Inggris Jadi Negara Pertama Setujui Vaksin Ganda COVID-19, Lawan Varian Awal dan Omicron

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 16 Agu 2022, 10:38 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 10:38 WIB
Antrean Panjang Vaksin Booster COVID-19 di Inggris
Perbesar
Orang-orang antre (kanan) untuk mendapatkan suntikan vaksin booster Covid-19 di Rumah Sakit St Thomas, London, Senin (13/12/2021). Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Minggu (12/12) memperingatkan "gelombang pasang" yang meningkat akibat Varian Omicron. (AP Photo/Matt Dunham)

Liputan6.com, London - Inggris telah menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin ganda yang menangani virus COVID-19 asli dan Varian Omicron yang lebih baru.

Dilansir BBC, Selasa (16/8/2022), para menteri mengatakan vaksin COVID-19 jenis itu sekarang akan menjadi bagian dari kampanye vaksin booster untuk musim gugur.

Moderna berpikir 13 juta dosis vaksin COVID-19 barunya akan tersedia tahun ini, tetapi jumlahnya masih kurang, sebab 26 juta orang memenuhi syarat untuk mendapatkan beberapa macam suntik booster.

Pejabat kesehatan mengatakan orang harus mengambil booster apa pun yang ditawarkan karena semua vaksin Virus Corona COVID-19 memberikan perlindungan. Vaksin asli yang digunakan dalam pandemi dirancang untuk melatih tubuh melawan bentuk pertama virus yang muncul di Wuhan, China, pada akhir 2019.

Virus COVID-19 telah bermutasi secara substansial, dengan aliran varian baru muncul yang dapat menghindari beberapa pertahanan kekebalan kita. 

Virus COVID-19 telah menyebabkan lonjakan besar dalam kasus virus tersebut di seluruh dunia.

Vaksin Virus COVID-19 asli (jenis pertama) masih memberikan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah atau kematian, tetapi perusahaan sedang menyesuaikannya agar sesuai dengan virus yang berkembang.

Kasus Virus Corona saat ini turun di Inggris. Pada pertengahan hingga akhir Juli, sekitar 2,5 juta orang dinyatakan positif virus tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Beri Perlindungan Kekebalan

FOTO: Inggris Pecah Rekor Kasus Harian COVID-19
Perbesar
Orang-orang menunggu untuk menerima dosis vaksin COVID-19 Moderna di Rumah Sakit Babington, Belper, Inggris, 16 Desember 2021. Inggris melaporkan rekor COVID-19 baru mencapai 88.376 kasus dalam 24 jam pada 16 Desember 2021, pecahkan rekor sehari sebelumnya yaitu 78.610 kasus. (Oli SCARFF/AFP)

Vaksin terbaru Moderna - disebut Spikevax - menargetkan strain asli dan varian Omicron pertama (BA.1), yang muncul musim dingin lalu. Ini dikenal sebagai vaksin bivalen karena membidik dua bentuk Covid.

Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris telah mempertimbangkan bukti dan memberikan persetujuan vaksin untuk digunakan pada orang dewasa.

Dr June Raine, kepala eksekutif regulator, mengatakan: "Apa yang diberikan vaksin bivalen ini kepada kita adalah alat yang tajam di gudang senjata kita untuk membantu melindungi kita dari penyakit ini karena virus terus berkembang.

"Eksperimen pada 437 orang menunjukkan bahwa vaksin yang diperbarui itu aman dan memberikan perlindungan kekebalan yang lebih baik terhadap varian yang lebih baru.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kekebalan Ditingkatkan

Inggris Perketat Pembatasan Covid-19
Perbesar
Seorang pria bermasker melintasi Jembatan Westminster di London, Kamis (9/12/2021). Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kembali mendesak orang untuk bekerja dari rumah dan kewajiban menunjukkan sertifikat vaksin untuk memasuki klub malam dan tempat dengan kerumunan besar. (AP Photo/Frank Augstein)

Tingkat antibodi yang mampu menempel dan melumpuhkan Omicron (BA.1) adalah 1,7 kali lebih tinggi pada orang yang diberi vaksin baru. 

Pengujian terhadap varian Omicron yang lebih baru (BA.4 dan BA.5), yang menyebabkan gelombang infeksi saat ini di Inggris, juga menunjukkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi dengan vaksin yang diperbarui.

Namun, masih jauh dari jelas apa artinya dalam hal mencegah seseorang menjadi sakit parah.

Selain itu, tidak pasti varian apa yang akan kita hadapi dalam beberapa bulan mendatang dan seberapa baik vaksin yang diperbarui akan bekerja melawan mereka.

Menteri Kesehatan Inggris Steve Barclay mengatakan itu adalah "kabar yang sangat baik bagi penduduk Inggris" dan mereka yang memenuhi syarat "akan merasa nyaman mengetahui bahwa kekebalan mereka telah ditingkatkan". 

Orang-orang akan diberitahu mulai awal September, katanya.


Prioritas Pemberian Vaksin

FOTO: 6 Jenis Vaksin COVID-19 yang Ditetapkan Pemerintah Indonesia
Perbesar
Gambar ilustrasi menunjukkan botol berstiker "Vaksin COVID-19" dan jarum suntik dengan logo perusahaan farmasi AstraZeneca, London, Inggris, 17 November 2020. Vaksin buatan AstraZeneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford ini disebut 70 persen ampuh melawan COVID-19. (JUSTIN TALLIS/AFP)

The Joint Committee on Vaccination and Immunisation (JCVI) atau Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi yang memberi saran kepada pemerintah di Inggris, Wales, Irlandia Utara dan Skotlandia, telah mengkonfirmasi kelompok-kelompok berikut harus ditawarkan beberapa bentuk booster di musim gugur:

  • staf perawatan kesehatan dan sosial
  • semua orang berusia 50 tahun ke atas
  • pengasuh yang berusia di atas 16
  • orang di atas lima tahun yang kesehatannya menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar, ini termasuk wanita hamil
  • orang di atas lima tahun yang berbagi rumah dengan seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah

Stéphane Bancel, chief executive officer Moderna, mengatakan dia "senang" vaksin jenis baru itu telah disetujui.

"Ini merupakan otorisasi pertama dari vaksin bivalen yang mengandung Omicron; vaksin bivalen ini memiliki peran penting dalam melindungi orang-orang di Inggris dari Covid-19 saat kita memasuki bulan-bulan musim dingin," katanya.

Prof Wei Shen Lim, dari JCVI, mengatakan: "Penting bagi setiap orang yang memenuhi syarat untuk menggunakan booster musim gugur ini, vaksin apa pun yang ditawarkan."

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya