Sukses

Tensi dengan China Makin Panas, Anggaran Militer Taiwan Bakal Meningkat Besar-Besaran

Meningkatnya tensi antara Taiwan dan China membuat Taiwan meningkatkan anggaran militernya.

Liputan6.com, Taipei - Taiwan mengusulkan pengeluaran pertahanan US$19 miliar untuk tahun depan pada hari Kamis, peningkatan dua digit pada tahun 2022 yang mencakup dana untuk jet tempur baru, beberapa minggu setelah China mengadakan latihan perang skala besar di sekitar pulau yang dipandangnya sebagai wilayah kedaulatannya.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (25/08/2022), China melakukan latihan militer terbesarnya di sekitar pulau yang diperintah secara demokratis itu setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi bulan ini. Perjalanan itu membuat marah Beijing, yang melihatnya sebagai upaya Washington untuk ikut campur dalam urusan dalam negeri China.

Keseluruhan anggaran pertahanan yang diusulkan oleh Kabinet Presiden Tsai Ing-wen menetapkan peningkatan 13,9 persen tahun-ke-tahun ke rekor T$586,3 miliar (US$19,41 miliar).

Itu termasuk tambahan T$108,3 miliar dalam pengeluaran untuk jet tempur dan peralatan lainnya, serta "dana khusus" lainnya untuk kementerian pertahanan. Pernyataan dari Direktorat Jenderal Anggaran, Akuntansi, dan Statistik tidak memberikan rincian ke mana uang itu akan pergi.

Pengeluaran pertahanan yang direncanakan, yang merupakan rekor tertinggi dan harus disetujui oleh parlemen, menandai pertumbuhan tahun keenam berturut-turut di pulau itu dalam pengeluaran pertahanan sejak 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenaikan Anggaran

Kenaikan dua digit pada 2022 menandai peningkatan tajam dibandingkan dengan pertumbuhan pengeluaran pertahanan pulau itu dalam beberapa tahun terakhir; pertumbuhan tahunan telah di bawah 4 persen sejak 2017.

Menteri Departemen Statistik Chu Tzer-ming mengatakan peningkatan pengeluaran pertahanan terutama akan digunakan untuk biaya operasional.

"Kami selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan nasional ... Itu sebabnya (anggaran untuk) biaya operasional meningkat pesat," kata Chu, menunjuk biaya seperti bahan bakar dan perawatan untuk pesawat dan kapal yang dikirim untuk melawan aktivitas militer China di dekat Taiwan.

3 dari 4 halaman

Pengeluaran Militer

Tidak termasuk anggaran tambahan untuk peralatan dan dana militer, pengeluaran pertahanan yang diusulkan mewakili peningkatan 12,9 persen tahun-ke-tahun, dibandingkan dengan peningkatan 20 persen dalam keseluruhan anggaran pemerintah yang diusulkan untuk tahun depan.

Pengeluaran yang diusulkan itu menyumbang 14,6 persen dari total pengeluaran pemerintah untuk tahun depan dan merupakan segmen pengeluaran terbesar keempat, setelah kesejahteraan sosial dan pengeluaran gabungan untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya, dan pembangunan ekonomi.

4 dari 4 halaman

Anggaran Pertahanan

Taiwan, tahun lalu mengumumkan anggaran pertahanan tambahan sebesar US$8,69 miliar pada tahun 2026, yang melebihi pengeluaran militer tahunannya, sebagian besar untuk senjata angkatan laut, termasuk rudal dan kapal perang.

Pada bulan Maret, China mengatakan akan menghabiskan 7,1 persen lebih banyak untuk pertahanan tahun ini, menetapkan angka pengeluaran pada 1,45 triliun yuan (US$211,62 miliar), meskipun banyak ahli menduga itu bukan angka yang sebenarnya, sebuah pernyataan yang dibantah pemerintah.

Tsai telah menjadikan modernisasi angkatan bersenjata - dipersenjatai dengan baik tetapi dikerdilkan oleh China - sebagai prioritas.

China membelanjakan peralatan canggih, termasuk pesawat tempur siluman dan kapal induk, yang coba dilawan oleh Taiwan dengan mengerahkan lebih banyak upaya ke senjata seperti rudal yang dapat menyerang jauh ke wilayah tetangga raksasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.