Sukses

Menlu Pakistan Berharap Ada Bantuan Dana untuk Tangani Banjir Bandang

Pakistan tengah menghadapi musibah bencana alam besar yakni banjir bandang.

Liputan6.com, Islamabad - Pakistan membutuhkan bantuan keuangan untuk menangani banjir, kata menteri luar negerinya pada Minggu (28 Agustus), seraya menambahkan bahwa ia berharap lembaga keuangan seperti Dana Moneter Internasional (IMF) akan memperhitungkan dampak ekonomi.

Dilansir Channel News Asia, Senin (29/8/2022), hujan monsun yang luar biasa lebat telah menyebabkan banjir dahsyat di utara dan selatan negara itu, mempengaruhi lebih dari 30 juta orang dan menewaskan lebih dari 1.000 orang.

"Saya belum pernah melihat kehancuran dalam skala ini, saya merasa sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata ... itu luar biasa," kata Menteri Luar Negeri Pakistan Bilawal Bhutto-Zardari dalam sebuah wawancara dengan Reuters, menambahkan banyak tanaman yang menyediakan banyak mata pencaharian penduduk telah musnah.

"Jelas ini akan berpengaruh pada situasi ekonomi secara keseluruhan," katanya.

Negara Asia Selatan itu sudah berada dalam krisis ekonomi, menghadapi inflasi yang tinggi, mata uang yang terdepresiasi dan defisit transaksi berjalan.

Dewan IMF akan memutuskan minggu ini apakah akan mengeluarkan US$1,2 miliar sebagai bagian dari program bailout Pakistan tahap ketujuh dan kedelapan, yang masuk pada 2019.

Bhutto-Zardari mengatakan dewan diperkirakan akan menyetujui pembebasan tersebut mengingat kesepakatan antara pejabat Pakistan dan staf IMF telah dicapai dan dia berharap dalam beberapa bulan mendatang IMF akan mengenali dampak banjir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Bantuan Dunia

"Ke depan, saya berharap tidak hanya IMF, tetapi komunitas internasional dan badan-badan internasional untuk benar-benar memahami tingkat kehancuran," katanya.

Bhutto-Zardari, putra mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto yang terbunuh, mengatakan dampak ekonomi masih dinilai, tetapi beberapa perkiraan memperkirakannya mencapai US$4 miliar. Mengingat dampaknya terhadap infrastruktur dan mata pencaharian masyarakat, dia memperkirakan jumlah totalnya akan jauh lebih tinggi.

Bank sentral Pakistan telah menandai rekor curah hujan monsun sebagai ancaman terhadap hasil ekonomi mengingat dampaknya terhadap pertanian.

3 dari 4 halaman

Upaya Bantuan

Pakistan minggu ini akan meluncurkan seruan yang meminta negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk berkontribusi pada upaya bantuan, kata Bhutto-Zardari, dan negara itu perlu melihat bagaimana ia akan menangani dampak jangka panjang dari perubahan iklim.

“Pada tahap berikutnya, ketika kita melihat ke arah rehabilitasi dan rekonstruksi, kita akan melakukan pembicaraan tidak hanya dengan IMF, tetapi dengan Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia,” kata Bhutto-Zardari.

Bhutto-Zardari mengatakan setelah upaya bantuan, negara harus melihat bagaimana mengembangkan infrastruktur yang lebih tahan terhadap banjir dan kekeringan dan mengatasi perubahan besar yang dihadapi oleh sektor pertanian.

"Terlepas dari kenyataan bahwa Pakistan berkontribusi dalam jumlah yang dapat diabaikan terhadap jejak karbon keseluruhan ... kami hancur oleh bencana iklim seperti ini berulang kali, dan kami harus beradaptasi dengan sumber daya kami yang terbatas, bagaimanapun kami bisa, untuk hidup di lingkungan baru ini. lingkungan,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Operasi Bantuan Terhambat

Sebagian besar Sindh sekarang menjadi lanskap air yang tak berujung, menghambat operasi bantuan besar-besaran yang dipimpin militer.

"Tidak ada landasan atau pendekatan yang tersedia ... pilot kami merasa sulit untuk mendarat," kata seorang perwira senior kepada AFP.

Helikopter tentara juga berjuang untuk membawa orang ke tempat yang aman di utara, di mana bukit dan lembah curam membuat kondisi terbang berbahaya.

Banyak sungai di daerah itu, yang merupakan tujuan wisata yang indah - meluap, menghancurkan sejumlah bangunan termasuk hotel dengan 150 kamar yang ambruk menjadi arus deras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.