Sukses

Potret Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Dari Imut-Imut hingga Keriput

Ratu Elizabeth II berkuasa selama 70 tahun hingga meninggal dunia. Berikut potretnya dari belia.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II meninggal dunia dengan damai pada Kamis (8/9) di Kastil Balmoral, Skotlandia. Ia mangkat usai 70 tahun berkuasa. 

Kini, kekuasaan berada di tangan Raja Charles III yang merupakan anak sulungnya. 

Ratu Elizabeth II memiliki reputasi yang sangat baik sebagai seorang ratu. Di masa pemerintahannya, jarang sekali ia tersandung kontroversi. Ia memang dikenal sebagai sosok yang tenang, disiplin, dan berjarak dengan politik. 

Wanita yang dulu dikenal dengan nama Lilibet ini sebetulnya tidak direncanakan menjadi ratu. Namun, segalanya berubah usai Raja Edward memilih turun takhta, sehingga adiknya menjadi raja. Sosok raja yang baru itu adalah ayah dari Lilibet.

Berikut foto-foto Ratu Elizabeth di masa belia, masa keemasan, hingga 70 tahun berkuasa.

Lahir dengan Nama Elizabeth Alexandra Mary Windsor di London pada 21 April 1926:

<p>Ratu Elizabeth II yang masih bayi. Dulu ia dipanggil Lilibet. Dok: Instagram @theroyalfamily</p>

Lilibet Menjadi Wanita Pertama di Keluarga Kerajaan yang Ikut Perang. Dia Menjadi Sopir dan Mekanik di Perang Dunia II:

<p>Sangat jarang melihat foto Ratu Elizabeth II yang berpose lepas seperti ini. Dok: Instagram @theroyalfamily</p>Bersama Sang Nenek: Mary of Teck. Reputasi Mary Kembali Terkenal Berkat Serial The Crown. Di Drama Itu Ia Menasihati Lilibet Agar Loyal pada Tugas Kerajaan Ketimbang Keingingan Pribadi: The Crown Must Win. Must Always Win:

<p>Ratu Elizabeth II bersama sang nenek: Mary of Teck. Dok: Instagram @theroyalfamily</p>

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menjadi Seorang Ratu

Lilibet Menikahi Philip, Seorang Pangeran Tampan Keturunan Denmark, Yunani, dan Jerman. Philip Setia di Sisi Elizabeth hingga Akhir Hayat: 

6 Potret Kenangan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II Saat Muda, Gagah dan Berwibawa (sumber: Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II Menjabat Sejak Era Winston Churchill. Para Pemimpin Dunia Datang dan Pergi Selama Ia Berkuasa. Pada 1961, Sang Ratu Juga Bertemu Presiden JFK:

<p>Foto Pangeran Philip, Ibu Negara AS Jackie Kennedy, Ratu Elizabeth II, dan Presiden AS John F. Kennedy.. Dok: Instagram @theroyalhouse</p>

Foto 1969. Ratu Elizabeth dan Putra Sulungnya yang Masih Remaja, Pangeran Charles:

Dalam file foto ini diambil pada 01 Juli 1969 Ratu Elizabeth II meletakkan mahkota pada putranya Pangeran Charles selama penobatannya sebagai Pangeran Wales yang baru di Caernarfon. (Photo by CENTRAL PRESS / AFP)

House of Windsor. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Memiliki Empat Anak: Charles, Anne, Andrew, dan Edward. Foto Tahun 1979. Semua Pangeran dan Putri Telah Beranjak Dewasa: <p>Ratu Elizabeth dan Duke of Edinburgh (kanan) berpose dengan ketiga putra mereka, Charles (kedua kanan), Edward (kiri), Andrew (kanan), Putri Anne (bersama putranya Peter) dan royal corgies di potret pernikahan ke-32 mereka ulang tahun, di Kastil Balmoral, Skotlandia, 20 November 1979. (AFP)</p>

3 dari 5 halaman

Era 80-an

Ratu Elizabeth dan Diana. Pangeran Charles Menikahi Diana Spencer pada 1981: 

Ratu Elizabeth bersama Pangeran Charles dan tunangannya Lady Diana di Istana Buckingham (AFP)

Ratu Elizabeth II Bertemu Bunda Teresa di India pada 1983:

<p>Ratu Elizabeth II bertemu Bunda Teresa di India. Foto tahun 1983. Dok: Instagram @theroyalfamily</p>

Ratu Elizabeth II Mengarungi Berbagai Zaman Selama Menjabat. Ia Menjadi Saksi Datangnya Wanita Pertama yang Menjadi Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher. Kedua Wanita Itu Seumuran. Foto Ratu Elizabeth, Presiden AS Ronald Reagan, dan Margaret Thatcher di 1984: 

<p>Ratu Elizabeth II, Presiden AS Ronald Reagan, dan PM Inggris Margaret Thatcher, The Iron Lady. Tahun 1984. Dok: Instagram @theroyalhouse</p>

 

4 dari 5 halaman

Setia pada Tugas

Ratu Elizabeth II Masih Melaksanakan Tugas-Tugas Kerajaan di Usia Senja. Foto Tahun 2005, Sang Ratu Tampak Berwibawa: 

<p>Ratu Elizabeth II di tahun 2005. Dok: Instagram @theroyalfamily</p>

Pada Olimpiade London 2012, Sang Ratu Tampil Bersama Aktor James Bond untuk Promosi Acara Olimpiade: 

Doc: Youtube.com/@olympics

Foto Keluarga G20 London. Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Turut Hadir: <p>Foto keluarga G20 di London pada 2009. Ratu Elizabeth II dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut hadir. Turut hadir juga wajah-wajah terkenal seperti Presiden AS Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel. Dok: The Royal Family/Instagram</p>

Ratu Inggris Juga Pernah Menghadiri London Fashion Week. Ia Ditemani Anna Wintour, Mantan Pemimpin Redaksi di Majalah Vogue: Ratu Elizabeth II ditemani oleh Anna Wintour, melihat peragaan busana desainer Inggris Richard Quinn saat berkunjung ke London Fashion Week's BFC Show Space di London tengah, 20 Februari 2018. (Yui Mok/AFP)

Ratu Elizabeth II Juga Menyaksikan Era Presiden Donald Trump. Ia Sempat Bertemu Presiden Trump dan Melania Trump yang Memakai Gaun Kuning, Warna Favorit Sang Ratu: Presiden AS, Donald Trump bersama Pemimpin Monarki Britania Raya dan Persemakmuran, Ratu Elizabeth II bersulang saat jamuan dan makan malam kenegaraan di Istana Buckingham (4/6/2019) (POOL PHOTO)   

Melania Trump saat bertemu Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, London, Inggris. (GEOFF PUGH / POOL / AFP)

Sang Ratu Turut Mengirimkan Pesan Semangat kepada Rakyat Inggris Selama Melawan COVID-19. Ia Pernah Kena COVID-19, Namun Berhasil Pulih: 

Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato tentang krisis corona COVID-19.(dok. foto Buckingham Palace/AFP)

Elizabeth II Juga Hobi Berkuda Sejak Masih Muda. Berkuda Disebut Sebagai Passion dari Ratu Elizabeth II. Setelah Lockdown COVID-19 Reda, Ia Masih Semangat Berkuda, Meski Sudah Lanjut Usia: Ratu Elizabeth menunggangi kuda di kompleks istana setelah masa lockdown. (Steve Parsons/Pool via AP)

Hingga Usia Lanjut, Pangeran Philip Terus Setia Berada di Sisi Ratu Elizabeth II dalam Menjalankan Tugas-Tugas Kerajaan:

Dalam foto file 18 November 2017 ini memperlihatkan Ratu Inggris Elizabeth II dan Duke of Edinburgh Pangeran Philip, berpose untuk foto di Broadlands yang menandai ulang tahun pernikahan berlian mereka.  (Fiona Hanson/PA via AP)

5 dari 5 halaman

Long May She Reign

Pada 9 April 2021, Pangeran Philip Meninggal Dunia. Usianya Waktu Itu Sudah 99 Tahun. Ratu Elizabeth II Menghadiri Pemakaman Suaminya dengan Memakai Masker, Sebab Waktu Itu COVID-19 Masih Menyebar:

Ratu Elizabeth II dalam pemakaman Pangeran Philip. (Yui Mok/Pool via AP)Setahun Setelah Kematian Philip, Ratu Elizabeth II Sempat Merayakan Platinum Jubilee. Hari Itu Menandakan 70 Tahun Ia Berkuasa. Sang Ratu Tampak Santai, Meski Berdiri dengan Tongkat. Ia Berada Dekat Cicitnya, Pangeran Louis: 

<p>Ratu Elizabeth II dan Pangeran Louis di perayaan Platinum Jubilee. (Aaron Chown/Pool Photo via AP)</p>Ratu Elizabeth II menyambut tahun ke-71 bertakhta dengan penuh gaya. Ia tampak mengubah gaya rambutnya. (Instagram/theroyalfamily).Kuda Masih Tetap Hobi Sang Ratu:

Ratu Elizabeth II rayakan ulang tahun ke-96 pada 21 April 2022. (dok. henrydallalphotography.com/ Instagram @royalfamily/https://www.instagram.com/p/CcllJjSs30h/Dinny Mutiah)

Pelangi Ganda Muncul di Buckingham Palace Setelah Ratu Elizabeth II Dikabarkan Meninggal Dunia: Seseorang dengan payung bertema bendera Union berlindung dari hujan di seberang Istana Buckingham, saat pelangi ganda muncul di atas langit London,  Kamis, 8 September 2022. Pelangi ganda muncul di atas kastil pada hari wafatnya Ratu Elizabeth II, selama beberapa menit dan kemudian menghilang begitu saja. (Photo by Daniel LEAL / AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.