Sukses

Pakar COVID-19 AS Anthony Fauci Pensiun, Joe Biden Ucapkan Terima Kasih

Joe Biden mengucapkan terima kasih atas jasa Anthony Fauci dalam menangani COVID-19 di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington D.C - Anthony Fauci akan mengundurkan diri sebagai kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) dan kepala penasihat medis untuk Presiden Joe Biden.

Dr Fauci, yang menjabat sebagai direktur NIAID selama 38 tahun, mengatakan dia akan meninggalkan kedua posisi itu pada Desember untuk "mengejar babak berikutnya" dalam karirnya.

"Merupakan kehormatan seumur hidup untuk memimpin NIAID," kata Dr Fauci (81) dalam sebuah pernyataan.Ia menjadi wajah respon bangsa terhadap Covid-19 di masa pandemi.

Pada hari Senin, Biden mengucapkan terima kasih atas "semangat, energi, dan integritas ilmiahnya".

"Amerika Serikat lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih sehat karena dia," tulis presiden dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan Juli, Dr Fauci mengatakan dia akan pensiun sebelum akhir masa jabatan Biden saat ini.

Dr Fauci pertama kali bergabung dengan National Institutes of Health pada tahun 1968, ketika Lyndon Johnson menjadi presiden.

Dia diangkat menjadi direktur NIAID, cabang penyakit menular nasional, pada tahun 1984, sementara epidemi AIDS berkecamuk. 

Dia telah menjabat di bawah tujuh presiden sejak - dari Ronald Reagan dari Partai Republik hingga Joe Biden dari Demokrat. Baru pada tahun 2020, dengan dimulainya pandemi virus corona, ia menjadi dokter paling terkenal di Amerika.

Dr Fauci menjadi sorotan media yang sering muncul di AS dan luar negeri saat ia muncul sebagai wajah perjuangan Amerika melawan virus corona. Dia juga menjadi sosok polarisasi selama waktu itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Jadi Dokter

Sementara dia mendapatkan penggemar - petisi untuk menamainya "Pria Terseksi" majalah People pada tahun 2020 mengumpulkan lebih dari 28.000 tanda tangan - dia juga membuat marah beberapa orang di sebelah kanan yang melihatnya sebagai wajah publik dari lockdown dan mandat masker. 

Dan dia kadang-kadang bentrok dengan mantan presiden Donald Trump atas tanggapan pandemi.Meskipun Dr Fauci meninggalkan pemerintahan, dia menjelaskan pada hari Senin bahwa dia tidak pensiun dari dunia kedokteran sama sekali.

"Saya berencana untuk mengejar fase berikutnya dalam karir saya sementara saya masih memiliki begitu banyak energi dan semangat untuk bidang saya," katanya.

Dr Fauci, yang akan berusia 82 tahun pada 24 Desember, tidak menetapkan tanggal pasti keberangkatannya.

3 dari 4 halaman

Ikon COVID-19 di AS

Fauci berkali-kali mendesak orang Amerika Serikat agar divaksinasi. Sebagian besar melakukannya namun jutaan orang Amerika yang vokal mengklaimnya sebagai gangguan pada kebebasan pribadi mereka. Banyak dari mereka yang menyangkal keampuhan vaksin yang tersedia secara luas itu, meninggal, dan seringkali mengaku salah pada hari-hari terakhir hidup mereka.

Fauci, yang kemudian ditunjuk oleh Presiden Joe Biden sebagai kepala penasihat medisnya, mendukung penutupan pusat kebugaran, bar dan restoran dan penutupan sekolah pada bulan-bulan awal pandemi, yang memicu kemarahan beberapa pejabat pemerintah negara bagian dan lokal yang konservatif.

Tetapi Fauci juga sangat meremehkan momok pandemi dan jumlah kematian di AS, yang sekarang telah menewaskan lebih dari satu juta orang di AS, lebih banyak daripada di negara lain mana pun. Seperti pejabat kesehatan lainnya, ia pada awalnya mengatakan orang-orang di tempat umum tidak perlu memakai masker dan awalnya tidak menyadari bahwa orang tanpa gejala juga merupakan penyebar virus.

4 dari 4 halaman

Diragukan Donald Trump

Para pengecam mengolok-olok kesalahannya. Menjelang akhir masa kepresidenannya, Trump mempertanyakan keahlian Fauci, keputusan mengenai pemakaian masker, dan asal-usul virus itu di China.

Banyak pakar kesehatan mengandalkan pengetahuannya tentang penyakit menular, dan ia selalu hadir dalam acara berita televisi yang memberi orang Amerika saran terbaru tentang cara mengatasi COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.