Sukses

Kisah Rick Rescorla, Pria Penyelamat Hampir 2.700 Nyawa pada Serangan Teroris 9/11

Inilah sosok pahlawan yang menyelamatkan hampir 2.700 nyawa pada tragedi 11 September 2001

Liputan6.com, Jakarta 21 tahun lalu, 19 teroris membajak empat pesawat komersial. Para teroris itu kemudian dengan sengaja menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar di World Trade Center (WTC) Amerika Serikat.

Mereka menerbangkan pesawat ketiga ke Pentagon dan menabrakkan pesawat keempat ke sebuah lapangan di Pennsylvania setelah orang-orang di pesawat melakukan serangan balik terhadap mereka.

Hampir 3.000 orang tewas pada 11 September 2001 dalam tragedi 9/11. Korban jiwa terbesar akibat serangan asing di tanah Amerika terjadi di tangan al-Qaeda.

Di balik tragedi itu, ada kisah tentang seorang pahlawan Amerika sejati, seorang pria yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan hampir 2.700 orang lainnya, memangkas jumlah korban tewas hampir setengahnya.

Dikutip dari laman NewsNation, Selasa (13/09/2022), dia adalah Rick Rescorla yang bekerja sebagai kepala keamanan untuk Morgan Stanley di Menara Selatan WTC. Veteran Vietnam berusia 62 tahun ini berjuang untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan di tempatnya bekerja, terutama setelah pengeboman teroris pada 1993 di ruang bawah tanah Menara Utara WTC yang menewaskan enam orang.

Sejak saat itu, Rick selalu khawatir akan ada serangan lain dan menduga World Trade Center menjadi target. Itu sebabnya dia bersikeras agar para pekerja Morgan Stanley melakukan latihan melarikan diri secara teratur. 

Atas arahan Rick, Bill McMahon adalah salah satu karyawan yang berlatih bergerak cepat turun dari lantai 22 di Menara Selatan. "Dia yakin bahwa ini akan terjadi lagi. Dia hanya tidak tahu bagaimana caranya, tetapi dia tahu sesuatu akan terjadi," kata Bill McMahon. 

"Rick hanya fokus seperti laser untuk memastikan semua orang tahu apa yang harus dilakukan jika sesuatu terjadi, yaitu pergi ke tangga darurat, keluar dari gedung, titik. Itu saja. Keluar saja dari situ. Jangan naik, turun, keluar dari gedung."

Rick telah memperingatkan istrinya, Susan, tentang perasaan yang dia miliki bahwa sesuatu akan terjadi, seolah-olah dia bisa merasakannya.  Berbulan-bulan sebelum serangan, dia mengatakan memiliki firasat seperti akan terjadi serangan lain.

"Dia mencoba memberitahu saya bahwa dia berpikir sesuatu akan terjadi," kata Susan. "Dan dia ingin memberi tahu saya apa yang dia ingin saya lakukan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memimpin Hampir 2.700 Pekerja Keluar Gedung

Maju cepat ke 11 September 2001, bencana melanda ketika dua menara World Trade Center ditabrak, ribuan orang berlarian menyelamatkan diri yang kita ketahui sekarang adalah serangan teroris. McMahon sedang berada di kantor Morgan Stanley di lantai 44 Menara Selatan ketika dia menyadari sebuah pesawat menghantam gedung mereka.

"Itu menghancurkan semua lift. Semua pintu meledak dan menjatuhkan kami semua. Tidak terlalu terlihat ketika Anda menontonnya di TV, tetapi ketika Anda berada di dalam gedung, gedung itu benar-benar bergerak maju mundur," kata McMahon. 

"Itu bergerak maju mundur, dan akhirnya berhenti. Kemudian semua orang menyadari pada saat itu, bahwa inilah saatnya untuk keluar."

Di tengah kekacauan, Rick mengambil megaphone-nya seperti yang telah ia lakukan berkali-kali sebelumnya. Dan meskipun menerima instruksi resmi untuk tetap di tempat, dia menolak dan mengatakan kepada para pekerja untuk mengikuti rencana evakuasi. 

Dia memimpin hampir 2.700 pekerja keluar dari gedung. Saat mereka menuruni tangga, McMahon mengatakan Rescorla menyanyikan lagu-lagu, membuat semua orang tetap tenang.

"Dia mengatakan kepada semua orang untuk tenang, semua orang akan baik-baik saja. Anda tahu, itulah yang dia lakukan, bukan? Untuk menenangkan semua orang. Ia melakukan pekerjaan yang fenomenal dengan itu dan terus melakukan itu," kata McMahon. 

"Lalu, kami keluar dari gedung. Kami berada sekitar empat atau lima blok jauhnya saat gedung itu runtuh."

3 dari 4 halaman

Percakapan Terakhir

Setelah mereka semua dievakuasi, Rick memutuskan untuk kembali masuk dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

"Rick berkata, 'Anda tahu apa, saya harus naik sekarang dan menyapu lantai dan memastikan bahwa semua orang keluar dari gedung,'" kata McMahon.

Rick kembali naik bersama petugas pemadam kebakaran karena dia ingin memastikan bahwa semua orang di lantai atas sudah keluar. Itu adalah terakhir kalinya ada orang yang dilaporkan melihat Rescorla hidup-hidup.

Dia berada di puncak gedung, masih berusaha melakukan evakuasi, ketika United Airlines Penerbangan 175 menghantam Menara Selatan, yang mendorongnya untuk runtuh.

Istri Rick mengingat percakapan terakhir mereka. "Tepat sebelum menara runtuh, dia menelepon saya dan dia berkata kepada saya, 'Jika sesuatu terjadi pada saya, saya hanya ingin Anda tahu bahwa Anda telah membuat saya hidup,'" Susan menceritakan.

Susan menerima telepon dari sahabat Rick yang menyuruhnya untuk menyalakan televisi. "Dan saat itulah saya melihat semuanya runtuh," katanya.

Susan mengatakan, dia pikir dia sudah siap, tetapi ketika menara-menara itu runtuh, rasa kehilangan itu tak tertahankan.

4 dari 4 halaman

Menyelamatkan Hampir 2.700 Orang

Rick tidak berhasil keluar dari gedung, tetapi karena dia, hampir 2.700 orang berhasil keluar.

Namun, McMahon mengatakan bahwa mengetahui Rick, jika dia berhasil keluar dari menara berarti orang lain tidak berhasil, dia tidak akan menginginkannya dengan cara lain.

"Rick hanyalah pahlawan Amerika sejati," kata McMahon. "Rick menyelamatkan nyawa 2.500 orang. Dia menyentuh kehidupan banyak orang. Saya pikir satu-satunya hal yang akan saya katakan tentang Rick adalah bahwa itu adalah panggilan baginya. Dia ingin membuat perbedaan dalam kehidupan orang-orang, dan dia melakukannya."

Ini adalah sesuatu yang Susan harapkan untuk dilanjutkan untuk mengenangnya. Sejak serangan itu, Susan telah melakukan perjalanan, mendapatkan perspektif dari seluruh dunia tentang apa yang dipikirkan orang tentang serangan teroris 11 September. 

Dia ingin memastikan tidak ada yang lupa tentang apa yang terjadi di Amerika pada pagi hari di bulan September itu. Dia menjelaskan bahwa itu adalah caranya mengatasi rasa sakit.

Susan mengatakan bahwa dia tidak akan pernah lupa, dan bahwa dia akan mencintai Rick selama sisa hidupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.