Sukses

HUT ke-77 RI, Organisasi Persahabatan Indonesia-Vietnam Gelar Perayaan di Ho Chi Minh

Dalam perayaan HUT ke-77 RI, banyak perwakilan Indonesia menggelar perayaan kemerdekaan termasuk Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Bertempat di Friendship Tower di Kota Paman Ho (Ho Chi Minh City), telah diselenggarakan acara peringatan untuk menyambut HUT ke-77 RI yang diinisiasi oleh Ho Chi Minh City Union of Friendship Organizations (HUFO) pada (16/8/2022).

Dilansir dari laman Kemlu, Kamis (18/8/2022), pada kesempatan ini, Nguyen Tanh Tuan perwakilan dari HCMC menyampaikan bahwa Indonesia dan Vietnam mempunyai kesamaan visi dalam perjuangan kemerdekaan dan menentang penjajahan.

Setelah sama-sama merdeka, hubungan Indonesia dan Vietnam telah berkembang pesat di semua sektor hingga pada puncaknya Indonesia dan Vietnam sepakat menjadi mitra strategis pada tahun 2013.

Kemeriahan acara dihadiri oleh para pejabat tinggi Ho Chi Minh City, Rektorat Universitas di HCMC, Konsul Jenderal negara ASEAN, Diaspora Indonesia maupun, kalangan undangan dari organisasi masyarakat Vietnam serta mahasiswa dari jurusan studi Indonesia University Social Sciences and Humanities (USSH) di HCMC.

Acara yang bertajuk “Colourful Indonesian Culture" menampilkan berbagai kreasi dari mahasiswa Vietnam terkait Indonesia, dari tarian, puisi, nyanyian hingga drama mengenai cerita rakyat Indonesia.

Tidak kurang dari 50 mahasiswa Vietnam telah berpartisipasi dalam acara ini, yang menjadi momen untuk meningkatkan minat para generasi muda Vietnam untuk mengenal Indonesia lebih jauh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusias Mahasiswa

Para mahasiswa yang berpartisipasi pada acara ini berbagi rasa senangnya dapat mengikuti dan merayakan HUT RI ke-77. Melalui kegiatan ini, generasi muda Vietnam dapat semakin mengenal sejarah dan budaya Indonesia lebih dalam.

Konsul Jenderal RI, Agustaviano Sofjan menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara Colourful Indonesian Culture yang telah menampilkan kreasi pemuda pemudi Vietnam. Kegiatan hari ini merupakan bukti eratnya persahabatan Indonesia dan Vietnam yang telah terjalin sejak jaman kerajaan.

KJRI sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia di HCMC berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Vietnam, melalui berbagai kegiatan promosi, fasilitasi bisnis, pemberian beasiswa, dan pelatihan tari dan budaya Indonesia.

Acara ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai simbol perayaan kemerdekaan Indonesia yang dibagikan ke seluruh hadirin.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton saat Upacara HUT ke-77 RI

Pada tahun ini, Presiden Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Dia pun bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

4 dari 4 halaman

Upacara di Istana Merdeka

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat ini akan dimulai pada pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI ini akan dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wurry diagendakan memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.