Sukses

1 September 2015: Krisis Migran Eropa Picu Hungaria Tutup Stasiun Kereta Budapest untuk Pengungsi

Hungaria menangguhkan semua lalu lintas kereta api dari terminal utamanya di Budapest dan membersihkan stasiun kereta api dari ratusan migran yang mencoba naik kereta.

Liputan6.com, Budapest - 1 September 2015, piihak berwenang Hungaria memutuskan untuk menutup stasiun utama Budapest dikarenakan para pengungsi dan migran melakukan kekacauan dan kegaduhan sehari sebelumnya pada Senin 31 Agustus, ketika orang-orang yang telah berkemah di luar selama berminggu-minggu tiba-tiba diizinkan pergi ke Austria dan Jerman tanpa pemeriksaan visa.

Langkah tersebut dilakukan menyusul penutupan total stasiun yang telah dilakukan sebelumnya, ketika semua kereta ke barat telah dihentikan untuk berangkat. 

Polisi bersenjata lengkap mengepung bagian depan stasiun Keleti yang megah dan runtuh dan puluhan pengungsi dan migran yang berada di dalam dipaksa keluar.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan Hungaria sedang berusaha untuk menegakkan hukum Uni Eropa, yang mengharuskan siapa saja yang ingin melakukan perjalanan di zona Schengen tanpa batas untuk memegang paspor dan visa yang sah.

Penutupan stasiun bagi para pengungsi dan migran tampaknya sebagian didorong oleh tekanan dari negara-negara Uni Eropa lainnya yang berusaha mengatasi kedatangan dari Hungaria. Ratusan orang berdemonstrasi di luar stasiun, menuntut agar dibuka kembali bagi mereka dan mereka diizinkan melakukan perjalanan ke Jerman. Setelah melihat akhir perjalanan mereka, mereka membeli tiket dengan harga sekitar €100 atau senilai Rp 1.487.109,09 per orang, namun ditolak masuk pada Selasa pagi.

"Mengapa mereka menjual kepada kami tiket pulang-pergi? Kami adalah pengungsi, kami satu arah," kata Mohammed, yang telah melakukan perjalanan dari Damaskus bersama paman dan sepupunya. 

Rafir Kozma, 30, dari Suriah, mengatakan: “Saya datang ke sini dan mereka membeli tiket untuk tiga orang ke Munich. Harganya €370,20 atau sekitar Rp 5,5 juta. Pada jam 7 pagi ini dan polisi tidak mengizinkan saya masuk ke stasiun, dan setelahnya Anda melihat apa yang terjadi.”

Dilansir dari theguardian, ada adegan kacau di stasiun kereta api di Jerman. Sekitar 2.000 pengungsi dan migran tiba dengan kereta api dari Hungaria semalam. Polisi mengatakan ribuan lainnya diperkirakan akan datang sepanjang hari itu.

Polisi di stasiun di Munich dan Rosenheim di Bavaria mengawal penumpang yang mayoritas berasal dari Suriah, Irak, Afghanistan dan Eritrea turun dari kereta. Mereka mengalami kelelahan dan dehidrasi setelah perjalanan panjang dibawa ke pusat penerimaan tamu di seluruh Bavaria.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Distribusi Pengungsi

Angela Merkel, kanselir Jerman, mengatakan bahwa Jerman dapat mengatasi jumlah tersebut, tetapi pada hari Selasa 1 September 2016, dia kembali menekankan perlunya distribusi pengungsi yang lebih adil di seluruh Uni Eropa. Dia mengutarakan pendapatnya pada konferensi pers bersama di Berlin dengan perdana menteri Spanyol, Mariano Rajoy, sebelum pembicaraan di mana krisis migrasi menjadi fokus utama.

Saat orang-orang berteriak, “Jerman! Jerman!” setelah dijegal dari stasiun Keleti Budapest pada Selasa pagi, setelah yang lain diizinkan melakukan perjalanan tanpa hambatan ke Jerman dan Austria pada hari Senin, Berlin dan Wina menuntut jawaban dari pemerintah Hungaria.

Kanselir Austria, Werner Faymann, tidak menyembunyikan kemarahannya terhadap Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, yang memintanya untuk memastikan para pengungsi terdaftar sebelum mengizinkan mereka melintasi perbatasan.

“Bahwa mereka baru saja bergabung di Budapest dan mereka memastikan mereka melakukan perjalanan ke negara tetangga – politik macam apa itu?” katanya di televisi Austria.

Banyak yang tiba di Wina pada hari Senin melakukan perjalanan ke Salzburg, di perbatasan dengan Jerman, di mana mereka bermalam di stasiun kereta api dan dirawat oleh organisasi amal.

Kurang dari 10 dari sekitar 3.600 orang yang tiba di Austria telah mengajukan tempat tinggal di sana, kata pihak berwenang. Sisanya mengatakan mereka ingin pergi ke Jerman.

3 dari 4 halaman

Rute Kereta Api dari Budapest

Ketika pihak berwenang Jerman juga mempertanyakan mengapa Wina membiarkan banyak kereta melanjutkan ke Jerman, menteri dalam negeri Austria Johanna Mikl-Leitner menuduh Berlin membawa situasi itu sendiri. 

Pemerintah Merkel telah “membangkitkan harapan” pada para pengungsi ketika pekan lalu menyatakan tidak akan mengembalikan mereka yang berasal dari Suriah, katanya.

Pengungsi yang tiba di stasiun Munich dengan kereta malam meneriakkan "Ich liebe Angela Merkel", "I love Angela Merkel".

Organisasi sukarelawan membuat pengaturan darurat untuk memberi makan dan menyediakan air bagi pendatang baru di Munich, dan polisi kota mengatakan mereka telah memperkuat pasokan air. 

Para komuter dalam perjalanan mereka untuk bekerja di Munich membeli brezel atau roti gulung dan botol-botol air dan membagikannya kepada para pengungsi yang kelelahan.

Polisi di kota itu kemudian mengimbau masyarakat untuk berhenti membawa hadiah untuk para pengungsi, mengumumkan dalam sebuah tweet bahwa mereka telah "kewalahan" dengan jumlah perbekalan yang tersisa di stasiun Munich, termasuk bahan makanan dan popok.

Menteri Dalam Negeri Bavaria, Joachim Herrmann, menekankan bahwa tidak ada pengungsi dari Suriah yang akan dikirim kembali ke Hongaria, seperti biasa di bawah aturan Uni Eropa tetapi akan dikirim ke pusat penerimaan.

 

 

4 dari 4 halaman

Upaya Jerman dalam Menangani Krisis

Merkel mengirimkan pesan terkuatnya pada hari Senin bahwa Jerman memperkuat upayanya untuk menangani krisis, dengan mengatakan: "Jerman adalah negara yang kuat dan motifnya pasti: 'kami telah mengelola begitu banyak, kami dapat mengelola ini'," katanya pada konferensi pers di Berlin.

Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa situasinya harus dilihat dalam dimensi Eropa. “Jika Eropa gagal atas pertanyaan pengungsi itu bukan Eropa yang kita bayangkan,” katanya.

Michael Fuchs, wakil pemimpin serikat konservatif Christian Democratic Union/Christian Social Union di Bundestag, menyerukan lebih banyak yang harus dilakukan dalam mengintegrasikan pengungsi ke tempat kerja Jerman. Dia meminta pemerintah untuk mengatur kursus bahasa dan mengirim karyawan pusat kerja ke area penerimaan untuk menilai kualifikasi pendatang baru.

“Tidak masuk akal bagi mereka untuk berkeliaran di tenda-tenda dan jalanan” katanya kepada Radio DFL Jerman. “Itu hanya akan mengarah pada keadaan bergaya ghetto.” Fuchs menambahkan bahwa jumlah orang yang diharapkan mencari tempat tinggal di Jerman kemungkinan perlu direvisi lagi dari angka 800.000 yang diberikan oleh menteri dalam negeri Thomas de Maizière dua minggu lalu.

"Saya ingat bahwa pada awal tahun kami berbicara tentang 200.000 orang. Kemarin, angka satu juta sedang berputar-putar. Itu naik dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan. Kita juga tidak boleh mendapat kesan bahwa arus masuk ini akan berakhir pada akhir tahun. Kemungkinan akan berlanjut di nada yang sama tahun depan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.