Sukses

Waspada, Ini 8 Benda Sehari-hari yang Berpotensi Bahaya hingga Picu Kematian

Tidak peduli apa yang Anda lakukan atau ke mana pun Anda pergi, pasti ada sesuatu yang mengancam hidup Anda. Kematian bisa saja mengintai.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak peduli apa yang Anda lakukan atau ke mana pun Anda pergi, pasti ada sesuatu yang mengancam hidup Anda. Bukan untuk menjadi dramatis, tapi kematian selalu mengintai siapa saja dan kapan pun.

Di manapun Anda berada, risiko kematian selalu ada.

Contohnya, jika Anda kebetulan menendang ember, sering kali itu terjadi karena sesuatu yang tidak pernah diduga. Begitupun kehidupan sehari-hari Anda, bisa saja jauh lebih mematikan daripada yang pernah Anda bayangkan.

Berikut ini delapan benda sehar-hari yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi kehidupan Anda, dikutip dari Oddee, Kamis (25/8/20220:

1. TV Layar Datar

Duduk di sofa sambil menonton TV sepanjang hari adalah gaya hidup yang tidak sehat, tetapi bukan itu yang sedang kita bicarakan. TV layar datar Anda menimbulkan ancaman yang jauh lebih serius bagi Anda dan keluarga Anda.

Bentuk sebagian besar TV layar datar pada dasarnya dirancang untuk menunduk. Dan meskipun mereka lebih ringan dari TV CRT kuno, mereka masih memiliki bobot yang cukup berat untuk menyebabkan kerusakan.

Contoh kasus, satu penelitian menemukan bahwa 17.000 anak dilarikan ke UGD sekitar tahun 1990 dan 2011 karena TV layar datar jatuh menimpa mereka. Jika Anda ingin membuat TV Anda lebih aman, pertimbangkan untuk memasang dudukan pada dinding Anda.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi mampu melindungi gigi Anda, tetapi tidak untuk seluruh tubuh Anda. Lagi pula, di setiap kemasannya selalu ada peringatan karena suatu alasan.

Menelan terlalu banyak pasta gigi (terutama yang mengandung fluoride di dalamnya) dapat menyebabkan banyak gejala berbahaya, yang secara kolektif dikenal sebagai overdosis pasta gigi. Antara lain, Anda (atau anak Anda) bisa mengalami kejang-kejang, penyumbatan usus, syok, masalah pernapasan, atau serangan jantung.

Kami tidak dapat menemukan statistik tentang berapa banyak orang yang meninggal karena overdosis pasta gigi setiap tahun. Mungkin tidak banyak, tetapi risikonya tidak nol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengenakan Syal

Apakah Anda tidak asing dengan Sindrom Isadora Duncan? Ini bukanlah penyakit tetapi ini adalah julukan ketika syal Anda tersangkut di mesin yang bergerak dan membunuh Anda.

Nama tersebut berasal dari penari Isadora Duncan. Pada tahun 1927, syal panjangnya tersangkut di roda mobilnya dan mencekiknya sampai mati.

Tidak ada statistik tentang berapa banyak orang yang terbunuh karena syal, tetapi kita tahu bahwa jika syal Anda tersangkut sesuatu, itu merupakan hal serius. Peristiwa semacam itu memiliki tingkat kematian 45%.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi adalah tugas yang merepotkan, tetapi itu harus dilakukan. Ketika Anda melakukannya, Anda perlu berhati-hati.

Banyak cairan pembersih kamar mandi mengandung pemutih. Produk pembersih rumah tangga lainnya, juga mengandung bahan kimia lain seperti amonia.

Jika Anda mencampur pemutih dan amonia, Anda akan menghasilkan asap beracun yang mematikan. Pemutih terdaftar sebagai bahan kimia rumah tangga yang mematikan.

 

3 dari 4 halaman

5. Tirai Jendela

Apakah Anda memiliki tirai kuno pada jendela Anda? Apakah Anda tahu, tirai dengan tali serut? Jika ya, Anda mungkin ingin menggantinya secepatnya.

Satu studi menemukan bahwa, rata-rata satu anak dalam sebulan mati tercekik oleh tali tirai jendela. Dan itu hanya berdasarkan kumpulan data yang dilihat oleh para peneliti.

Anda mungkin bisa menambahkan beberapa hewan peliharaan yang penasaran ke dalam daftar korban jiwa juga. Intinya adalah bahwa tirai jendela dengan tali serut bisa berdampak kematian.

6. Memakai Helm

Terkesan berlawanan dengan teori bahwa helm dapat membunuh anda. Helm dimaksudkan untuk menjaga keselamatan kepala Anda, bukan?

Tetapi semua jenis helm hanya melindungi Anda dari jenis benturan tertentu. Mengenakan helm yang salah pada waktu yang tidak tepat sebenarnya dapat mengakibatkan cedera yang jauh lebih buruk.

Kami tidak mengatakan bahwa Anda tidak boleh memakai helm saat berolahraga, tetapi Anda perlu memilih kegunaan helm yang tepat.

 

4 dari 4 halaman

7. Tempat Tidur

Apakah Anda menganggap diri Anda aman di tempat tidur Anda? Jangan bermimpi.

Menurut sebuah studi CDC, 737 orang meninggal setiap tahun karena jatuh dari tempat tidur mereka. Ini bukan jatuh yang parah, tetapi jika Anda terbentur ke lantai dengan kuat, dengan mudah Anda bisa mematahkan leher Anda.

Faktanya, di AS lebih banyak orang meninggal karena kecelakaan yang disebabkan oleh tempat tidur daripada karena terorisme atau kecelakaan pesawat. Tidur nyenyak malam ini!

8. Rumah Anda

Setiap barang dan perabot berbahaya! Buang semuanya dan berbaringlah di tengah ruangan yang kosong. Sekarang, Anda akhirnya bisa bersantai.

Tapi kamu masih di dalam rumahmu, kan? Kami tidak yakin bagaimana memberi tahu Anda ini, tetapi bahkan rumah Anda sedang bersekongkol melawan Anda.

Anda tahu, ada radon di mana-mana seperti, di udara, di air, di tanah.

Radon bersifat radioaktif, tetapi biasanya tidak berbahaya.

Namun, tekanan udara di dalam ruangan lebih rendah daripada di luar ruangan, yang dapat menyebabkan gas radon terkonsentrasi di rumah Anda. Radon yang terkonsentrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti kanker paru-paru.

Kesimpulannya, kita semua pasti akan mati, tidak peduli apa yang kita lakukan kapan pun atau di mana pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.