Sukses

Warga India Ramaikan Perayaan Hari Kemerdekaan ke 75 di Kediaman Dubes Manoj Kumar Bharti

Masyarakat India yang berada di Jakarta merayakan Hari Kemerdekaan ke-75 di kediaman Duta Besar.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat India yang berada di Jakarta merayakan Hari Kemerdekaan India ke-75 yang jatuh pada 15 Agustus.

Dengan antusiasme dan semangat patriotik, masyarakat yang hadir terlihat sangat bahagia dalam acara tersebut, sekaligus bertemu dengan warga sebangsa lainnya yang juga berada di Jakarta. Perayaan serupa juga diadakan di konsulat India di Medan dan Bali. 

Perayaan tersebut diawali dengan Pengibaran Bendera Nasional oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Manoj Kumar Bharti, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan.

"Kita merdeka dari penjajahan Inggris pada tanggal 15 Agustus 1947. Dan tahun ini kita memasuki 75 tahun pemerintah India telah memutuskan untuk mengadakan acara khusus pada hari ini karena perayaan dimulai sebelumnya diadakan pada tanggal 15 Maret," ujar Duta Besar Manoj Kumar Bharti.

Duta Besar, setelah itu, membacakan kutipan dari pidato Perdana Menteri kepada bangsa.

Beliau juga menyapa komunitas India di Indonesia, dan para Sahabat India serta berterima kasih kepada mereka yang telah hadir dalam jumlah besar pada kesempatan tersebut.

India telah mencapai 75 tahun kemerdekaan hari ini. PM Narendra Modi menyerukan seruan untuk merayakan pencapaian, perjalanan, ide, dan semangat kemerdekaan sebagai “Azadi Ka Amrit Mahotsav” yaitu Grand Elixir Festival of Independence.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upacara Pengibaran Bendera

Acara berlangsung meriah dengan komunitas India dan para sahabat India yang sangat menikmati program budaya yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Jawahar Lal Nehru, Jakarta.

Ada pun acara tersebut semakin meriah ketika kelompok paduan suara siswa Gandhi Memorial Intercontinental School, Jakarta dan Rama Global School, Purwakarta juga menambah semangat patriotik.

Duta Besar dan Istri memberikan Sertifikat Penghargaan dan medali kepada para pemenang “Azadi Ka Amrit Mahotsav Quiz” yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri, India di seluruh dunia. Upacara Pengibaran Bendera memberikan kesempatan kepada orang-orang India yang bangga untuk berkumpul bersama dan berbagi kegembiraan mereka pada hari ini. Upacara diakhiri dengan para tamu menikmati jamuan India yang disajikan di akhir acara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Demokrasi Terbaik

Duta Besar Manoj juga menyatakan bahwa saat ini India memiliki sistem demokrasi terbaik. 

"Hari ini, India diakui sebagai salah satu demokrasi terbaik yang berfungsi di dunia," ujarnya. 

Ia juga menambahkan bahwa hubungan bilateral antara India dan Indonesia akan terus membaik dalam waktu mendatang.

"Ada terlalu banyak tanda baik bahwa hubungan bilateral India-india akan menguat dalam beberapa hari, minggu, dan tahun mendatang," ucapnya.

Hal ini ia sebutkan bahwa keduanya datang dari negara berkembang.

"Alasannya adalah satu kita menyadari bahwa kita sama-sama berasal dari negara berkembang. Kami berdua pada dasarnya dari latar belakang sosial ekonomi yang sama," jelasnya lagi. 

4 dari 4 halaman

Dukung Presidensi Indonesia

Duta Besar Manoj Kumar Bharti juga menyatakan dukungannya untuk presidensi Indonesia dalam G20. 

"Kami berdua memiliki tanggung jawab kepresidenan G 20 ini. Tahun ini Indonesia adalah Presidennya. tahun depan India akan menjadi presiden G20," ucapnya.

Ia pun mengatakan bahwa kedua negara bekerjasama sangat erat dalam membuat kebijakan dan mengambil kebijakan ke depan, yang akan menguntungkan tidak hanya bagi kedua negara tetapi juga semua negara berkembang di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.