Sejumlah Orang Dilaporkan Hilang di Korea Selatan Akibat Topan Hinnamnor

Oleh Tommy Kurnia pada 06 Sep 2022, 19:10 WIB
Diperbarui 06 Sep 2022, 19:11 WIB
Dampak Topan Hinnamnor di Pohang, Korea Selatan.
Perbesar
Dampak Topan Hinnamnor di Pohang, Korea Selatan. Dok: Kim Hyun-tai/Yonhap via AP.

Liputan6.com, Pohang - Korea Selatan baru saja menghadapi Topan Hinnamnor pada Selasa pagi (6/9/2022). Badan meteorologi Korea Selatan mengklasifikasi topan itu pada kategori "sangat kuat".

Topan itu masuk ke Korea Selatan melalui selatan. Awalnya melewat Pulau Jeju, kemudian kota Busan dan Ulsan di selatan, kemudian terus menghantam wilayah pesisir, seperti Gyeongju hingga Pohang yang menjadi lokasi syuting drama Hometown Cha Cha Cha.

Kerusakan dan gelombang tinggi tampak terjadi di kota Busan akibat topan tersebut. Pada Selasa pagi, kecepatan topannya mencapai 40 kilometer per detik.

Gelombang menerjang pemecah gelombang di Busan, Korea Selatan (6/9/2022). Ribuan orang terpaksa mengungsi di Korea Selatan saat Topan Hinnamnor mendarat di wilayah selatan negara itu pada Selasa (5/9), melepaskan letusan dahsyat. hujan dan angin yang menghancurkan pohon dan jalan, dan menyebabkan lebih dari 20.000 rumah tanpa aliran listrik. (Sohn Hyung-joo/Yonhap via AP)

Berdasarkan laporan Yonhap, seorang wanita berusia 75 tahun di kota Pohang setelah terbawa arus air. Wanita itu sedang evakuasi pada pukul 7.57 pagi bersama suami dan anak perempuannya. Satu jam kemudian ia ditemukan tak bernyawa.

Korban lainnya adalah wanita berusia 80 tahunan. Ia terkubur di lumpur pada sebuah rumah yang roboh di Gyeongju. 

Banyak Orang Hilang

Lebih lanjut, ada wanita berusia 66 tahun yang hilang setelah masuk ke garasi bawah tanah di sebuah apartemen di Pohang.  

Ada banyak kasus orang hilang di Pohang usai berusaha memindahkan kendaraan di garasi bawah tanah. Selain wanita lansia tersebut, ada tujuh orang lainnya yang hilang. Petugas pun berusaha menyisir area garasi bawah tanah untuk mencari korban hilang. 

Ada lagi satu orang yang dilaporkan hilang di Pohang karena terbawa arus. Seorang pemuda 25 tahun juga hilang di Ulsan. Ia dilaporkan jatuh ke sungai dalam keadaan mabuk. 

Badan meteorologi Korea menyebut Topan Hinnamnor itu keluar dari Korea Selatan pada dua setengah jam usai tiba di pesisir selatan negara.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Mendekati Sapporo

Potret Busan di Korea Selatan Porak Poranda Dihantam Topan Hinnamnor
Perbesar
Puing-puing akibat Topan Hinnamnor terlihat di sebuah taman tepi laut di Busan, Korea Selatan (6/9/2022). Ribuan orang terpaksa mengungsi di Korea Selatan saat Topan Hinnamnor mendarat di wilayah selatan negara itu pada Selasa (5/9), melepaskan letusan dahsyat. hujan dan angin yang menghancurkan pohon dan jalan, dan menyebabkan lebih dari 20.000 rumah tanpa aliran listrik. (Sohn Hyung-joo/Yonhap via AP)

Di Korea Selatan, total ada 2.909 orang dari 2.143 rumah tangga yang dievakuasi. Mereka berasal dari area rawan tanah longsor dan banjir. Ada juga 66.341 rumah yang mati lampu. Pemulihan listrik masih berlanjut.

Presiden Yoon Suk Yeol telah meminta masyarakat bersiap sebelum topannya tiba hingga keluar dari Korea Selatan.

Akibat Topan Hinnamnor, 183 kapal rute dometik dan internasional tak bisa berlayar. Ada juga 251 penerbangan di 12 bandara Korea Selatan yang batal berangkat. Selain itu, 354 jadwal kereta ditunda atau diatur ulang.

Sebelum Selasa tengah hari, hampir mayoritas peringatan topan telah dicabut di Korea Selatan, kecuali di sejumlah area pesisir. 

Topan Hinnamnor mengarah ke arah Hokkaido di Jepang. Namun topan itu diprediksi akan melemah ketika mendekati ibu kota Hokkaido: Sapporo. 

Badan meteorologi Korea Selatan memprediksi Hinnamnor akan tiba di Sapporo jelang tengah malam. 


Korea Utara Juga Waspada

Potret Busan di Korea Selatan Porak Poranda Dihantam Topan Hinnamnor
Perbesar
Seorang pria berdiri di samping pagar yang rusak saat mengambil foto ombak, setelah Topan Hinnamnor melewati Busan, Korea Selatan (6/9/2022). (AFP/Anthony Wallace)

Pada laporan Yonhap, Senin (5/9), topan itu berlokasi 550 kilometer di selatan-barat daya Kota Seogwipo di Pulau Jeju. Korean Meteorological Administration (KMA) menyebut kecepatan topan itu mencapai 22 kilometer per jam dan mendapat klasifikasi "sangat kuat".

Kecepatan 22 km per jam itu lebih kuat dari prediksi sebelumnya, yakni 12 km per jam. Korea Selatan memiliki empat klasifikasi topan: medium, kuat, sangat kuat, dan super kuat. Sebelumnya, Topan Hinnamnor masuk kategori super kuat.

Setelah melewati Pulau Jeju, selanjutnya Topan Hinnamnor akan tiba di Kota Busan pada Selasa pukul 09.00 pagi. Ketika tiba di Busan, kekuatan topan itu turun menjadi kategori "kuat" ketika mencapai Busan. 

Ada pula peringatan hujan seantero Korea Selatan pada Selasa 6 September 2022. Sebelumnya, Korea Selatan juga baru saja menghadapi banjir di area ibu kota Seoul akibat hujan deras. 

Sejumlah pelayanan kapal feri dan puluhan jadwal penerbangan di Korea Selatan dibatalkan akibat dampak topan ini. Hingga Senin pagi, ada 38 penerbangan domestik yang dibatalkan di Korea Selatan.

Selain itu, pemerintah memberikan rekomendasi agar sekolah beralih secara online atau diliburkan ketika Topan Hinnamnor melanda Korea Selatan.


Korea Utara Juga Waspada

Kim Jong-un Tampil Pakai Masker untuk Pertama Kali, Perintahkan Korea Utara Lockdown karena Kemunculan Covid-19
Perbesar
Korea Utara konfirmasi kasus pertama Covid-19, Kim Jong Un tampil perdana pakai masker saat perintahkan lockdown. (KCNAwatch.org).

Korea Utara juga waspada kedatangan Topan Hinnamnor yang bergerak menuju Semenanjung Korea. Media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa kapal-kapal nelayan sudah disuruh pulang.

Korean Central News Agency (KCNA) juga menyebut bahwa pejabat berwenang telah menginspeksi gedung-gedung dari risiko banjir dan roboh akbat topan tersebut. Infrastruktur transportasi turut diperiksa.

Lebih lanjut, pemerintah juga telah mengambil langkah pencegahan di area-area yang sering terkena tanah lumpur.

Media Korut, Rodong Sinmun, juga berkata pemerintah ikut berupaya mencegah penyebaran virus karena terjadinya topan dan tsunami.

Rodong Sinmun ikut menyorot menghindari bahaya banjir di area-area ternak yang bisa memperparah kondisi Korea Utara yang kekurangan stok makanan.

Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan kini sedang panas lagi. Pemerintah Korea Utara menuduh bahwa COVID-19 masuk akibat barang-barang dari Korea Selatan. 

Tuduhan itu membuat geram pihak Korea Selatan. Selama ini, Presiden Yoon Suk Yeol juga selalu memakai retorika yang keras terhadap Kim Jong Un. Manuver-manuver militer Korea Utara juga masih dipantau Korea Selatan.

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya