Jerman Tolak Paspor Baru Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 12 Agu 2022, 19:40 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 19:40 WIB
Paspor Indonesia
Perbesar
Paspor Indonesia (Liputan6.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Berlin - Pemerintah Jerman mengeluarkan aturan baru untuk menolak paspor baru Indonesia yang tidak memiliki kolom tanda tangan.

"Mulai saat ini paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan tidak dapat diproses. Perihal ini sedang diperiksa dengan kerjasama antara instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang," tulis laman visa.vfsglobal.com dalam artikelnya yang diunggah pada 11 Agustus 2022.

Situs informasi pengajuan visa itu juga menulis;

"Sampai dengan keterangan lebih lanjut saat ini Kedutaan Jerman di Indonesia tidak dapat menerima paspor tanpa kolom tanda tangan untuk pemrosesan permohonan visa.

Tambahan tanda tangan di kolom “Endorsements” tidak dapat diakui sebagai pengganti dari kolom tanda tangan di paspor Indonesia yang mengakibatkan paspor Anda tidak dapat di proses.

Apabila ada perubahan situasi, maka kami akan segera memberitahukan Anda. Atas ketidaknyamanannya kami meminta maaf."

Pertanyaan dan Jawaban

Apa artinya bagi saya, apabila saya mempunyai paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan dan saya telah memperoleh visa saya?

Jawaban: Apabila visa Anda telah diberikan, kami menyarankan Anda untuk tidak pergi ke Jerman. Kemungkinan besar Anda akan ditolak untuk memasuki wilayah Jerman di perbatasan.

Apakah saya dapat mengajukan permohonan visa yang baru dengan paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan?

​Jawaban: Sayangnya saat ini tidak memungkinkan untuk mengajukan permohonan visa Schengen atau Nasional dengan paspor tersebut. Permohonan Anda tidak dapat diterima. Kami sarankan kepada Anda untuk memeriksa kembali dengan instansi pemerintah Indonesia, apakah Anda dapat memperoleh paspor Indonesia dengan kolom tanda tangan untuk pengajuan permohonan visa.

Bagaimana proses selanjutnya?

Jawaban: Situasi yang disebutkan di atas berlaku sampai seterusnya. Kami meminta pengertian Anda atas ketidaknyamanan yang terjadi. Apabila terdapat informasi lebih lanjut mengenai perihal ini, maka kami akan segera memberitahukan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Benarkah Paspor Indonesia Termasuk Tercantik di Dunia?

Paspor Indonesia
Perbesar
Paspor Indonesia. (Instagram/afnie1304)

Saat berpergian ke luar negeri, ada satu dokumen yang tidak boleh dilupakan atau hilang, yaitu paspor. Anda akan terkena masalah besar jika kehilangan dokumen esensial tersebut dalam liburanmu ke negeri orang.

Tiap paspor biasanya didesain dengan ciri khas negara penerbit. Paspor Indonesia misalnya, sampul depannya dengan warga hijau dan lambang burung garuda, bisa dibilang biasa saja. Tapi menurut seorang warganet, paspor Indonesia termasuk salah satu yang tercantik di dunia. Apa alasannya?

Klaim itu datang dari Mas Kasan, pemilik akun Instagram @hassanhamss. Ia terlihat sering membagikan foto-foto maupun video saat traveling ke berbagai negara.

Kasan dikenal sebagai konten kreator traveler, fotografer, sekaligus pengusaha. Ia juga suka membagikan berbgagai tips saat traveling ke luar negeri.  Dalam unggahannya pada 23 Mei 2022, Kasan mengatakan tiap kali ia pergi ke luar negeri, petugas imigrasi di tiap negara hampir selalu berkomentar dengan memuji gambar-gambar di paspor Indonesia.

"Kata mereka paspor Anda indah sekali, warna-warni dan ada gambar-gambar cantik di tiap halaman. Mereka menanyakan gambarnya apa saja dan apa maknanya. Ya saya jelaskan satu-persatu ada gambar apa saja," ucapnya. Di tiap halaman paspor Indonesia terdapat gambar atau ilustrasi yang merupakan ciri khas dari negara kita, seperti gambar komodo, bunga Rafflesia, angklung, ondel-ondel, wayang, Candi Borobudur dan lain-lain.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ciri Khas Negara

Paspor Indonesia
Perbesar
Paspor Indonesia. (Instagram/liana_ph)

"Meski paspor kita belum sekuat negara lain seperti Jepang dan Jerman, saya bangga bisa traveling dengan paspor secantik dan secolorful ini," ujarnya lagi sambil memperlihatkan foto-foto dirinya saat berada di berbagai negara.

Tiap paspor biasanya didesain dengan ciri khas negara penerbit. Bentuk dan desainnya tentu juga beragam. Dengan keberagaman tersebut, sejumlah pihak bahkan pernah membuat peringkat paspor paling cantik di dunia.

Salah satunya dilakukan Mental Floss, majalah online terkemuka di Amerika Serikat yang pembaca utamanya adalah anak muda atau generasi milemial. Pada 2017 lalu, Mental Floss pernah membuat daftar 10 Paspor Tercantik di Dunia.

Seperti klaim Mas Kasan, paspor Indonesia ternyata masuk dalam daftar tersebut. Berikut 10 paspor paling cantik di dunia versi Mental Floss.

1. Norwegia

Urutan pertama ditempati negara Eropa dan Skandinavia yaitu Norwegia. Desain paspor Norwegia terinspirasi dari lanskap kebanggaan negara tersebut. Jika halamannya dilihat di bawah sinar UV, (UltraViolet) Anda bisa melihat ilustrasai pegunungan dengan aurora bersinar-sinar di atasnya. 


2. Finlandia

Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)

Paspor Finlandia tak hanya salah satu yang terkuat, tapi juga tercantik di dunia. Paspor yang diperbarui desainnya pada 2012 silam ini punya daya tarik pada pinggir halamannya. Jika halamannya dibalik cepat dengan ujung jempol, kita bisa melihat ilustrasi bergerak moose atau rusa besar. Moose adalah ikon negara tersebut.

3. Australia

Tiga hewan endemik Australia yaitu kanguru, emus dan platypus menjadi penghias desain paspor negara tersebut. Gambar kanguru di bagian atas dibuat sedikit timbul. Desain cantik itu juga membuat paspor Australia sangat sulit dipalsukan.

4. Kanada

Kalau dilihat dalam terang, paspor Kanada sepintas terlihat biasa saja. Namun kalau di dalam kegelapan, setiap halaman akan bertransformasi menjadi ilustrasi glow in the dark yang memuat gambar daun maple dan Air Terjun Niagara yang ikonik.

5. China

Sama halnya seperti paspor Norwegia, paspor yang diterbitkan China juga menarik saat halamannya ditimpa sinar UV. Bakal muncul gambar Tembok China yang tersembunyi pada tiap halaman.


6. Selandia Baru

Ilustrasi bendera Selandia Baru (AFP)
Perbesar
Ilustrasi bendera Selandia Baru (AFP)

Letaknya yang berada di ujung selatan bumi tak menghentikan para petualang untuk menemukan Selandia Baru. Pada tiap halaman paspor Selandia Baru, memuat sejarah perjalanan petualang samudera yang menemukan negara itu. 

7. Hungaria

Jika dilihat di bawah sinar UV, paspor yang diterbitkan pemerintah Hungaria akan mengungkapkan rahasianya. Akan muncul notasi musik dan lirik dari lagu nasional Hungaria yang berjudul Szozat.

8. Indonesia

Menariknya, desain paspor Indonesia juga termasuk yang paling cantik. Alasannya, karena tiap halamannya yang warna-warni memuat ilustrasi yang berbeda. Tiap ilustrasinya mengandung ciri khas Nusantara, seperti gambar komodo, angklung, ondel-ondel, wayang, dan lain-lain.

9. Irlandia

Paspor Irlandia didesain ulang pada 2013 silam. Desain barunya memuat kebudayaan khas orang Irlandia yang dekat dengan musik, sastra, dan arsitektur. Pada halaman paspornya, terdapat landmark ikonik di Irlandia seperti Tebing Moher dan Sungai Liffey.

10. Swedia

Dirancang ulang tahun 2012, paspor Swedia menggunakan ilustrasi bird eye view yang merupakan landmark atau ciri khas Swedia. Hal itu masih ditambah lagi dengan gambar aneh yang muncul saat meletakkan dibawah cahaya UV.

Infografis 5 Alur Verifikasi bila WNI dan WNA Vaksinasi Covid-19 di Luar Negeri. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Alur Verifikasi bila WNI dan WNA Vaksinasi Covid-19 di Luar Negeri. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya