Sukses

Kembali ke Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa Terancam Ditangkap

Presiden Sri Lanka yang digulingkan Gotabaya Rajapaksa menghadapi seruan penangkapannya pada Sabtu (3 September) setelah pulang dari pengasingan yang dilakukan sendiri di bawah perlindungan pemerintah penggantinya.

Liputan6.com, Kolombo - Presiden Sri Lanka yang digulingkan Gotabaya Rajapaksa menghadapi seruan penangkapannya pada Sabtu (3 September) setelah pulang dari pengasingan yang dilakukan sendiri di bawah perlindungan pemerintah penggantinya.

Rajapaksa melarikan diri dari negara pulau itu di bawah pengawalan militer pada Juli setelah kerumunan besar menyerbu kediaman resminya setelah berbulan-bulan demonstrasi marah terhadap pemerintahnya.

Pria berusia 73 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya dari Singapura dan menghabiskan berminggu-minggu di bawah tahanan rumah virtual di sebuah hotel Bangkok yang melobi penggantinya untuk mengizinkannya kembali.

Para pemimpin kampanye protes yang menggulingkan pemerintahannya mengatakan Rajapaksa, yang kehilangan kekebalan kepresidenannya setelah meninggalkan jabatannya, sekarang harus dibawa ke pengadilan.

"Gotabaya kembali karena tidak ada negara yang mau menerimanya, dia tidak punya tempat untuk bersembunyi," kata Joseph Stalin, pemimpin serikat pekerja guru yang membantu memobilisasi demonstran, kepada AFP.

"Dia harus segera ditangkap karena menyebabkan kesengsaraan seperti itu bagi 22 juta orang di Sri Lanka. Dia harus dituntut atas kejahatannya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dituduh Melakukan Salah Urus Sri Lanka

Pemerintah Rajapaksa dituduh melakukan salah urus yang kacau ketika ekonomi Sri Lanka mengalami penurunan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Krisis itu menyebabkan kekurangan makanan yang akut, pemadaman yang panjang, dan antrian panjang di pompa bensin untuk pasokan bahan bakar yang langka setelah negara itu kehabisan mata uang asing untuk membayar impor vital.

Aliansi oposisi utama Sri Lanka, Samagi Jana Balawegaya (SJB), belum mengomentari kembalinya Rajapaksa, tetapi seorang mantan menteri dari blok itu mengatakan pemimpin yang digulingkan itu perlu dituntut.

"Gotabaya harus dimintai pertanggungjawaban atas kejahatannya sebelum dan selama masa kepresidenannya," kata Ajith Perera kepada wartawan di Kolombo.

Seorang juru bicara pemerintah Sri Lanka dan kantor presiden tidak segera membalas email yang meminta komentar tentang kembalinya Rajapaksa.

 

3 dari 3 halaman

Disambut Bunga

Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa kembali ke negaranya hari Jumat (2 September 2022), kata seorang pejabat bandara, tujuh minggu setelah ia melarikan diri di tengah krisis ekonomi terburuk di negara pulau itu.

Sebelumnya dikabarkan ia bakal kembali ke Sri Lanka sangat awal pada Sabtu 3 September.

Mengutip AFP, Gotabaya Rajapaksa kabarnya disambut dengan bunga dalam pesta penyambutan para menteri dan politikus saat dia turun di bandara internasional utama, pejabat itu menambahkan – sebagai tanda pengaruhnya yang masih bertahan di negara Samudra Hindia itu.

Sementara para kritikus mengatakan dia menyebabkan kehancuran negaranya.

"Ada serbuan politikus pemerintah untuk memberinya karangan bunga saat dia keluar dari pesawat," kata pejabat itu kepada AFP.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.