Sukses

Taiwan Siaga Invasi China, Warga Sipil Sukarela Latihan Militer

Siaga penyerangan dari China, warga sipil Taiwan jalani pelatihan upaya untuk mencegah serangan China yang berkekuatan 188.000 orang, dengan 90% sukarelawan dan 10% pria yang melakukan wajib militer.

Liputan6.com, Taipei - Chris Chen, seorang mantan kapten di militer Taiwan, menghabiskan banyak waktu menunggu saat menjalani pelatihan selama seminggu untuk menjadi cadangan militer pada bulan Juni. Ia menunggu berkumpul, makan siang, pelatihan, katanya.

Pelatihan itu, dikutip dari laman ABC News, Senin (5/9/2022), bagian dari upaya Taiwan untuk mencegah invasi China, dipenuhi oleh 200 cadangan untuk satu instruktur.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menggarisbawahi pentingnya memobilisasi warga sipil ketika diserang, karena pasukan cadangan Ukraina membantu menangkis penjajah.

Hampir setengah jalan di seluruh dunia, invasi itu telah menyoroti kelemahan Taiwan di bidang itu, terutama di dua bidang: pasukan cadangan dan pasukan pertahanan sipilnya.

Meskipun invasi tampaknya tidak akan segera terjadi, latihan militer berskala besar China baru-baru ini sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan telah membuat pemerintah di Taipei lebih sadar dari sebelumnya tentang kekuatan keras di balik retorika Beijing tentang membawa pulau yang dikuasai sendiri itu di bawah kendalinya.

Para ahli mengatakan bahwa pertahanan sipil dan pasukan cadangan memiliki efek jera yang penting, menunjukkan kepada calon penyerang bahwa risiko penyerangan itu tinggi.

Bahkan sebelum terjadinya penyerangan ke Ukraina pada bulan Maret, Taiwan sedang berupaya untuk mereformasi keduanya. Pertanyaannya adalah apakah itu akan cukup.

Cadangan Taiwan dimaksudkan untuk mendukung militernya yang berkekuatan 188.000 orang, dengan 90% sukarelawan dan 10% pria yang melakukan wajib militer selama empat bulan.

Dalam catatan, 2,3 juta cadangan memungkinkan Taiwan untuk menandingi militer China yang berkekuatan 2 juta orang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Cadangan yang Banyak di Kritisi

Namun, sistem cadangan telah lama mendapat kritik. Banyak orang, seperti Chen, merasa bahwa tujuh hari pelatihan untuk sebagian besar mantan tentara itu hanya membuang-buang waktu yang sebenarnya tidak mempersiapkan mereka dengan cukup baik.

Jumlah anggota cadangan yang siap tempur - mereka yang bisa segera bergabung dalam pertempuran garis depan - hanya sekitar 300.000 orang, kata Wang Ting-yu, seorang anggota parlemen dari Partai Progresif Demokratik yang memerintah yang bertugas di komite pertahanan di badan legislatif.

"Di Ukraina, jika dalam tiga hari pertama perang itu berantakan, tidak peduli seberapa kuat militer Anda, Anda tidak akan mampu melawan perang," kata Wang.

"Masyarakat yang tangguh dapat menghadapi tantangan ini. Sehingga ketika Anda bertemu dengan bencana dan perang, Anda tidak akan berantakan," lanjutnya

Taiwan menata ulang sistem cadangannya pada bulan Januari, yang saat ini dikoordinasikan oleh badan baru yang disebut Badan Mobilisasi Pertahanan All Out, yang juga akan mengambil alih sistem pertahanan sipil dalam keadaan darurat.

Salah satu perubahan besar adalah pelatihan pilot yang lebih intensif, pelatihan selama dua minggu yang biasanya pelatihan standar dilakukan selama satu minggu, sehingga akan diperluas hingga 300.000 anggota cadangan yang siap tempur.

Para anggota cadangan yang tersisa dapat memainkan peran yang sifatnya lebih defensif, seperti mempertahankan jembatan, demikian ungkap Wang.

 

3 dari 4 halaman

Pelatihan Saat Puncak Pandemi

Dennis Shi bergabung dengan pelatihan yang diubah selama dua minggu pada bulan Mei di sebuah lokasi bangunan yang ditinggalkan di pantai utara Taiwan.

Separuh waktu itu hujan, katanya. Selebihnya, cuaca sangat panas. Pelatihan itu bertepatan dengan puncak wabah COVID-19. Meskipun harus mengenakan jas hujan dan masker wajah, para anggota cadangan itu menggali parit dan berlatih menembakkan mortir serta berbaris.

"Seluruh tubuh Anda berlumuran lumpur, dan bahkan di sepatu bot Anda pun ada lumpur," tutur Shi.

Namun, dia mengatakan bahwa dia mendapat lebih banyak waktu menembak dibandingkan selama empat bulan wajib militernya saat tiga tahun lalu. Ia pun merasa termotivasi karena para perwira senior melakukan latihan bersama mereka.

"Hal utama adalah ketika tiba waktunya untuk mengabdi kepada negara Anda, maka Anda harus melakukannya," ungkapnya.

Pasukan Pertahanan Sipil, yang berada di bawah Badan Kepolisian Nasional, adalah pasukan sisa dari era pemerintahan otoriter sebelum Taiwan beralih ke demokrasi pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Anggotanya sebagian besar adalah orang-orang yang terlalu tua untuk memenuhi syarat sebagai cadangan tetapi masih mau mengabdi.

"Ini belum mengikuti perjalanan zaman dan belum mengikuti kemampuan bertempur kami," ujar Wang.

Perubahan yang direncanakan termasuk persyaratan untuk memasukkan penjaga keamanan yang dipekerjakan oleh beberapa perusahaan terbesar Taiwan ke dalam pasukan, serta penggabungan wanita, yang tidak diharuskan untuk bertugas di militer.

Sekitar 73% warga Taiwan mengatakan bahwa mereka akan bersedia berjuang untuk Taiwan jika China melakukan penyerangan, demikian menurut survei yang dilakukan oleh Kuan-chen Lee di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan, dengan angka yang tetap konsisten.

 

4 dari 4 halaman

Warga dengan Suka Rela Bergabung

Perang Ukraina, pada awalnya, mengguncang kepercayaan beberapa orang terhadap kesediaan Amerika untuk datang membantu Taiwan jika terjadi invasi.

Sementara 57% mengatakan pada September lalu bahwa mereka percaya bahwa AS. akan "pasti atau mungkin" mengirim pasukan jika China menyerang, hal itu turun menjadi 40% pada bulan Maret. Kebijakan ambiguitas strategis AS membuat keraguan terkait apakah AS akan melakukan intervensi militer. 

Di luar upaya pemerintah, beberapa warga sipil telah terinspirasi untuk berbuat lebih banyak secara mandiri.

Pekan lalu, pendiri pembuat chip Taiwan United Microelectronics, Robert Tsao, mengumumkan bahwa dia akan menyumbangkan 1 miliar Dolar Taiwan Baru atau sekitar Rp 485 miliar untuk mendanai pelatihan pasukan pertahanan berkekuatan 3 juta orang yang terdiri dari warga sipil.

Lebih dari 1.000 orang telah menghadiri ceramah tentang pertahanan sipil dengan Open Knowledge Taiwan, demikian menurut T.H. Schee, seorang pengusaha teknologi yang memberikan ceramah dan menyelenggarakan kursus pertahanan sipil dengan kelompok sukarelawan, yang bertujuan untuk membuat pengetahuan khusus dapat diakses oleh publik.

Beberapa orang lainnya telah mendaftar untuk pelatihan pertolongan pertama, dan beberapa untuk pelatihan senjata api, meskipun dengan senapan angin karena undang-undang Taiwan tidak mengizinkan kepemilikan senjata api secara luas.

Berbagai upaya ini membutuhkan koordinasi pemerintah, demikian ungkap Martin Yang, juru bicara Asosiasi Penelitian dan Pengembangan Taktis Militer dan Polisi Taiwan, sekelompok mantan perwira polisi dan tentara yang tertarik dengan pertahanan Taiwan.

"Ketika Anda melakukan latihan ini, Anda ingin mempertimbangkan bahwa orang-orang akan bersembunyi di kereta bawah tanah, mereka membutuhkan air dan makanan, dan mungkin memiliki kebutuhan medis. Anda mungkin akan memiliki ratusan atau ribuan orang yang bersembunyi di sana," kata Yang. "Tapi dari mana air dan makanan itu berasal?"

Pada bulan Juli, pemerintah kota New Taipei menyelenggarakan latihan berskala besar dengan layanan bencana dan Kementerian Pertahanan. Termasuk untuk pertama kalinya adalah perang perkotaan, seperti bagaimana responden pertama akan bereaksi terhadap serangan di stasiun kereta api atau pelabuhan.

Latihan ini lebih terasa seperti karnaval daripada persiapan serius untuk invasi. Seorang pembawa acara dengan penuh semangat menyambut para tamu saat musik pop Korea berkumandang. Perekrut untuk militer, penjaga pantai dan polisi militer mendirikan stan untuk memikat pengunjung, menawarkan pernak-pernik seperti gantungan kunci granat mainan.

Chang Chia-rong memandu para tamu VIP ke tempat duduk mereka. Wanita berusia 20 tahun itu menyatakan kesediaannya untuk membela Taiwan, meskipun dia tidak merasa sangat khawatir tentang invasi China.

"Jika ada pasukan sukarelawan, saya harap saya bisa bergabung dan membela negara saya," katanya. "Jika ada kebutuhan, saya akan sangat bersedia untuk bergabung."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.