Sukses

Kekeringan Berdampak ke Pasokan Listrik, Situs Ikonik Shanghai Dipadamkan

Kekeringan yang mengakibatkan pasokan listrik ikut terdampak, membuat situs ikonik di Shanghai dipadamkan.

Liputan6.com, Shanghai - Cakrawala ikonik di kota Shanghai di China - yang disebut The Bund - tidak akan dinyalakan selama dua malam untuk menghemat listrik, kata para pejabat.

Dilansir BBC, Selasa (22/8/2022), area tepi laut - yang terkenal dengan perpaduan bangunan bersejarah dan futuristiknya - merupakan tujuan wisata yang populer.

Di tempat lain di China, produsen besar di provinsi Sichuan mengatakan kepada BBC bahwa mereka terkena pemadaman listrik.

Sebagian besar ekonomi terbesar kedua di dunia itu menghadapi kekeringan parah di tengah gelombang panas yang memecahkan rekor.

Dalam pemberitahuan pada hari Minggu, Biro Administrasi Lansekap dan Penampilan Kota Shanghai mengatakan bangunan di Bund, yang terletak di sepanjang sungai terbesar di kota itu, tidak akan dinyalakan pada hari Senin dan Selasa.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," katanya, dalam pemberitahuan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringatan Soal Kekeringan

China mengeluarkan peringatan kekeringan nasional pertama tahun ini pekan lalu, setelah daerah-daerah termasuk Shanghai di wilayah Delta Yangtze dan Sichuan di barat daya China mengalami panas ekstrem selama berminggu-minggu.

'Peringatan kuning' adalah tingkat paling parah ketiga dalam skala resmi.

Pejabat di provinsi Sichuan, di mana suhu telah melebihi 40C (104F), mengatakan dalam sebuah pernyataan baru-baru ini bahwa kenaikan suhu dan curah hujan yang rendah, bersama dengan peningkatan permintaan untuk AC, telah menyebabkan kekurangan listrik.

Provinsi tersebut telah memperpanjang langkah-langkah penghematan listriknya selama lima hari hingga Kamis, menurut laporan media. Ini membatasi pasokan listrik ke beberapa bisnis industri. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pabrik Mobil Ikut Terdampak

Produsen mobil Jerman Volkswagen mengatakan kepada BBC bahwa pabriknya di Chengdu - yang merupakan ibu kota Sichuan - tetap tutup.

Seorang juru bicara Volkswagen mengatakan perusahaan mengharapkan "sedikit penundaan" dalam pengiriman yang bisa pulih "dalam waktu dekat". 

"Kami sedang memantau situasi dan menjalin hubungan dekat dengan pemasok kami," tambah juru bicara itu.

Pemasok Apple Foxconn, yang juga menutup pabriknya di Sichuan, mengatakan dampak pada produksinya saat ini "tidak signifikan".

Sementara itu, raksasa mobil Jepang Toyota mengatakan kepada BBC bahwa mereka secara bertahap melanjutkan produksi di Sichuan "menggunakan pembangkit listrik internal".

4 dari 4 halaman

Dampak Pemadaman Listrik

Dampak pemadaman listrik kemungkinan akan berumur pendek, Chenyu Wu, seorang analis asosiasi untuk China dan Asia Utara di konsultan Control Risks, mengatakan kepada BBC.

"Upaya lokal untuk menghemat listrik dan meningkatkan pembangkitan kemungkinan akan membantu mengurangi situasi kekurangan listrik dalam beberapa minggu mendatang, terutama jika gelombang panas yang sangat diharapkan akan segera berakhir," katanya.

Pihak berwenang telah bergerak untuk memicu curah hujan di beberapa bagian China tengah dan barat daya di tengah gelombang panas, yang merupakan rekor terpanjang di negara itu. 

Provinsi di sekitar Sungai Yangtze yang dilanda kekeringan - jalur air terpanjang di Asia - telah beralih ke operasi penyemaian awan untuk memerangi kurangnya hujan, sementara Hubei dan sejumlah provinsi lain telah meluncurkan roket yang membawa bahan kimia ke langit, menurut media lokal.

Tetapi kurangnya tutupan awan telah menghentikan upaya di beberapa daerah yang berusaha melakukan hal yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.