Sukses

Kembali ke Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa Disambut Bunga Para Menteri

Gotabaya Rajapaksa kembali ke Sri Lanka usai tujuh minggu pelarian.

Liputan6.com, Kolombo - Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa kembali ke negaranya hari Jumat (2 September 2022), kata seorang pejabat bandara, tujuh minggu setelah ia melarikan diri di tengah krisis ekonomi terburuk di negara pulau itu.

Sebelumnya dikabarkan ia bakal kembali ke Sri Lanka sangat awal pada Sabtu 3 September.

Mengutip AFP, Gotabaya Rajapaksa kabarnya disambut dengan bunga dalam pesta penyambutan para menteri dan politikus saat dia turun di bandara internasional utama, pejabat itu menambahkan – sebagai tanda pengaruhnya yang masih bertahan di negara Samudra Hindia itu.

Sementara para kritikus mengatakan dia menyebabkan kehancuran negaranya.

"Ada serbuan politikus pemerintah untuk memberinya karangan bunga saat dia keluar dari pesawat," kata pejabat itu kepada AFP.

Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka di bawah pengawalan militer pada pertengahan Juli setelah massa tak bersenjata menyerbu kediaman resminya, setelah berbulan-bulan demonstrasi marah yang menyalahkannya atas krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu.

Dia mengirimkan surat pengunduran dirinya dari Singapura sebelum terbang ke Thailand, tempatnya mengajukan petisi kepada penggantinya Ranil Wickremesinghe untuk memfasilitasi kepulangannya.

Pemimpin berusia 73 tahun itu tiba di Bangkok melalui Singapura dengan penerbangan komersial, mengakhiri pengasingannya selama 52 hari.

"Dia telah tinggal di hotel Thailand sebagai tahanan virtual dan ingin kembali," kata seorang pejabat pertahanan, yang meminta tidak disebutkan namanya, kepada AFP.

"Kami baru saja membuat divisi keamanan baru untuk melindunginya setelah dia kembali," tambah pejabat itu.

"Unit ini terdiri dari unsur-unsur dari komando tentara dan polisi."

Politikus oposisi menuduh Wickremesinghe melindungi keluarga Rajapaksa yang dulu kuat.

Konstitusi Sri Lanka menjamin pengawal, kendaraan, dan perumahan bagi mantan presiden, termasuk Gotabaya dan kakak laki-lakinya serta sesama mantan presiden, Mahinda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejumlah Dakwaan Menanti

Pengunduran diri Gotabaya Rajapaksa mengakhiri kekebalan kepresidenannya, dan para aktivis hak asasi mengatakan mereka akan mendesak penangkapannya atas berbagai tuduhan, termasuk dugaan perannya dalam pembunuhan tahun 2009 terhadap editor surat kabar terkemuka Lasantha Wickrematunge.

"Kami menyambut baik keputusannya untuk kembali sehingga kami dapat membawanya ke pengadilan atas kejahatan yang telah dilakukannya," kata Tharindu Jayawardhana, juru bicara Asosiasi Jurnalis Muda Sri Lanka.

Rajapaksa juga menghadapi dakwaan di pengadilan di negara bagian California AS atas pembunuhan Wickrematunge dan penyiksaan tahanan Tamil pada akhir perang saudara traumatis di pulau itu pada 2009.

3 dari 4 halaman

Keamanan yang Ketat

Singapura menolak untuk memperpanjang visa jangka pendek Rajapaksa dan dia melakukan perjalanan ke Thailand pada bulan Agustus, tetapi pihak berwenang di Bangkok menginstruksikannya untuk tidak keluar dari hotelnya demi keselamatannya sendiri.

Adik bungsu Rajapaksa, Basil, mantan menteri keuangan, bertemu dengan Wickremesinghe bulan lalu dan meminta perlindungan agar pemimpin yang digulingkan itu bisa kembali.

Pada hari Jumat polisi mengerahkan petugas berpakaian preman dan penjaga bersenjata di luar kediaman pemerintah yang dialokasikan untuk Rajapaksa di Kolombo sebelum kedatangannya.

Keamanan di rumah pribadinya juga ditingkatkan, kata para pejabat, seraya menambahkan bahwa dia diharapkan untuk mengunjungi kediaman keluarga terlebih dahulu.

 

 

4 dari 4 halaman

Sekilas Krisis Sri Lanka

Sri Lanka telah mengalami kekurangan barang-barang penting selama berbulan-bulan termasuk makanan, bahan bakar dan obat-obatan, bersama dengan pemadaman listrik yang panjang dan inflasi yang meroket setelah kehabisan mata uang asing untuk membiayai impor penting.

Pandemi Virus Corona COVID-19 memberikan pukulan telak bagi industri pariwisata pulau itu dan mengeringkan pengiriman uang dari warga Sri Lanka yang bekerja di luar negeri – keduanya merupakan penghasil devisa utama.

Gotabaya Rajapaksa, yang terpilih pada 2019 menjanjikan "pemandangan kemakmuran dan kemegahan", melihat popularitasnya menukik tajam ketika kesulitan berlipat ganda untuk 22 juta orang di negara itu.

Pemerintahnya dituduh memperkenalkan pemotongan pajak yang tidak berkelanjutan yang mendorong utang pemerintah dan memperburuk krisis.

Wickremesinghe dipilih oleh parlemen untuk melihat sisa masa jabatan Rajapaksa. Dia sejak itu menindak protes jalanan dan menangkap aktivis terkemuka.

Pemerintah gagal membayar utang luar negeri $51 miliar pada bulan April dan bank sentral memperkirakan rekor kontraksi PDB delapan persen tahun ini.

Setelah berbulan-bulan negosiasi, Dana Moneter Internasional pada hari Kamis menyetujui paket bailout bersyarat $2,9 miliar untuk memperbaiki keuangan Sri Lanka yang babak belur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.