeth akan terlebih dahulu ditempatkan di tempat kenegaraan selama empat hari dan diperkirakan akan menarik setidaknya satu juta orang.

"Kita hidup dalam sejarah sekarang," kata Laura Burns, 49, yang berencana untuk mencoba melihat peti mati ratu yang lewat di Edinburgh setelah datang ke kota itu karena putranya mulai kuliah.

"Ini adalah suasana yang sangat terhormat," katanya kepada AFP.

4 dari 4 halaman

Hal Langka Demi Mendiang Ratu

Sementara aksesi Charles telah membawa Inggris ke dalam apa yang disebut surat kabar sebagai era "Carolean" baru, Inggris dan keluarga kerajaan masih berdamai dengan berakhirnya era Elizabethan.

Pangeran William memecah keheningannya dengan penghormatan emosional kepada "Grannie" tercinta pada hari Sabtu.

"Dia berada di sisiku pada saat-saat paling bahagia. Dan dia berada di sisiku selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidupku," kata William, yang kini telah menjadi Pangeran Wales.

Namun kematian sang ratu juga menghadirkan kejutan yang menunjukkan sebuah persatuan dari William, 40 , dan adik laki-lakinya, Harry, 37, ketika mereka muncul bersama istri mereka untuk berbicara dengan simpatisan di luar Kastil Windsor, dekat London.

Pemandangan kedua pasangan yang hampir tidak pernah bertemu sejak 2020, kemungkinan akan memicu banyak rumor tentang rekonsiliasi, bahkan jika mereka berpisah untuk berbicara dan berjabat tangan dengan sisi yang berbeda dari kerumunan orang yang bersorak-sorai.

Foto keempat bangsawan itu disebarkan di bagian depan surat kabar The Sun pada hari Minggu dengan tajuk utama "All 4 One."

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.