Sukses

Lockdown COVID-19 Berkepanjangan di China, Masyarakat Mulai Kekurangan Pasokan Makanan

Lockdown berkepanjangan di China mendorong kurangnya pasokan makanan.

Liputan6.com, Beijing - Warga di bawah lockdown akibat COVID-19 di daerah-daerah di seluruh China mengeluhkan kekurangan makanan dan barang-barang penting.

Dilansir BBC, Senin (12/9/2022), puluhan juta orang di setidaknya 30 wilayah telah diperintahkan untuk tinggal di rumah di bawah lockdown sebagian atau penuh.

"Sudah 15 hari, kami kehabisan tepung, beras, telur. Dari beberapa hari yang lalu, kami kehabisan susu untuk anak-anak," kata seorang warga di Xinjiang barat.

Pihak berwenang berjuang untuk menahan wabah lokal menjelang kongres Partai Komunis pada bulan Oktober. Kebijakan nol-COVID China membutuhkan lockdown yang ketat - bahkan jika hanya beberapa kasus yang dilaporkan. 

Pada Senin kemarin, China mencatat 949 kasus baru COVID-19 di seluruh negeri.Kebijakan tersebut telah memicu perbedaan pendapat publik yang jarang terjadi dari warga negara dan juga dituduh menghambat pertumbuhan ekonomi.

Di Xinjiang, lockdown selama berminggu-minggu di Prefektur Otonomi Ili Kazakh dekat perbatasan dengan Kazakhstan telah membuat penduduk yang putus asa meminta bantuan di media sosial.

Satu postingan menunjukkan video seorang pria Uyghur yang diliputi emosi, mengatakan ketiga anaknya belum makan selama tiga hari.

Di Kota Yining, ibu kota Ili, sebuah dokumen online bersama dengan lebih dari 300 permintaan mendesak untuk makanan, obat-obatan, dan pembalut beredar luas.

"Saya kehabisan uang untuk membeli perbekalan. Istri saya hamil dan kami punya dua anak. Kami kehabisan bensin. Istri saya perlu cek kesehatan," kata warga lainnya.

Wilayah ini memiliki populasi campuran penduduk China Han, Kazakh, dan Uyghur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus di Xinjiang

Sementara itu, awal bulan ini sebuah laporan PBB yang telah lama ditunggu-tunggu menuduh China melakukan "pelanggaran hak asasi manusia yang serius" terhadap Uyghur dan minoritas Muslim lainnya di Xinjiang. 

Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa lebih dari satu juta orang Uyghur telah ditahan di luar kehendak mereka. Beijing mengatakan jaringan kampnya adalah alat untuk memerangi terorisme. 

Di provinsi Guizhou barat daya, pihak berwenang mengunci area ibu kota provinsi Guiyang tanpa peringatan, membuat 500.000 penduduk terdampar di rumah tanpa ada kesempatan untuk bersiap.

Lift dimatikan di gedung-gedung untuk menghentikan orang pergi, surat kabar Guardian melaporkan.

"Kami tidak bisa membeli barang secara online karena tidak bisa dikirim dan supermarket tutup. Apakah pemerintah memperlakukan kami seperti binatang, atau mereka hanya ingin kami mati?" tanya salah satu pengguna di platform microblogging Weibo, dikutip dari Guardian.

3 dari 4 halaman

Kondisi di Chengdu

Sementara itu Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan, adalah kota terbesar yang dikunci sejak Shanghai mengalami pembatasan selama dua bulan awal tahun ini.

21 juta orangnya telah dilarang memasuki atau meninggalkan kota, dengan hanya penduduk yang dapat menunjukkan bukti tes Covid negatif yang diizinkan untuk membeli kebutuhan.

Ini menyusul gelombang panas besar di wilayah tersebut dan gempa bumi awal bulan ini yang menyebabkan penduduk berusaha melarikan diri dari rumah mereka karena dihadapkan dengan pintu keluar yang terkunci.

Pejabat kota mengatakan mereka berencana untuk mencabut pembatasan di lima wilayah kota mulai Senin.

4 dari 4 halaman

Lockdown

Beberapa lockdown yang diperpanjang datang menjelang Kongres Partai Nasional pada pertengahan Oktober - acara sekali dalam lima tahun yang akan melihat anggota politik terkemuka berkumpul untuk pertama kalinya sejak pandemi melanda.

Pejabat partai berada di bawah tekanan besar untuk memastikan acara berjalan lancar, dan bahkan kelompok kecil COVID-19 dianggap sebagai ancaman.

Pada hari Senin, media China mengatakan sejumlah kecil kasus terdeteksi di kampus-kampus di Beijing ketika mahasiswa kembali dari provinsi lain.

Ini adalah ekonomi besar terakhir di dunia yang berusaha sepenuhnya membasmi wabah Covid, mengklaim ini diperlukan untuk mencegah lonjakan virus yang lebih luas yang dapat membanjiri rumah sakit.

China secara resmi mencatat kurang dari 15.000 kematian sejak pandemi dimulai, menurut Universitas Johns Hopkins.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.