Sukses

Olahraga Apa yang Cocok untuk Hilangkan Lemak di Perut? Ini Kata Sains

Berikut ini penjelasan secara sains tentang olahraga yang cocok untuk menghilangkan lemak di perut.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga apa yang membakar lemak perut?

Sangat mudah untuk memahami mengapa ini sering menjadi pertanyaan kebugaran, dengan banyak orang menyebut bagian tengah tubuh yang lebih kencang sebagai salah satu motivasi utama mereka untuk berolahraga. 

Dikutip Live Science, Minggu (21/8/2022), ada banyak mitos seputar subjek yang sangat perlu dibantah. Pertama dan terpenting di antara mereka: sebagian besar studi ilmiah menunjukkan bahwa tidak mungkin untuk menemukan pengurangan lemak tubuh dari satu area yang ditargetkan (seperti perut) pada satu waktu. 

Namun, Anda dapat menurunkan persentase lemak tubuh secara keseluruhan dengan meningkatkan tingkat aktivitas dan menurunkan kalori.

Tidak ada latihan khusus, bahkan yang berfokus pada otot di perut, dapat digunakan untuk menargetkan lemak perut. Fisioterapis Sammy Margo, dari Deep Heat and Deep Freeze(terbuka di tab baru), menunjuk beberapa penelitian untuk mendukung hal ini.

"Satu studi yang menargetkan lemak perut dengan latihan selama 6 minggu tidak menunjukkan perbedaan lemak perut. Studi lain pada 40 wanita kelebihan berat badan dan obesitas menemukan bahwa latihan ketahanan perut selama 12 minggu tidak berpengaruh pada kehilangan lemak perut dibandingkan dengan perubahan pola makan saja."

Studi selama 12 minggu di mana 104 peserta yang menyelesaikan program pelatihan yang melatih satu tangan hanya menemukan bahwa beberapa kehilangan lemak secara keseluruhan memang terjadi, tetapi tidak pada lengan yang sedang dilatih. 

Dan beberapa studi telah mengkonfirmasi bahwa pengurangan titik tidak efektif untuk membakar lemak di area tubuh tertentu, termasuk lengan dan perut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lemak dalam Tubuh

Alasan untuk ini, dan proses kehilangan lemak, jauh dari sederhana, seperti yang dijelaskan Margo.

"Lemak dalam sel tubuh berupa trigliserida yang disimpan dalam lemak tubuh yang dapat digunakan untuk memasok energi," katanya. 

"Sebelum dapat digunakan untuk energi, trigliserida harus dipecah menjadi molekul yang lebih kecil – asam lemak bebas dan gliserol – yang masuk ke aliran darah. Molekul yang lebih kecil ini digunakan untuk menghasilkan energi. 

"Saat Anda berolahraga, trigliserida bisa berasal dari salah satu sel lemak dalam tubuh, tidak hanya dari area tubuh yang sedang berolahraga."

Margo memang mengatakan ada beberapa penelitian kecil yang bertentangan dengan gandum, mendukung pengurangan lemak tubuh. Dia mengatakan bahwa studi lebih lanjut ke subjek diperlukan untuk menarik kesimpulan yang lebih pasti. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Faktor Lemak

Di mana Anda kehilangan atau menambah lemak akan tergantung pada faktor kontekstual seperti gen, jenis kelamin dan usia Anda, serta tingkat stres, keseimbangan hormon, genetika, dan gaya hidup Anda. 

Misalnya, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di National Library of Medicine menemukan bahwa "adiposit gluteo-femoral wanita lebih besar daripada pria". Atau, dengan kata lain, wanita ditemukan memiliki lebih banyak lemak di sekitar pinggul dan paha daripada pria.

4 dari 4 halaman

Faktor dalam Tubuh

"Wanita cenderung menumpuk lemak di pinggul dan bokong mereka; pria biasanya menumpuk lemak di perut mereka," kata Margo.

"Obesitas cenderung menurun dalam keluarga, menunjukkan bahwa gen mungkin berperan. Gen juga dapat mempengaruhi jumlah lemak tubuh yang Anda miliki dan di mana di dalam tubuh disimpan".

Dia juga mengatakan usia berperan, karena "orang dewasa yang lebih tua cenderung memiliki lebih banyak lemak tubuh".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.