Khawatir Serangan Rusia, Perayaan Kemerdekaan Ukraina Dilarang Digelar di Kota Kiev

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 23 Agu 2022, 11:38 WIB
Diperbarui 23 Agu 2022, 11:41 WIB
Rudal Rusia Hantam Depot Minyak Ukraina
Perbesar
Asap mengepul setelah serangan rudal Rusia menghantam depot minyak di kota Vasylkiv di luar Kiev, Ukraina (27/2/2022). Menteri luar negeri Ukraina mengatakan pada 27 Februari, bahwa Kyiv tidak akan menyerah pada pembicaraan dengan Rusia mengenai invasinya. (AFP/Dimitar Dilkof)

Liputan6.com, Jakarta - Ibu kota Ukraina, Kiev, melarang perayaan publik pekan ini untuk memperingati kemerdekaan dari kekuasaan Soviet, dengan alasan meningkatnya ancaman serangan Rusia dalam perang yang menurut PBB pada Senin (22 Agustus) telah menewaskan hampir 5.600 warga sipil, termasuk banyak anak-anak.

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (23/8/2022), dekat garis depan di selatan negara itu, Ukraina mengatakan Rusia menembakkan roket ke beberapa kota di utara dan barat pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, yang direbut oleh pasukan Rusia tak lama setelah mereka menginvasi Ukraina pada Februari.

Artileri dan tembakan roket di dekat kompleks reaktor nuklir Zaporizhzhia, di tepi selatan Sungai Dnipro, telah menyebabkan seruan agar daerah tersebut didemiliterisasi. Warga Ukraina yang tinggal di dekat pabrik menyuarakan kekhawatiran bahwa peluru bisa mengenai salah satu dari enam reaktor pabrik, dengan konsekuensi yang berpotensi menimbulkan bencana.

"Tentu saja, kami khawatir ... Ini seperti duduk di atas tong mesiu," kata Alexander Lifirenko, penduduk kota terdekat Enerhodar, yang sekarang berada di bawah kendali pasukan pro-Moskow.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah memperingatkan bahwa Moskow dapat mencoba "sesuatu yang sangat buruk" menjelang peringatan kemerdekaan ke-31 hari Rabu, yang juga menandai setengah tahun sejak invasi Rusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Serangan Rusia

Seorang nelayan mengamati asap yang mengepul di seberangnya setelah pasukan Rusia melancarkan serangan misil ke Distrik Vyshhorod, di pinggiran Kota Kiev, Ukraina, pada 28 Juli 2022. (Foto: AP/David Goldman)
Perbesar
Seorang nelayan mengamati asap yang mengepul di seberangnya setelah pasukan Rusia melancarkan serangan misil ke Distrik Vyshhorod, di pinggiran Kota Kiev, Ukraina, pada 28 Juli 2022. (Foto: AP/David Goldman)

Kiev jauh dari garis depan dan jarang terkena rudal Rusia sejak pasukan Ukraina menangkis serangan darat Rusia untuk merebut ibu kota pada Maret.

Namun pihak berwenang Kiev telah melarang acara publik yang berkaitan dengan peringatan itu dari Senin hingga Kamis karena kemungkinan serangan roket baru, sebuah dokumen menunjukkan.

Yurisdiksi lain juga membatasi pertemuan publik. Di Kharkiv, sebuah kota timur laut yang sering menjadi sasaran tembakan artileri dan roket jarak jauh yang mematikan, Wali Kota Ihor Terekhov mengumumkan perpanjangan jam malam yang berlaku mulai pukul 16.00 hingga 07.00 yang berlaku mulai Selasa hingga Kamis.

Di pelabuhan Mykolaiv dekat wilayah yang dikuasai Rusia di selatan, gubernur regional Vitaliy Kim mengatakan pihak berwenang merencanakan perintah pencegahan bagi penduduk untuk bekerja dari rumah pada hari Selasa dan Rabu dan mendesak orang-orang untuk tidak berkumpul dalam kelompok besar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Seruan Zelenskyy

FOTO: Rusia Serang Kiev Usai Presiden Ukraina Temui Sekjen PBB
Perbesar
Petugas kebersihan bersiap untuk membersihkan lokasi ledakan di Kiev, Ukraina, Jumat (29/4/2022). Rusia menyerang Kiev tak lama setelah pertemuan antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres pada Kamis malam. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Dalam pidato malam, Zelenskyy menyerukan tindakan hukuman baru di Rusia dari Eropa, yang bersiap untuk kekurangan energi setelah Moskow mengumumkan penghentian tiga hari untuk beberapa aliran gas ke benua itu sebagai pembalasan nyata terhadap sanksi Uni Eropa.

Rusia membantahnya, menyalahkan pemotongan sanksi itu sendiri dan berbagai masalah teknis.

"Satu-satunya pertanyaan adalah berapa banyak nyawa yang dapat diambil Rusia sebelum reaksi dari komunitas internasional menjadi benar-benar nyata bagi mereka yang bertanggung jawab," kata Zelenskyy dalam pidato video pada Senin malam.


Khawatir Serangan Rusia

Hari ke-40 Perang, Warga Ukraina berduka menghadiri pemakaman
Perbesar
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memeriksa lokasi pertempuran baru-baru ini di Bucha dekat dengan Kiev, Ukraina, Senin, 4 April 2022. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Kekhawatiran akan serangan intensif meningkat setelah Layanan Keamanan Federal Rusia pada hari Senin menuduh agen Ukraina membunuh Darya Dugina , putri seorang ideolog ultra-nasionalis Rusia, dalam serangan bom mobil di dekat Moskow yang oleh Presiden Vladimir Putin disebut "jahat". Ukraina membantah terlibat.

Kedua belah pihak saling menyalahkan atas seringnya penembakan di pembangkit nuklir Zaporizhzhia, di mana Kyiv menuduh Moskow menempatkan pasukan dan menyimpan perangkat keras militer. Rusia membantahnya dan menuduh Ukraina menargetkan Zaporizhzhia dengan drone.

Semalam, pasukan Rusia menembakkan roket ke kota-kota terdekat Nikopol, Krivyi Rih dan Synelnykovskyi, tulis gubernur regional daerah itu, Valentyn Reznichenko, di Telegram.

Moskow meminta pertemuan Dewan Keamanan PBB diadakan pada hari Selasa untuk membahas pabrik Zaporizhzhia, kantor berita milik negara Rusia RIA melaporkan, mengutip Wakil Duta Besar untuk PBB Dmitry Polyanskiy.

Di selatan, pertempuran dan ledakan baru dilaporkan terjadi di Kherson yang diduduki Rusia dan di semenanjung Krimea, yang dianeksasi Moskow pada 2014. 

Infografis 6 Cara Bantu Orang Lain Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis 6 Cara Bantu Orang Lain Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya