Sukses

Bangun Jaringan Universitas, ASEAN dan India Luncurkan Kerja Sama Pendidikan

Kerja sama antara India dan ASEAN di bidang pendidikan yakni peluncuran jaringan universitas.

Liputan6.com, Jakarta - ASEAN dan India melakukan kerja sama di bidang pendidikan, dengan membangun jaringan universitas. 

Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi menyambut para delegasi dari negara-negara ASEAN dan perwakilan dari universitas India, Nalanda University. 

"Saya dengan senang hati menyambut Anda semua ke Sekretariat ASEAN, untuk peresmian Universitas ASEAN-India ini.

Ia mengatakan bahwa program ini dilakukan bertepatan dengan hubungan antara kedua pihak di dekade ketiga.

"Kerja sama ini terjadi dan merupakan bagian dari hubungan yang produktif dan saling menguntungkan antara ASEAN dan India," ujar Sekjen Lim. 

Sekjen Lim berharap bahwa hubungan kerja sama ini dapat meningkatkan hubungan dan mobilitas antara kedua pihak. 

Kerja sama ini juga dinilai sangat penting untuk membantu mengatasi tantangan regional dan global, sekaligus untuk menghargai budaya, sejarah dan nilai hubungan keduanya. 

"Saya senang bahwa universitas jaringan ASEAN-India akan menyediakan platform kepada orang-orang kami untuk berkolaborasi dalam penelitian dan inovasi, penciptaan pengetahuan baru dan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan pendidikan tinggi, termasuk fakultas dan peneliti dari ASEAN dan India." tambah Sekjen Lim.

"Jaringan ini diharapkan dapat memungkinkan aliran bebas ide dan pertukaran antar institusi pendidikan tinggi dari ASEAN dan India, dengan memungkinkan kedua belah pihak untuk memainkan peran penting dalam penelitian regional dan global di bidang minat yang sama," ujarnya lagi. .

Selain itu, jaringan ini tidak hanya akan berkontribusi pada rencana kerja ASEAN di bidang pendidikan, tetapi juga untuk berbagai inisiatif lintas sektoral, termasuk rencana induk konektivitas ASEAN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkuat Hubungan ASEAN-India

Dengan adanya kerja sama tersebut, Sekjen Lim juga menambahkan bahwa hubungan antara India dan ASEAN akan semakin dalam. 

"Selama 10 tahun terakhir, kita telah menyaksikan pendalaman hubungan ASEAN-India," ujar Sekjen Lim.

"Integrasi jaringan universitas ASEAN India akan lebih meningkatkan kolaborasi dan kemitraan kami dalam membangun kawasan yang damai dan berkelanjutan serta komunitas global. Saya mengucapkan selamat atas peluncuran jaringan universitas aset India dan mari kita terus tumbuh lebih kuat bersama," tutupnya kemudian

3 dari 4 halaman

Kerja Sama ASEAN-India

Dalam acara peluncuran tersebut, hadir pula Menteri Urusan Eksternal dan Edukasi, Rajkumar Ranjan Singh.

Ia menyebutkan bahwa acara ini membawa banyak dampak dan manfaat ke kawasan. Di antaranya, untuk mencapai target SDG (Sustainable Development Goals) secara lebih cepat. 

Kerja sama antara India dan ASEAN pun telah terbentuk secara luas, tak hanya di bidang pendidikan namun juga di bidang ekonomi hingga pertahanan. 

"India membayangkan ASEAN akan menjadi pusat Indo Pasifik baik secara harfiah maupun substansial. Interaksi kami dengan kaum muda secara keseluruhan serta dengan masing-masing negara telah berkembang sebagai hasil dari upaya kami di Indo Pasifik," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Histori Kerja Sama

Menteri Rajkumar menambahkan bahwa kerja sama antara ASEAN dan India dilakukan atas dasar nilai-nilai yang sama.

"Cara yang paling mendasar adalah prioritas pembaruan peradaban kita untuk pendidikan. Kemitraan kami dengan Asia Tenggara secara historis berkembang melalui pencarian pengetahuan, bahkan ikatan perdagangan dan politik telah mengikuti jalur dan melihat rintangan," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pengetahuan tetap menjadi pendorong mendasar orang-orang hingga orang mati.

"Ini juga merupakan logika yang mendasari dalam menawarkan beasiswa kepada siswa dari negara-negara anggota ASEAN," ujarnya lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.