Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal, Siapa yang Akan Rawat Anjing Corgi dan Kuda Kesayangannya?

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis 8 September 2022 di usianya yang ke-96 tahun. Kepergiannya memicu pertanyaan tentang nasib anjing corgi milik sang ratu Inggris.

Liputan6.com, London - Sebagai salah satu pecinta hewan paling terkenal di Inggris, hubungan Ratu Elizabeth dengan anjing jenis corgi mungkin merupakan hubungan yang tak terlalu rumit, tetapi merekalah teman yang paling setia sampai akhir hayatnya.

Dia menyayangi mereka begitu pula sebaliknya.

Sekarang, setelah Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis 8 September 2022 di usia 96 tahun, ada pertanyaan tentang nasib empat binatang peliharaannya itu. Siapa yang akan merawat anjing-anjingnya?

Kekaguman sang ratu terhadap hewan tidak pernah berakhir. Pada tahun 2018, ketika anjingnya Whisper mati, dan dilaporkan bahwa dia tidak mau memiliki anjing baru lagi - dia sempat mengatakan kepada teman pelatih kudanya, Monty Roberts, bahwa "dia tidak ingin kehilangan anjing kecilnya lagi," dilansir dari New York Post, Jumat (9/9/2022).

Tetapi pada tahun 2021, di tengah pandemi dan ketika diketahui bahwa suami tercintanya, Pangeran Philip, tidak sehat untuk jangka panjang, dia membeli dua anak anjing baru untuk menemaninya: Corgi Muick (dinamai sesuai nama danau Skotlandia favoritnya) dan Dorgi Fergus (dinamai sesuai nama pamannya yang merupakan pahlawan perang, Fergus Bowes-Lyon).

Dorgi adalah campuran antara ras Corgi dan Daschund, serta sang ratu telah memiliki beberapa ekor - termasuk yang lebih tua yang masih hidup bernama Candy —  dari hasil kawin salah satu Corgi dan Dachshund milik saudara perempuannya, Putri Margaret.

Sayangnya, Fergus mati, tetapi beberapa bulan kemudian, sang ratu dihadiahi seekor anak anjing Cocker Spaniel oleh putranya, Pangeran Andrew, bertepatan pada hari ulang tahun Philip yang ke-100. Anjing pemberian hadiah ini diberi nama Lissy yang diambil dari nama Sang Ratu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecintaanya pada Hewan

Kecintaan sang ratu terhadap Corgi dimulai sejak usianya 7 tahun, ketika teman keluarganya menunjukkan seekor Corgi kepadanya.

Di usia 18 tahun, ia diberi Corgi pertamanya, bernama Susan, yang sangat dicintai oleh Sang Ratu hingga ia menyelundupkan anjing ini di bawah permadani dalam kereta kerajaan untuk berbulan madu pada tahun 1947.

Selama enam dekade berikutnya, dia memiliki lebih dari 30 ekor keturunan Susan (anjing pertamanya) dan memberikan anjing lainnya kepada keluarga dan teman-temannya.

Sebelum menjadi sulit baginya untuk merawat anjing-anjingnya, Ratu Elizabeth mengajak mereka berjalan-jalan dua kali sehari, dan mereka bahkan memiliki kamar sendiri di Istana Buckingham - "Ruang Corgi," di mana mereka dijaga oleh dua orang penjaga yang disebut "Doggie 1" dan "Doggie 2."

"Seluruh keluarga adalah pecinta anjing sehingga salah satu dari mereka bisa membawa satu atau dua anjing," kata penulis kerajaan Claudia Joseph kepada The Post.

"Andrew memiliki Cocker Spaniels jadi dia mungkin mengambil kembali yang telah dia berikan padanya. William dan Kate juga menyukai anjing sehingga mereka bisa memilikinya. Atau ada kemungkinan mereka akan terus dirawat oleh staf istana sehingga mereka tidak perlu dipindahkan."

 

3 dari 4 halaman

Miliki Ratusan Kuda

Bukan hanya anjing-anjingnya yang ditinggalkan sang ratu di dunianya, tetapi lebih dari 100 ekor kuda - termasuk dua ekor kuda yang diberikan kepadanya pada acara jubileum platinumnya: satu dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron sementara kuda kedua dari Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev.

Ratu Elizabeth mewarisi minat dalam peternakan kuda ras murni dan balap dari almarhum ayahnya, Raja George VI, dan diyakini telah mendapatkan sekitar $9 juta sekitar Rp 113 miliar dalam bentuk penghargaan berupa uang selama bertahun-tahun.

Terdapat pula kandang kuda di setiap kediaman kerajaannya. Dia terus memantau semua kudanya, sambiil membaca bacaan harian favoritnya yaitu Racing Post.

"Sepertinya putri sang ratu, Putri Anne, dan anaknya, Zara, yang keduanya adalah atlet berkuda Olimpiade serta pecinta kuda yang terkenal, yang berpotensi besar akan terlibat dalam apa yang terjadi selanjutnya pada hewan-hewan milik sang ratu," kata Joseph.

4 dari 4 halaman

9 Fakta Elizabeth II, Ratu Terlama Sedunia hingga Peniru Mimik Ulung

Kepergian Ratu Elizabeth II menjadi sorotan banyak masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, media sosial Twitter pun ramai akan cuitan mengenai meninggalnya Ratu Elizabeth II ini.

Selain sangat menyukai hewan, berikut ini adalah 9 fakta tentang kehidupan Ratu Elizabeth II, mengenang kepergiannya, melansir apnews, Jumat (9/9/2022): 

1. Paling Lama Memerintah di Kerajaan Inggris

Ratu Elizabeth II, yang menandai 70 tahun di atas tahta tahun ini, adalah raja tertua dan terlama yang memerintah dalam sejarah Inggris.

Pada bulan September 2015, ia melampaui nenek buyutnya yakni Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun tujuh bulan.

Pada tahun 2016, Elizabeth juga menjadi ratu terlama di dunia dengan meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand.

Pada tahun 2022, dia menjadi penguasa terlama kedua dalam sejarah dunia, di belakang Raja Prancis ke-17 Louis XIV, yang naik takhta pada usia 4 tahun.

Selain Elizabeth dan Victoria, hanya empat raja lain dalam sejarah Inggris yang telah memerintah selama 50 tahun atau lebih: George III (59 tahun), Henry III (56 tahun), Edward III (50 tahun) dan James VI dari Skotlandia (58 tahun).

Selanjutnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.