HUT ke-77 RI, Menlu AS Antony Blinken: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Oleh Tanti Yulianingsih pada 17 Agu 2022, 09:49 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 09:49 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu AS Antony Blinken
Perbesar
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (Olivier Douliery/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan selamat HUT ke-77 RI juga dihaturkan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengirimkan ucapan selamat saya kepada rakyat Indonesia pada kesempatan Hari Kemerdekaan Anda," ucap Blinken seperti dikutip dari situs resmi pemerintah AS, state.gov, Rabu (17/8/2022).

"Selamat atas perayaan menggembirakan Hari Kemerdekaan ini," imbuhnya.

Pada pernyataan ucapan selamat hari kemerdekaan RI ke-77 tersebut, Antony Blinken mengatakan Amerika Serikat bangga dengan sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara kedua negara, AS-Indonesia.

"Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Blinken juga menyampaikan dukungannya kepada Indonesia atas presidensi G20 Indonesia yang akan berlangsung November mendatang di Bali.

"Kami mendukung kepemimpinan global Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini dan menantikan Keketuaan ASEAN 2023 Indonesia," ucapnya.

Menlu Blinken mengutarakan bahwa "Amerika Serikat merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini saat kami bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka." 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan ke-77 untuk Indonesia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)
Perbesar
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden pun tak lupa menyampaikan ucapan selamat HUT ke-77 RI.

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," ucap Joe Biden seperti tertuang dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima Selasa (16/8/2022).

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu 'Bhinneka Tunggal Ika' dan 'E Pluribus Unum'. Moto ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat kita yang beragam," Joe Biden menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Joe Biden juga menyampaikan harapan untuk kedua negara, AS-Indonesia untuk pembangunan di Indo-Pasifik.

"Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh. Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak sebagai sahabat dan mitra strategis," pungkas Joe Biden.

 


Meriahnya Perayaan HUT ke-77 RI di Kota Bucharest, KBRI Gelar Pentas Seni Indonesia

KBRI Bucharest bekerja sama dengan komunitas seni Indonesia di Bucharest menggelar Pentas Seni Budaya pada Festival Internasional Ceahlaul Piatra Neamț 2022 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77. (Dok: Kemlu RI)
Perbesar
KBRI Bucharest bekerja sama dengan komunitas seni Indonesia di Bucharest menggelar Pentas Seni Budaya pada Festival Internasional Ceahlaul Piatra Neamț 2022 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77. (Dok: Kemlu RI)

Sedangkan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI, KBRI Bucharest bekerja sama dengan komunitas seni Indonesia di Bucharest  berpartisipasi dalam Pentas Seni Budaya pada Festival Internasional Ceahlaul Piatra Neamț 2022 Edisi ke-23 di Piatra Neamț dan Târgu Neamț (+ 363 km dari Bucharest).

Dikutip dari laman Kemlu, Rabu (10/8/2022), kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 tersebut bekerja sama dengan Dewan Provinsi Neamț dan Pusat Kebudayaan dan Seni "Carmen Saeculare", dan diperkirakan dihadiri lebih dari seribu penonton dari berbagai wilayah di Rumania.

Festival Internasional Ceahlaul edisi ke-23 di Piatra Neamț merupakan sebuah rangkaian festival keliling dengan pertunjukan yang dimulai dari sore sampai tengah malam di pusat kota Piatra-Neamț pada tanggal 5 dan 7 Agustus, serta di Târgu Neamț pada 6 Agustus 2022.

Dalam dua hari pertama, parade berjalan dan tarian tradisional dilaksanakan di sepanjang arteri pusat kota hingga kembali lagi ke alun-alun kota Piatra-Neamț dan Târgu Neamț.

Rute tersebut merupakan jalan utama di kedua kota tersebut sehingga publik yang hadir cukup besar.

Selengkapnya di sini...


Peringati HUT ke-77 RI, KBRI Manila-IDN Philippines Gelar Lomba Pantun Virtual

KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual. (Dok KBRI Manila)
Perbesar
KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual. (Dok KBRI Manila)

Lalu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 RI (Republik Indonesia), KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual.

Acara yang digagas KBRI Manila dan IDN Philippines, sekaligus upaya untuk melestarikan budaya Indonesia ini berlangsung pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 09.00-11.00 waktu Filipina.

"Sebagai warisan takbenda yang ditetapkan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada akhir tahun 2020, patutlah kita menjaga dan melestarikan warisan takbenda ini. Inilah jiwa patriotik yang dibutuhkan saat ini", ungkap Lusie Susantono selaku Presiden IDN Philippines.

"Selain sebagai alat komunikasi sosial dan panduan moral bagi warga Indonesia, berpantun dapat menuntun kita untuk berpikir kreatif melalui permainan bahasa”, imbuh Lusie.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia di Manila, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan pentingnya memupuk semangat kemerdekaan. "Tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, memberikan semangat kepada kita agar Indonesia cepat pulih dan siap menghadapi tantangan global serta bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju," tambahnya.

Selengkapnya klik di sini...

Infografis Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional
Perbesar
Infografis Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya