Peringati HUT ke-77 RI, KBRI Manila-IDN Philippines Gelar Lomba Pantun Virtual

Oleh Tanti Yulianingsih pada 14 Agu 2022, 15:03 WIB
Diperbarui 14 Agu 2022, 15:03 WIB
KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual. (Dok KBRI Manila)
Perbesar
KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual. (Dok KBRI Manila)

Liputan6.com, Manila - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 RI (Republik Indonesia), KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual.

Acara yang digagas KBRI Manila dan IDN Philippines, sekaligus upaya untuk melestarikan budaya Indonesia ini berlangsung pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 09.00-11.00 waktu Filipina.

Lusie Susantono, Presiden IDN Philippines. (Dok KBRI Manila)

"Sebagai warisan takbenda yang ditetapkan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada akhir tahun 2020, patutlah kita menjaga dan melestarikan warisan takbenda ini. Inilah jiwa patriotik yang dibutuhkan saat ini", ungkap Lusie Susantono selaku Presiden IDN Philippines.

"Selain sebagai alat komunikasi sosial dan panduan moral bagi warga Indonesia, berpantun dapat menuntun kita untuk berpikir kreatif melalui permainan bahasa”, imbuh Lusie.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia di Manila, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan pentingnya memupuk semangat kemerdekaan. "Tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, memberikan semangat kepada kita agar Indonesia cepat pulih dan siap menghadapi tantangan global serta bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju," tambahnya.

Duta Besar RI di Manila, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo didampingi istri. (Dok KBRI Manila)

Agus menambahkan, "Kontribusi dan peran diaspora Indonesia sangat besar dalam memajukan Indonesia. Salah satunya menjaga dan merawat budaya kita".

"Pengabdian tanpa pamrih diaspora Indonesia kepada bangsa dan negara sangat penting. Sebagai komunitas global, diaspora Indonesia memiliki aset jaringan yang luas”, lanjutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Antusias

Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara. (Dok KBRI Manila)
Perbesar
Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara. (Dok KBRI Manila)

Bambang Susantono selaku Kepala Otorita IKN Nusantara turut hadir dalam acara tersebut. “Mohon dukungan semuanya dalam membangun IKN sehingga IKN menjadi Ibu Kota kebanggaan kita semua”, jelasnya.

Bambang menunjukan desain Sumbu Kebangsaan IKN. "Tempat ini akan menjadi tempat presiden memimpin upacara 17 Agustus 2024 mendatang", tambahnya.

Dalam pembukaan dan penutupan sambutan, Lusie, Agus, dan Bambang menunjukan kepiawaiannya dalam berpantun. 48 hadirin, termasuk 10 peserta lomba pantun virtal yang bergabung melalui Zoom pun merasa termotivasi dan senang melihat penampilan pantun kreatif dan jenaka yang mereka sajikan.

Tak mau kalah dengan Lusie, Agus, dan Bambang, kesepuluh peserta lomba pantun pun dengan percaya diri menunjukan keahliannya dalam berpantun.

 


2 Babak

Ilustrasi pantun lucu
Perbesar
Ilustrasi pantun lucu (Photo by macrovector on Freepik)

Ada dua babak dalam lomba pantun virtual ini. Babak pertama, setiap peserta diminta untuk mempresentasikan pantun kreatif ciptaannya dengan tema Hari Kemerdekaan. Sementara di babak kedua, peserta dibagi dalam lima kelompok.

Satu kelompok terdiri dari dua orang. Di babak ini, salah satu peserta akan membuat satu bagian sampiran pantun pendek, sementara peserta yang lain secara spontan akan membuat bagian isinya, begitu juga sebaliknya.

Martin Pandapotan selaku Atase Perdagangan KBRI Manila, Prof. Dr. Ir. Aisyah Endah Palupi, M.Pd. selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Manila, dan Arif Baharudin selaku Executive Director Asian Development Bank menjadi juri dalam lomba pantun virtual ini.


Kegiatan Perdana Peringatan HUT-ke 77 RI di Manila

ilustrasi virtual class
Perbesar
ilustrasi virtual.

Lomba pantun virtual ini merupakan kegiatan perdana dari serangkaian kegiatan yang dirancang oleh KBRI Manila dan IDN Philippines dalam menyemarakan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Manila.

"Kegiatan lain yang dapat diikuti adalah badminton, bowling, mengambar, mewarnai, dan menyanyi virtual serta lomba pidato, lomba bercerita dan lomba menyanyi untuk peserta BIPA dan WN Filipina,” ungkap Wahyu Akhadi selalu perwakilan dari koordinator acara.

"Kami juga mengadakan kegiatan sosial seperti kunjungan WNI, webinar kesehatan, gebyar lapor diri online, workshop batik, Indonesia expo, upacara bendera, syukuran HUT ke-77 Republik Indonesia, dan resepsi diplomatik", imbuhnya.

Wahyu juga menjelaskan, “Jika tahun lalu perayaan HUT RI diadakan secara online, di tahun ini beberapa kegiatan dilakukan secara langsung, beberapa kegiatan dilakukan secara virtual, dan beberapa kegiatan dilakukan secara hybrid”.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya