Sukses

Provinsi Hebei di China Kembali Berlakukan Lockdown Bagi Jutaan Orang

Pemerintah provinsi Hebei kembali memberlakukan lockdown akibat merebaknya COVID-19.

Liputan6.com, Hebei - Beberapa kota besar China meningkatkan pembatasan COVID-19 pada Selasa (30 Agustus), dengan pihak berwenang menggandakan upaya untuk menahan virus corona menjelang pertemuan kunci Partai Komunis yang berkuasa tahun ini.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (30/8/2022), hampir 4 juta orang di provinsi Hebei, yang mengelilingi Beijing, diperintahkan untuk tinggal di rumah sampai akhir minggu ketika para pejabat bergegas untuk mengekang penyebaran virus kecil.

Dan lebih dari 13 juta orang di kota pelabuhan tetangga Tianjin harus menjalani tes massal mulai pukul 6 pagi waktu setempat, setelah 51 kasus yang sebagian besar ringan dilaporkan.

Longhua, sebuah distrik Shenzhen dengan 2,5 juta penduduk, pada hari Selasa menutup berbagai tempat hiburan dan pasar grosir dan menangguhkan acara besar.

Orang-orang harus menunjukkan bukti hasil tes negatif dalam waktu 24 jam untuk memasuki kompleks perumahan, dan restoran harus membatasi jumlah pelanggan tidak lebih dari 50 persen dari kapasitas mereka, kata otoritas distrik Longhua. Pembatasan baru diharapkan akan berakhir pada hari Sabtu.

Langkah-langkah tersebut mengikuti langkah-langkah serupa yang diumumkan pada hari Senin yang mencakup tiga distrik lain yang mempengaruhi lebih dari 6 juta di Shenzhen, yang telah memerangi beberapa wabah sub-varian Omicron tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masa Lockdown

Di Dalian, pelabuhan utama di timur laut China yang penting untuk impor kedelai dan bijih besi, daerah perkotaan utama dengan sekitar 3 juta penduduk pada hari Selasa memasuki lockdown yang berlangsung hingga Minggu. Rumah tangga hanya diperbolehkan mengirim satu orang per hari untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Selama lockdown, pekerja yang tidak penting harus bekerja dari rumah, sementara perusahaan manufaktur harus memotong staf di tempat dan hanya menjalankan operasi dasar dan mendesak.

China adalah satu-satunya ekonomi global utama yang berpegang pada kebijakan nol-COVID, dan penguncian, pembatasan perjalanan, dan pengujian massal telah mengganggu bisnis dan mendinginkan pertumbuhan.

Beijing telah menggandakan kebijakan menjelang Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis, yang diperkirakan akan berlangsung dalam tiga bulan ke depan.

 

3 dari 4 halaman

Situasi COVID-19 Memburuk

Penanganan pandemi secara luas dipandang sebagai pusat warisan politik Presiden Xi Jinping, yang akan dilantik untuk masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya pada pertemuan tersebut.

Tetapi "situasi COVID yang sebenarnya di China mungkin memburuk, karena Omicron sekali lagi menyebar ke kota-kota besar", analis Nomura Ting Lu memperingatkan dalam sebuah catatan penelitian.

Chengdu, kota terbesar di China barat, juga mengalami pembatasan perjalanan yang ketat. 

Distrik Wuhou dan Qingyang pada hari Selasa menangguhkan banyak tempat dan kelompok wisata dan berencana untuk menunda dimulainya semester musim gugur untuk sekolah, setelah distrik Jinniu pada hari Senin memperketat pembatasan. Ketiga kabupaten tersebut memiliki total sekitar 3,5 juta penduduk. 

4 dari 4 halaman

Pusat Elektronik Ikut Ditutup

Pasar elektronik terbesar di dunia di Huaqiangbei juga telah ditutup - meskipun hanya 35 kasus harian yang dilaporkan di kota berpenduduk lebih dari 18 juta.

"Pemberitahuan penutupan datang tiba-tiba, kami hanya punya beberapa jam untuk memasukkan stok kami ke gudang dan menguncinya," kata seorang pedagang di pasar teknologi Huaqiangbei, yang hanya menawarkan nama belakangnya Chen, kepada AFP.

Di Futian, di mana pemerintah kota berada, bioskop, bar karaoke, dan taman ditutup hingga Jumat dan acara publik besar telah dibatalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.