Menlu AS Antony Blinken Sebut Ukraina Maju Signifikan dalam Upaya Serang Rusia Balik

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 13 Sep 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 12:00 WIB
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)
Perbesar
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)

Liputan6.com, Kiev - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Senin (12 September) bahwa serangan balasan Ukraina terhadap militer Rusia masih sangat dini, tetapi pasukan Ukraina telah membuat "kemajuan yang signifikan."

Dilansir Channel News Asia, Selasa (13/9/2022), Blinken, yang tengah berada di Meksiko untuk pembicaraan ekonomi, dimintai penilaiannya tentang perkembangan terakhir di Ukraina.

Pasukan Ukraina telah merebut kembali lusinan kota dalam beberapa hari terakhir, setelah Moskow meninggalkan benteng utamanya di timur laut Ukraina pada hari Sabtu yang menandai kekalahan terburuknya sejak hari-hari awal perang.

"Apa yang telah mereka lakukan direncanakan dengan sangat metodis dan tentu saja itu diuntungkan dari dukungan signifikan dari Amerika Serikat dan banyak negara lain dalam hal memastikan bahwa Ukraina memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk menuntut serangan balasan ini," kata Blinken selama konferensi pers di Mexico City.

Blinken mengatakan konflik Ukraina kemungkinan akan berlanjut untuk beberapa waktu karena Rusia masih memiliki kekuatan dan senjata yang sangat signifikan di Ukraina yang masih digunakan "tanpa pandang bulu" terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil.

"Rusia melakukan agresi ini. Saya pikir mengingat harga yang harus dibayarnya, ia dapat dan harus menghentikannya," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Soal Kesepakatan Nuklir

Pasukan Ukraina menyerang pasukan Rusia dari Kharkiv. (AP)
Perbesar
Pasukan Ukraina menyerang pasukan Rusia dari Kharkiv. (AP)

Blinken juga mengatakan tanggapan Iran terhadap proposal Uni Eropa tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 membuat prospek kesepakatan dalam waktu dekat tidak mungkin.

"Saya tidak bisa memberi Anda batas waktu kecuali untuk mengatakan, sekali lagi, bahwa Iran tampaknya tidak mau atau tidak mampu melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan."


Serangan Balik oleh Ukraina

Korban Perang Ukraina Terlihat dalam Gambar dan Air Mata
Perbesar
Relawan Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina membantu seorang perempuan menyeberang jalan di Kharkiv, 16 Maret 2022. Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-21. Berbagai upaya negosiasi menuju kompromi telah dilakukan demi menuju perdamaian di antara kedua belah pihak. (AP Photo/Andrew Marienko)

Tentara Rusia telah menarik diri dari kota-kota utama di timur, sementara serangan balasan Ukraina yang cepat membuat keuntungan lebih besar.

Para pejabat Ukraina mengatakan pasukan memasuki Kupiansk, pusat pasokan penting di timur untuk pasukan Rusia, pada hari Sabtu.

Kementerian pertahanan Rusia kemudian menjelaskan bahwa pasukannya telah mundur dari Izyum di dekatnya untuk memungkinkan mereka "berkumpul kembali".

Kementerian juga membenarkan penarikan pasukan dari kota kunci ketiga, Balaklyia, untuk "memperkuat upaya" di front Donetsk.

Kemajuan Ukraina  jika bertahan akan menjadi yang paling signifikan sejak Rusia menarik diri dari daerah-daerah di sekitar Kyiv pada bulan April.

Dalam pidato video malamnya pada hari Sabtu, Presiden Volodymyr Zelensky mengklaim bahwa Ukraina sekarang telah membebaskan 2.000 km persegi (700 mil persegi) dari Rusia sejak memulai serangan balasan baru awal bulan ini.


Perebutan Wilayah Kembali

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kunjungan ke garis depan wilayah Odesa dan Mykolaiv.
Perbesar
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kunjungan ke garis depan wilayah Odesa dan Mykolaiv.  Dok: Situs resmi Presiden Ukraina.

Klaimnya mengindikasikan bahwa separuh dari wilayah itu telah direbut kembali dalam 48 jam terakhir saja - karena itu dua kali lipat dari luas wilayah yang dikatakan Zelensky telah dibebaskan ketika ia berbicara pada Kamis malam.

Pengakuan Rusia tentang penarikan diri dari Izyum sangat penting karena itu adalah pusat militer utama bagi Moskow.

"Operasi tiga hari dilakukan pada penarikan dan pemindahan terorganisir dari kelompok pasukan Izyum-Balakliya ke wilayah Republik Rakyat Donetsk," kata pernyataan Rusia.

"Untuk mencegah kerusakan pada pasukan Rusia, kekalahan tembakan yang kuat ditimbulkan pada musuh."

Selengkapnya di sini...

Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya