Sukses

Tak Ingin Bergantung pada Gas Rusia, PM Swedia Lakukan Hal Ini

Pemerintah Swedia pada Jumat Jumat (2/9) menyerukan untuk memisahkan gas dari sistem penetapan harga listrik, karena ini akan menyebabkan harga listrik yang lebih rendah.

Liputan6.com, Stockholm - Pemerintah Swedia pada Jumat Jumat (2/9) menyerukan untuk memisahkan gas dari sistem penetapan harga listrik, karena ini akan menyebabkan harga listrik yang lebih rendah.

"Tidak masuk akal jika rumah tangga dan perusahaan Swedia membeli listrik Swedia yang diproduksi dengan murah, tetapi harus membayar harga setinggi langit karena banyak negara tetangga kita bergantung pada gas Rusia," kata Perdana Menteri Magdalena Andersson pada konferensi pers.

Pemerintah Swedia akan menuntut agar harga listrik di pasar energi Eropa dipisahkan dari harga gas, yang telah menjadi terlalu tinggi karena "perang energi" Rusia melawan Eropa, menurut Andersson.

Gas decoupling akan menyebabkan harga listrik di Swedia selatan menjadi setengahnya, Menteri Energi dan Pengembangan Digital Khashayar Farmanbar mengatakan dalam konferensi pers yang sama.

Andersson juga mengumumkan bahwa dia akan bekerja untuk koalisi yang luas di dalam Uni Eropa untuk menurunkan biaya listrik, yang akhir-akhir ini mencapai tingkat rekor.

Harga listrik di Swedia, terutama di selatan negara tersebut, telah berulang kali melonjak ke rekor baru selama bulan lalu dengan harga rata-rata 3,05 crown Swedia (0,28 dolar AS) per kWh dan puncaknya mendekati delapan crown.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Kurangi Pasokan Gas ke Eropa

Perusahaan gas milik negara Rusia pada Senin (25 Juli) mengumumkan pengurangan pasokan yang tidak terduga dan drastis ke Eropa, yang menyebabkan Ukraina menyerukan Barat untuk bertindak atas "perang gas".

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (26/7/2022), pemotongan gas terjadi di tengah harapan yang dijaga untuk melanjutkan ekspor komoditas utama lainnya minggu ini - gandum Ukraina - di bawah kesepakatan terobosan yang dipertanyakan oleh pemogokan oleh Moskow di pelabuhan utama Odesa.

Gazprom, raksasa energi Rusia, mengatakan pihaknya memotong pengiriman harian gas ke Eropa melalui pipa Nord Stream menjadi 33 juta meter kubik per hari - sekitar 20 persen dari kapasitas pipa - mulai Rabu.

Perusahaan mengatakan menghentikan pengoperasian salah satu dari dua turbin yang beroperasi terakhir karena "kondisi teknis mesin".

Tetapi Jerman - yang sangat bergantung pada gas Rusia tetapi tampaknya mulai berhenti secara bertahap setelah invasi Moskow 24 Februari ke Ukraina - mengatakan tidak ada pembenaran teknis untuk pemotongan tersebut.

Grup Jerman Siemens Energy, yang ditugaskan untuk memelihara turbin, juga mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada AFP bahwa mereka melihat "tidak ada hubungan antara turbin dan pemotongan gas yang telah diterapkan atau diumumkan".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa pemotongan tersebut menunjukkan bahwa Eropa harus meningkatkan sanksi terhadap Rusia.

3 dari 4 halaman

Perang Gas

"Ini adalah perang gas terbuka yang dilancarkan Rusia melawan Eropa yang bersatu," kata Zelenskyy.

"Mereka tidak peduli apa yang akan terjadi pada rakyat, bagaimana mereka akan menderita - kelaparan karena pelabuhan yang diblokir, dari musim dingin dan kemiskinan ... atau pendudukan. Ini hanya bentuk teror yang berbeda," katanya dalam bukunya. pesan video harian.

"Makanya harus balas. Jangan pikirkan bagaimana mengembalikan turbin, tapi perkuat sanksinya," katanya.

Pengumuman Rusia datang pada hari yang sama ketika Ukraina mengumumkan menerima yang pertama dari 15 sistem anti-pesawat Gepard yang diharapkan dan puluhan ribu peluru dari Jerman.

4 dari 4 halaman

Kesepakatan Rusia-Ukraina

Rusia dan Ukraina pada hari Jumat menyimpulkan kesepakatan paling signifikan mereka sejak dimulainya perang, menandatangani kesepakatan yang ditengahi oleh Turki dan PBB untuk melepaskan sekitar 25 juta ton gandum dan biji-bijian lainnya yang telah terperangkap di pelabuhan Laut Hitam Ukraina.

Terobosan ini meningkatkan harapan untuk meredakan lonjakan harga pangan global yang paling parah melanda negara-negara miskin. Tetapi kurang dari 24 jam kemudian, Moskow menyerang pelabuhan di Odesa - salah satu dari tiga pusat keluar yang ditunjuk dalam perjanjian.

Ukraina menyuarakan kemarahan tetapi mengatakan bahwa pihaknya masih mengharapkan implementasi kesepakatan dalam beberapa hari mendatang.

"Kami sedang mempersiapkan segalanya untuk memulai minggu ini," menteri infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov, yang memimpin delegasi Ukraina pada pembicaraan gandum pekan lalu di Istanbul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.