Sukses

13 September 1993: Perjanjian Damai Israel-Palestina Diteken

Setelah puluhan tahun perselisihan wilayah, pada 13 September 1993 perwakilan Israel dan Palestina menandatangani sebuah kesepakatan perdamaian di South Lawn Gedung Putih.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Setelah puluhan tahun permusuhan, perwakilan Israel dan Palestina bertemu di South Lawn Gedung Putih dan menandatangani sebuah kesepakatan perdamaian. Tepat pada 13 September 1993.

"Declaration of Principles" adalah kesepakatan pertama antara Israel dan Palestina untuk mengakhiri konflik mereka dan berbagi wilayah suci di antara Sungai Yordan dan Laut Mediterania yang mereka klaim sebagai tanah air mereka.

Pertempuran antara orang Yahudi dan Arab di Palestina dimulai sejak tahun 1920-an ketika kedua kelompok mengklaim wilayah mereka yang dikuasai Inggris. Orang-orang Yahudi adalah Zionis, emigran baru dari Eropa dan Rusia yang datang ke tanah air kuno Yahudi untuk mendirikan negara kebangsaan Yahudi.

Penduduk asli Arab (mereka belum menyebut diri mereka sebagai orang Palestina) berusaha untuk membendung imigrasi Yahudi dan mendirikan negara Palestina sekuler.

Pada tanggal 14 Mei 1948, Negara Israel diproklamasikan, dan lima negara Arab menyerang untuk mendukung Arab Palestina. Israel melawan tentara Arab dan merebut wilayah substansial yang awalnya dialokasikan untuk orang-orang Arab dalam partisi PBB tahun 1947 tentang Palestina.

Setelah dua gencatan senjata yang ditengahi PBB berturut-turut, Negara Israel mencapai perjanjian gencatan senjata formal dengan Mesir, Lebanon, Yordania, dan Suriah pada Februari 1949. Perjanjian-perjanjian ini membuat Israel tetap memegang kendali permanen atas wilayah yang telah ditaklukkannya selama konflik.

Kepergian ratusan ribu orang Arab Palestina dari Israel selama perang, meninggalkan negara itu dengan mayoritas Yahudi yang substansial. Israel membatasi hak-hak orang Arab yang tetap tinggal. Sebagian besar orang Arab Palestina yang meninggalkan wilayah Israel mundur ke tepi barat, kemudian dikendalikan oleh Transyordania (sekarang Yordania), dan yang lainnya ke Jalur Gaza, yang dikendalikan oleh Mesir. Ratusan ribu orang Palestina yang diasingkan pindah secara permanen ke tempat pengungsian.

Pada awal 1960-an, diaspora Arab Palestina telah membentuk identitas nasional yang terpadu. Pada tahun 1964, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dibentuk sebagai organisasi payung politik untuk beberapa kelompok Palestina dan dimaksudkan untuk mewakili semua rakyat Palestina. PLO menyerukan penghancuran Negara Israel dan pendirian negara Palestina merdeka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persyaratan Keamanan Israel

Dalam Perang Enam Hari tahun 1967, Israel merebut kendali atas wilayah tepi barat, Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Semenanjung Sinai, dan Dataran Tinggi Golan. Israel secara permanen mengambil alih Yerusalem Timur dan mendirikan administrasi militer di wilayah-wilayah yang diduduki. Meskipun Israel menawarkan untuk mengembalikan beberapa wilayah yang dirampas sebagai imbalan atas "persyaratan keamanan Israel," Liga Arab memilih untuk tidak melakukan negosiasi formal dalam Resolusi Khartoum pada 1 September 1967.

Sinai kemudian dikembalikan ke Mesir pada tahun 1979 sebagai bagian dari perjanjian damai Israel-Mesir, tetapi sisa wilayah yang diduduki tetap berada di bawah kendali Israel. Sebuah pihak dari Israel menyerukan penetapan wilayah-wilayah ini secara permanen, dan pada akhir tahun 1970-an para pemukim Yahudi nasionalis pindah ke wilayah-wilayah tersebut sebagai cara untuk mencapai tujuan ini.

Setelah perang tahun 1967, PLO diakui sebagai simbol gerakan nasional Palestina, dan Ketua PLO, Yasser Arafat mengorganisasikan serangan gerilya terhadap Israel dari pangkalan-pangkalan PLO di Yordania dan, setelah tahun 1971, dari Lebanon.

PLO juga mengkoordinasikan serangan teroris terhadap warga Israel di dalam dan luar negeri. Aktivitas gerilya dan teroris Palestina memicu pembalasan besar-besaran dari angkatan bersenjata dan dinas intelijen Israel. Pada akhir tahun 1970-an, Arafat telah memenangkan penerimaan internasional terhadap PLO sebagai wakil sah rakyat Palestina.

Pasukan Mesir dan Suriah melancarkan serangan terhadap Israel pada Yom Kippur tahun 1973 dalam upaya untuk mendapatkan kembali tanah yang hilang selama perang Arab-Israel ketiga. Gencatan senjata mulai berlaku pada 25 Oktober 1973.

 

3 dari 4 halaman

Perjanjian Camp David

Pada tanggal 17 September 1978, setelah hampir dua minggu negosiasi rahasia di Camp David, Sadat dan Perdana Menteri Israel, Menachem Begin, menandatangani Perjanjian Camp David - perjanjian perdamaian pertama antara Israel dan salah satu tetangga Arabnya. Kesepakatan ini berusaha untuk membangun kerangka kerja untuk perdamaian di Timur Tengah, dan kedua negara setuju untuk berbagi Hadiah Nobel Perdamaian untuk tahun 1978 sebagai bagian dari perjanjian tersebut. Peristiwa-peristiwa ini pada akhirnya menyebabkan pembunuhan Sadat pada tanggal 6 Oktober 1981 oleh radikal Islam.

Kekerasan meningkat pada tahun 1980-an, dengan orang-orang Palestina berselisih dengan para pemukim Yahudi di wilayah-wilayah jajahan. Pada tahun 1982, Israel menginvasi Lebanon untuk mengusir PLO. Pada tahun 1987, penduduk Palestina di Gaza dan Tepi Barat melancarkan serangkaian demonstrasi kekerasan terhadap otoritas Israel yang dikenal sebagai intifada, atau "goncangan".

Tak lama setelah itu, Raja Yordania Hussein melepaskan semua tanggung jawab administratif untuk Tepi Barat, sehingga memperkuat pengaruh PLO di sana. Ketika intifada berkecamuk, Yasser Arafat memproklamasikan negara Palestina merdeka di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 15 November 1988. Satu bulan kemudian, dia mengecam terorisme, mengakui hak eksistensi Negara Israel, dan mengesahkan dimulainya negosiasi "tanah-untuk-damai" dengan Israel.

Israel menolak untuk membuka pembicaraan langsung dengan PLO, tetapi pada tahun 1991 para diplomat Israel bertemu dengan delegasi gabungan Yordania-Palestina pada konferensi perdamaian Madrid. Pada tahun 1992, pemimpin Partai Buruh Yitzhak Rabin menjadi perdana menteri Israel, dan dia bersumpah untuk bergerak cepat dalam proses perdamaian.

Dia membekukan pemukiman baru Israel di wilayah pendudukan dan mengesahkan negosiasi rahasia antara Israel dan PLO yang dimulai pada Januari 1993 di Oslo, Norwegia. Perundingan ini menghasilkan beberapa kesepakatan kunci dan berujung pada perjanjian damai bersejarah pada 13 September 1993.

 

4 dari 4 halaman

Perdamaian

Di South Lawn Gedung Putih pada hari itu, Menteri Luar Negeri Israel Shimon Peres dan pejabat kebijakan luar negeri PLO Mahmoud Abbas menandatangani Deklarasi Prinsip-prinsip tentang Pengaturan Pemerintahan Sendiri Sementara.

Kesepakatan itu menyerukan penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza dan Kota Jericho di Tepi Barat, serta pembentukan pemerintahan Palestina yang pada akhirnya akan diberikan otoritas atas sebagian besar Tepi Barat. Presiden Bill Clinton memimpin upacara tersebut, dan lebih dari 3.000 penonton, termasuk mantan presiden George Bush dan Jimmy Carter, menyaksikan dengan takjub saat Arafat dan Rabin menyegel perjanjian dengan jabat tangan.

Musuh bebuyutan lama itu telah bertemu untuk pertama kalinya di resepsi Gedung Putih pagi itu.

Dalam sambutannya, Rabin, seorang mantan jenderal tinggi militer Israel, mengatakan kepada orang banyak: "Kami para tentara yang telah kembali dari pertempuran yang berlumuran darah; kami yang telah melihat kerabat dan teman-teman kami terbunuh di depan mata kami; kami yang telah berperang melawan Anda, orang-orang Palestina; kami katakan kepada Anda hari ini dengan suara yang keras dan jelas: Cukup sudah darah dan air mata. Cukup!"

Dan Arafat, pemimpin gerilya yang selama beberapa dekade menjadi target pembunuhan oleh agen-agen Israel, menyatakan bahwa "Pertempuran untuk perdamaian adalah pertempuran yang paling sulit dalam hidup kita. Ini layak mendapatkan upaya maksimal kita karena tanah perdamaian merindukan perdamaian yang adil dan komprehensif."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.