Sukses

William Ruto, Penjual Ayam yang Jadi Presiden Kenya

Kenya kini punya presiden baru, William Ruto yang saat ini menjadi pemimpin. Sosok penjaja ayam yang menjadi presiden terpilih Kenya.

Liputan6.com, Nairobi - Kenya kini punya presiden baru, William Ruto yang saat ini menjadi pemimpin.

Presiden terpilih William Ruto adalah salah satu orang terkaya di Kenya, tetapi telah lama menggambarkan dirinya sebagai "hustler-in-chief" -- juara dari orang miskin dan tertindas.

Menentang tuduhan korupsi selama bertahun-tahun, pria berusia 55 tahun yang ambisius itu mendominasi jalannya ke tampuk kekuasaan, dengan fokus pada keyakinan agamanya dan awal yang sederhana dengan menjual ayam di pinggir jalan.

Duelnya melawan mantan perdana menteri Raila Odinga dalam pemilihan 9 Agustus 2022 lalu adalah sesuatu yang dia gambarkan dengan sederhana.

Itu, katanya, pertempuran antara "penyusup" biasa yang berjuang untuk menyediakan makanan di atas meja dan "dinasti" elit Kenyatta dan Odinga yang telah mendominasi politik Kenya selama beberapa dekade.

"Kami ingin semua orang merasakan kekayaan negara ini. Bukan hanya segelintir orang yang di atas," kata Ruto sambil keliling negeri mempromosikan rencana ekonomi yang disebutnya sebagai "bottom-up", seperti dikutip dari AFP Kamis (18/8/2022).

Pengusaha miskin yang kaya raya itu secara efektif mencalonkan diri sebagai penantang setelah perselisihan yang sangat terbuka dan sengit dengan presiden Kenya yang akan lengser Uhuru Kenyatta, yang mendukung Odinga untuk jabatan puncak.

Meskipun kompetisi itu didominasi saling umpat, Ruto pada hari Senin memberikan nada damai setelah kemenangannya, bersumpah untuk bekerja dengan "semua pemimpin" setelah hasilnya memecah komisi pemilihan dan memicu kekhawatiran akan kekerasan.

"Tidak ada ruang untuk balas dendam," kata Ruto, menambahkan: "Saya sangat sadar bahwa negara kita berada pada tahap di mana kita membutuhkan semua tangan di dek."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ahli Strategi yang Efektif

Ruto telah menjabat sebagai wakil presiden di bawah Kenyatta sejak 2013, mendukungnya dalam dua pemilihan dengan janji bahwa ia akan mendapat dukungan dari bosnya dalam pemilihan tahun ini.

Itu adalah perkawinan politik yang ditempa setelah kekerasan pasca-jajak pendapat yang mematikan pada 2007-2008 yang sebagian besar mengadu Kikuyu - suku Kenyatta - melawan Kalenjin, kelompok etnis Ruto.

Kedua pria itu diseret ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), dituduh memicu kerusuhan etnis.

Kasus-kasus itu akhirnya dibatalkan, dengan penuntutan mengeluhkan kampanye intimidasi saksi tanpa henti.

Tetapi Ruto ditinggalkan setelah Kenyatta berjabat tangan dengan musuh lama Odinga dalam peralihan kesetiaan politik yang dramatis pada tahun 2018.

Ruto bangkit kembali dengan kampanye yang ditujukan ke Kenyatta dan juga saingannya di kotak suara, menyalahkan pemerintah atas kesengsaraan ekonomi Kenya dan bahkan menuduh presiden mengancam dia dan keluarganya.

Ruto dilihat oleh banyak orang sebagai salah satu ahli strategi paling efektif dalam politik Kenya," kata Nic Cheeseman, ilmuwan politik di University of Birmingham di Inggris, sebelum jajak pendapat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Badai yang Sempurna

Berbalut warna kuning cerah dari partainya United Democratic Alliance (Aliansi Demokrat Bersatu), yang simbolnya adalah gerobak sederhana, Ruto berusaha menjangkau mereka yang paling menderita karena krisis biaya hidup akibat COVID-19 yang diperburuk oleh perang di Ukraina.

"Ruto memilih badai yang sempurna," kata analis politik Kenya Nerima Wako-Ojiwa sebelum pemilihan.

Pengamat mengaitkan agresivitas Ruto dengan fakta bahwa dia harus berjuang untuk mendapatkan semua yang telah dia capai dalam hidup dari awal yang rendah di Lembah Rift Kenya, jantung Kalenjin.

"Saya menjual ayam di perlintasan kereta api dekat rumah saya sebagai seorang anak... Saya membayar (sekolah) untuk saudara-saudara saya," katanya suatu kali.

"Tuhan telah baik kepada saya dan melalui kerja keras dan tekad, saya memiliki sesuatu."

Kekayaannya sekarang dikatakan mencapai jutaan dolar, mencakup hotel, real estat dan asuransi serta peternakan ayam yang luas.

 

4 dari 4 halaman

Jejak Karir Politik

Seorang ayah dari enam anak yang menggambarkan dirinya sebagai seorang Kristen yang dilahirkan kembali, Ruto jarang membiarkan pidatonya berlalu tanpa berterima kasih atau memuji Tuhan atau membaca dari Alkitab.

Dia pertama kali menginjakkan kaki di tangga politik -- dan para pencela mengklaim, akses ke dana -- pada tahun 1992. Setelah menyelesaikan studi di botani, dia memimpin gerakan pemuda YK'92 yang bertugas menggalang dukungan untuk presiden otokratis saat itu Daniel arap Saya, juga seorang Kalenjin.

Pada tahun 1997, ketika dia mencoba untuk memulai karir parlementernya dengan memperebutkan kursi di kandangnya di Eldoret North, Moi mengatakan kepadanya bahwa dia adalah anak orang miskin yang tidak sopan.

Tidak terpengaruh, Ruto melanjutkan untuk merebut kursi, yang ia pertahankan dalam pemilihan berikutnya.

Penentangnya mengatakan dia menyedot uang dari proyek YK'92 dan menggunakannya untuk berbisnis, dan tuduhan korupsi dan perampasan tanah masih menggantung di atasnya.

Tetapi dia telah lama menolak klaim tersebut, setelah mengatakan kepada media lokal: "Saya dapat mempertanggungjawabkan setiap koin yang saya miliki."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.