Sukses

Efek Perubahan Iklim, Lebah Tunjukkan Tanda-Tanda Stres

Koleksi lebah museum menunjukkan hewan ini semakin tertekan oleh perubahan iklim, menurut penelitian baru yang diterbitkan para ilmuwan dari Imperial College London dan National History Museum.

Liputan6.com, Jakarta - Koleksi lebah museum menunjukkan hewan ini semakin tertekan oleh perubahan iklim, menurut penelitian baru yang diterbitkan para ilmuwan dari Imperial College London dan National History Museum.

Para peneliti memotret ribuan lebah untuk mempelajari evolusi bentuk hewan ini selama abad ke-20, seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (21/8/2022).

Koleksi serangga di National History Museum di London digunakan para peneliti untuk mempelajari kadar stres hewan tersebut dari waktu ke waktu. Para peneliti mengatakan bentuk asimetri tubuh, khususnya sayap mereka, merupakan indikator yang baik dalam mengukur kadar stres pada hewan serangga.

Setelah membandingkan evolusi asimetri itu dengan data cuaca, para peneliti dapat menarik sejumlah kesimpulan.

Aoife Cantwell-Jones, mahasiswa doktoral di Imperial College London, salah seorang penulis bersama penelitian ini, mengemukakan,"Tampaknya pada tahun-tahun yang secara umum lebih panas dan sedikit lebih basah, kami mendapati sayap itu lebih berbeda pada lebah yang sama. Jadi ini bisa menjadi indikator bahwa lebah mungkin mengalami tekanan cukup besar dalam tahun-tahun itu.”

Spesimen lebah yang diteliti berasal dari tahun 1900 hingga 2000. Para peneliti mendapati bahwa pada paruh akhir abad ke-20 ada peningkatan bukti mengenai stress tersebut.

Selain menunjukkan tren pada abad ke-20, penelitian ini juga dapat memprediksi masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya Eksploitasi Lebah

Cantwell-Jones menambahkan, "Kita harus berhati-hati untuk tidak melakukan ekstrapolasi terlalu banyak karena tentu saja mungkin ada hal-hal lain yang berkontribusi pada perbedaan bentuk.

Tetapi mengingat perubahan iklim dan kami perkirakan cuaca akan lebih panas, saya pikir kita bisa merasa lebih khawatir mengenai keadaan lebah-lebah ini pada masa depan.”

Lebah sangat penting bagi ekosistem kita karena mereka berperan dalam penyerbukan. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), sepertiga produksi pangan dunia tergantung pada lebah, dan populasi mereka telah berkurang selama lebih dari satu dekade ini.

Para ilmuwan menyalahkan ini pada serangkaian faktor, termasuk insektisida yang disebut neonikotinoid, parasit, penyakit, perubahan iklim dan kurangnya pasokan pangan yang beragam.

Penelitian kedua menganalisis DNA lebih dari 100 ekor lebah dengan menggunakan teknologi terbaru untuk pertama kalinya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Penelitian Lewat DNA Lebah

Dr Richard J. Gill,dosen senior di Imperial College London dan kepala peneliti pada proyek riset lebah mengatakan, pada penelitian sebelumnya mereka mengambil sejumlah DNA dari lebah.

Tetapi metode ini hanya dapat mengambil sedikit sekali bagian DNA dan hanya sebagian kecil saja dari genome. Dengan teknik baru, peneliti dapat mengekstrasi sedikitnya 40 hingga 50 persen genom.

Ia menambahkan,"Ini memberi gambaran lebih besar mengenai apa yang kita sebut marker atau penanda di seluruh genom yang dapat kita gunakan untuk memahami apakah keragaman berubah.”

Metode yang mereka gunakan untuk membuat sekuensi genom lebah biasanya digunakan untuk mamut dan manusia purba.

Penelitian ini digunakan terhadap spesimen yang berasal dari jaringan museum Inggris, termasuk Natural History Museum, yang memiliki koleksi terbesar.

Hasil kedua penelitian itu diterbitkan 18 Agustus lalu di Journal of Animal Ecology dan Methods in Ecology & Evolution.

4 dari 4 halaman

Taktik Super Jitu Lebah Madu Agar Mampu Bertahan Hidup

Lebah madu dapat mengontrol suhu dengan cara yang menakjubkan, mulai dari menjaga sarang untuk tetap dingin dari gelombang panas hingga "memasak" musuhnya hidup-hidup.

Hornet atau lebih dikenal sebagai tawon besar, bisa menjadi sangat ganas. Beberapa dari mereka suka mencari cara untuk menghancurkan sarang lebah, memenggal kepala tuan rumah, dan meninggalkan koloni tersebut dalam reruntuhan.

Namun, hornet sang pemberani yang menyerang koloni lebah madu Jepang, mungkin akan mendapatkan lebih dari yang bisa ditawarkan, seperti dikutip dari laman DW Indonesia, Minggu (7/8/2022).

Saat hornet mencoba memasuki sarang, para pasukan pertahanan siap mengerumuni sang penyerang. Ratusan lebah berdengung keras, suhu di jantung sarang mereka pun meningkat menjadi 46 derajat Celsius. Ketika kawanan lebah itu perlahan berpencar, mereka meninggalkan seekor hornet yang tewas dimasak hidup-hidup oleh calon mangsanya.

"Bola panas pertahanan lebah" adalah taktik berisiko tinggi. Beberapa tentara lebah biasanya turut kehilangan nyawa mereka bersama dengan sang hornet. Taktik ini pun tidak umum untuk semua spesies lebah, tetapi prinsip untuk bekerja sama demi kebaikan koloni, dan dengan terampil mengendalikan suhu, digaungkan di sarang lebah seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.