Sukses

Sempat Gagal, NASA Akan Luncurkan Roket Artemis I ke Bulan pada Sabtu 3 September 2022

Badan antariksa NASA berencana untuk meluncurkan roket ke Bulan pada Sabtu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan antariksa AS, NASA mengatakan akan mencoba meluncurkan roket menuju Bulan pada hari Sabtu 3 September 2022. Sebelumnya, upaya peluncuran pada Senin 29 September dibatalkan ketika salah satu dari empat mesin pada kendaraan tidak mau dingin ke suhu operasi yang diperlukan.

Setelah meninjau data, para insinyur yakin bahwa mereka sekarang mengerti mengapa masalah itu terjadi.

Mereka pikir itu mungkin terkait dengan pembacaan sensor yang tidak akurat dan mereka dapat mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah pada hari peluncuran. Ini melibatkan memulai proses pendinginan mesin lebih awal dalam hitungan mundur.

"Kami memiliki jalan ke depan untuk mencapai tempat yang kami butuhkan, untuk mendukung peluncuran berikutnya," kata John Honeycutt, yang mengelola proyek roket Space Launch System (SLS) di NASA

Peluncuran pada Sabtu mendatang akan dijadwalkan pada 14:17 waktu setempat (18:17 GMT; 19:17 BST) di Kennedy Space Center di Florida.

Pengendali akan diberikan waktu dua jam untuk mengeluarkan roket dari Bumi.

SLS adalah kendaraan peluncuran terbesar yang pernah dikembangkan oleh badan antariksa AS. Ini setara modern dari roket Saturn V yang mengirim manusia ke Bulan pada 1960-an dan 70-an - tetapi dengan dorongan yang jauh lebih besar dari landasan peluncuran.

SLS akan mengirim kapsul kru baru yang besar yang disebut Orion dalam serangkaian misi ke Bulan di bawah program Artemis NASA. 

Misi pertama ini disebut Artemis I dan akan menjadi demonstrasi tanpa awak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permasalahan Mesin

Penyebab keropos pada hari Senin itu tidak terkait dengan mesin itu sendiri (Nomor Mesin 3), melainkan dengan sistem yang mengkondisikannya untuk terbang. 

Unit daya tidak boleh dikejutkan oleh injeksi propelan super dingin secara tiba-tiba; itu malah harus diturunkan perlahan ke suhu operasi yang benar (-250C) sebelum diluncurkan dengan mengeluarkan beberapa hidrogen cair dari tangki tahap inti di atas.

Pada hari Senin, pembacaan sensor menunjukkan mesin kurang dari 15-20 derajat celcius dari tempat yang seharusnya.

Para insinyur percaya sistem bleed-through bekerja dengan baik; hanya saja sistem sensornya tidak secara akurat mencerminkan kondisi suhu yang sebenarnya.

3 dari 4 halaman

Bergantung Cuaca

Tim teknisi berencana untuk memulai proses pendinginan sekitar 45 menit lebih awal dalam hitungan mundur pada hari Sabtu.

"Kami akan mencoba meluncurkan pada tanggal ketiga (September). Dan, Anda tahu, dalam upaya sebelumnya, upaya kemarin, kami mengatakan bahwa jika kami tidak dapat mengkondisikan mesin secara termal, kami tidak akan meluncurkannya, dan itulah postur yang sama yang akan kita hadapi hari Sabtu," kata Mike Sarafin, manajer misi Artemis NASA.

Prakiraan cuaca untuk hari Sabtu tidaklah cerah. 

Saat ini, ada kemungkinan 60% bahwa pengontrol akan menemukan pelanggaran kriteria peluncuran mereka - terutama hujan. SLS tidak diperbolehkan lepas landas saat hujan.

Tapi petugas cuaca Mark Berger memberikan catatan positif.

"Kami punya waktu dua jam untuk bekerja. Hujan cenderung memiliki cukup banyak real estat di antara mereka, jadi saya masih berpikir kami memiliki peluang yang cukup bagus dari segi cuaca untuk diluncurkan pada hari Sabtu," katanya kepada wartawan.

4 dari 4 halaman

NASA Akan Kirim Astronaut Penduduk Asli Amerika ke Antariksa

Bulan depan NASA akan mengirim kru baru ke luar angkasa. Dan untuk pertama kalinya akan ada seorang wanita penduduk asli Amerika di atas kapal. 

Astronaut Nicole Aunapu Mann, dari Wailacki dari Suku Indian Round Valley, akan menjadi komandan misi - bertanggung jawab atas semua fase penerbangan, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (21/8).

Dia akan pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 29 September, kata Nasa.

"Ini sangat menarik," katanya kepada surat kabar Indian Country Today.

"Saya pikir penting bagi kita untuk mengkomunikasikan hal ini kepada komunitas kita, sehingga anak-anak Pribumi lainnya ... menyadari bahwa beberapa hambatan yang dulu ada di sana benar-benar mulai rusak," tambahnya.

Ms Mann mengatakan bahwa dalam 3,3 lb (1,4kg) yang dialokasikan untuk barang-barang pribadi dia akan mengambil "dreamcatcher yang diberikan ibu saya kepada saya ketika saya masih sangat muda".

Menurut Indigenous Foundation, dreamcatcher melambangkan persatuan dan memberikan perlindungan.

Mann akan bersama tiga rekannya di pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon sebagai bagian dari misi Crew-5.

Dia juga bisa pergi ke Bulan. Pada tahun 2020 dia terpilih untuk berada di kumpulan astronaut yang memenuhi syarat untuk program Artemis Nasa yang akan mengirim manusia ke Bulan.

Mann, berasal dari California, belajar teknik mesin di universitas Stanford.

Dia menjadi kolonel di Korps Marinir, menerbangkan berbagai pesawat tempur. Dia telah dikerahkan dua kali di kapal induk yang mendukung operasi tempur di Irak dan Afghanistan, dan dianugerahi enam medali atas jasanya kepada militer AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.