Sukses

Bongkahan Kerak Bumi Berusia 4 Miliar Tahun Ditemukan di Dekat Australia

Potongan kerak bumi yang usianya miliaran tahun ditemukan di bawah Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian baru menemukan potongan kerak Bumi berusia 4 miliar tahun seukuran Irlandia bersembunyi di bawah Australia Barat.

Dilansir dari laman Live Science, Rabu (24/8/2022), potongan kerak ini termasuk salah satu yang tertua di Bumi, meski bukan yang paling tua. 

Kehormatan sebagai kerak Bumi tertua milik bebatuan Perisai Kanada di pantai timur Teluk Hudson, yang berusia 4,3 miliar tahun. Sebagai informasi, Bumi berusia 4,54 miliar tahun.

Karena kerak Bumi terus-menerus bergejolak dan didorong kembali ke mantel oleh lempeng tektonik, sebagian besar permukaan berbatu planet ini terbentuk dalam beberapa miliar tahun terakhir. 

Namun, kerak tertua yang telah ditemukan, seperti bongkahan yang baru ditemukan di Australia Barat, cenderung berumur sekitar 4 miliar tahun.

Itu menunjukkan sesuatu yang istimewa terjadi di era sejarah Bumi itu, kata rekan penulis studi Maximilian Droellner, seorang mahasiswa doktoral di Curtin University di Australia.

"Ketika membandingkan temuan kami dengan data yang ada, tampaknya banyak wilayah di dunia mengalami waktu yang sama untuk pembentukan dan pelestarian kerak awal," kata Droellner.

"Ini menunjukkan perubahan signifikan dalam evolusi Bumi sekitar empat miliar tahun yang lalu, ketika bombardir meteorit berkurang, kerak stabil dan kehidupan di Bumi mulai terbentuk."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemukan di Dekat Australia

Potongan kerak purba yang tersembunyi berada di dekat tempat mineral tertua di Bumi sebelumnya ditemukan. Di Jack Hills Australia, para peneliti telah menemukan mineral kecil yang disebut zirkon yang berusia 4,4 miliar tahun. 

Mineral-mineral ini bertahan bahkan ketika bebatuan yang pernah menahannya telah terkikis. 

Bebatuan di sekitar Jack Hills, yang dikenal sebagai Narryer Terrane, juga bukan batu baru. Beberapa berusia 3,7 miliar tahun yang lalu. 

Petunjuk geokimia di sedimen di dekat wilayah ini menunjukkan bahwa mungkin ada kerak yang lebih tua yang terkubur di bawah batuan dan sedimen yang lebih baru di permukaan. 

Jadi Droellner dan rekan-rekannya memutuskan untuk menguji zirkon dalam sedimen dari Dataran Pesisir Scott, selatan Perth. Sedimen di dataran ini mengikis batuan yang lebih dalam di benua Australia. 

3 dari 4 halaman

Terkuak Usianya 4 Miliar Tahun

Untuk melakukan ini, para peneliti menguapkan zirkon dengan laser yang kuat, kemudian menganalisis komposisi dua pasang elemen radioaktif yang telah dibebaskan oleh laser, uranium dan timbal serta lutetium dan hafnium. 

Versi elemen-elemen yang terperangkap dalam zirkon ini membusuk selama miliaran tahun. 

Jumlah relatif dari setiap versi, atau isotop, memberi tahu peneliti berapa lama unsur-unsur tersebut telah membusuk, memberikan "waktu" pada usia zirkon. 

Penanggalan ini mengungkapkan bahwa batuan yang menyimpan mineral ini terbentuk antara 3,8 miliar dan 4 miliar tahun yang lalu. 

4 dari 4 halaman

Mempelajari Asalnya

Untuk mempelajari dari mana mineral ini berasal, para peneliti beralih ke data yang dikumpulkan oleh satelit yang mengorbit Bumi.

Karena ketebalan kerak bumi bervariasi, gravitasi sedikit bervariasi di seluruh permukaan planet. Dengan mengukur variasi gravitasi ini, para ilmuwan dapat mengetahui seberapa tebal kerak di lokasi yang berbeda.

Data gravitasi ini mengungkapkan segmen tebal kerak di bagian barat daya Australia Barat, kemungkinan merupakan lokasi kerak purba yang terkubur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.