Sukses

Pandemi COVID-19 Dorong Jutaan Warga Filipina ke Dalam Jurang Kemiskinan

Pandemi COVID-19 membuat jutaan warga Filipina semakin miskin.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 2,3 juta orang di Filipina didorong ke dalam kemiskinan antara 2018 dan 2021, sebagian besar karena penurunan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi, badan statistik mengatakan pada hari Senin.

Dilansir laman Channel News Asia, Senin (15/8/2022), jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan pada tahun 2021 naik menjadi total hampir 20 juta atau 18,1 persen dari populasi dari 16,7 persen pada 2018, kata Otoritas Statistik Filipina (PSA), melampaui target pemerintah sebesar 15,5 persen-17,5 persen.

Presiden Ferdinand Marcos Jr yang baru-baru ini dilantik bertujuan untuk memangkas tingkat kemiskinan menjadi 9 persen pada akhir masa jabatan enam tahun tunggalnya pada tahun 2028 - target yang tetap dapat dicapai meskipun inflasi melonjak, menurut Sekretaris Perencanaan Ekonomi Arsenio Balisacan.

Dia mengatakan strategi pemerintah akan fokus pada pembukaan kembali ekonomi sepenuhnya, investasi dalam sumber daya manusia dan perlindungan sosial, dan mengubah sektor produksi untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih banyak dan berkualitas serta produk yang kompetitif.

"Kita dapat mengurangi angka kemiskinan sebesar 5 persen pada pertengahan semester, dan 4 persen lagi pada 2028," kata Balisacan dalam jumpa pers.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warga Filipina Makin Sulit

PSA - yang mendefinisikan kemiskinan sebagai termasuk orang-orang Filipina yang pendapatan per kapitanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan non-makanan individu - merilis statistik ini setiap tiga tahun.

Balisacan mengatakan bahwa sebelum pandemi, pada tahun 2018, negara itu telah mencapai tujuannya untuk mengangkat 6 juta orang Filipina keluar dari kemiskinan, empat tahun lebih cepat dari target 2022.

Tetapi pembatasan COVID-19 pada tahun 2020 dan masalah jangka panjang rumah tangga miskin yang memiliki akses terbatas ke pekerjaan tetap dan produktif telah menjerumuskan banyak orang Filipina kembali ke dalam kesulitan, katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kemiskinan di Asia Tenggara

Asia Tenggara menghadapi tingkat kemiskinan yang tinggi karena gelombang penyebaran Covid-19, dan menghantam pasar tenaga kerja di kawasan itu.  Hal itu diungkapkan oleh sebuah laporan oleh Asian Development Bank. 

"Pandemi telah menyebabkan meluasnya pengangguran, memperburuk ketimpangan, dan meningkatkan tingkat kemiskinan, terutama di kalangan perempuan, pekerja muda, dan lansia di Asia Tenggara," kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa, dikutip dari CNBC International, Kamis (17/3/2022).

Tahun lalu, pandemi mendorong 4,7 juta orang di Asia Tenggara ke dalam kemiskinan ekstrem - mereka bahkan hidup dengan penghasilan kurang dari USD 1,90 per hari, menurut ADB.

ADB juga menemukan bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada 9,3 juta pekerja di Asia Tenggara.

Meski pertumbuhan ekonomi diprediksi capai 5,1 persen pada tahun 2022 karena tingkat vaksinasi yang tinggi, ADB memperingatkan varian baru dapat memangkas pertumbuhan sebanyak 0,8 persen.

4 dari 4 halaman

Dampak Pandemi

Negara-negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi yang dilaporkan di Asia Tenggara sejak pandemi dimulai adalah Vietnam (6,55 juta), Indonesia (5,91 juta), dan Malaysia (3,87 juta), menurut publikasi online Our World In Data.

"Dampak pandemi terhadap kemiskinan dan pengangguran kemungkinan akan berlanjut karena pekerja yang tidak aktif menjadi tidak terampil dan akses orang miskin terhadap peluang semakin memburuk," sebut ADB.

"Ketika ini terjadi, penurunan ketimpangan akan berpindah antar generasi," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.